Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Mohon untuk segera memvalidkan data Dapodik yang terkait Data Calon Peserta Ujian dan ditunggu sinkronisasinya SEBELUM 20 NOPEMBER 2014
Manual Aplikasi Dapodikdas 3.0.1 dapat didownload lewat HALAMAN INI

Wednesday, October 24, 2012

Undangan Pelatihan Pendataan Dikmen (PAS SMA dan SMK)

Hasil Rapat Koordinasi Pendataan Bidang Pendidikan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012, yang dilaksanakan tanggal 29 s.d. 30 Agustus 2012 di Pondok Remaja Salib Putih Salatiga, antara lain :
1. Pengelolaan dan pengembangan data pendidikan harus sesuai dengan pedoman kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengadakan TOT (Training on Trainer) serta memberikan bantuan keuangan kepada ICT SMK dan SMA, untuk sosialisasi dan pelatihan pendataan ke semua sekolah diwilayahnya;
3. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota harus memastikan semua sekolah diwilayah kerjanya mengirimkan database pendataan ke server.

Untuk memastikan semua SMK dan SMA di Kabupaten Pekalongan mengirim database pendataan, kami minta Saudara menugaskan Operator Pendataan untuk hadir pada :
Hari/tanggal : terlampir
Jam             : 08.00 - 15.00 WIB.
Tempat        : Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pekalongan
                     Jl. Sumbing No. 3 Kajen
Acara          : pelatihan pendataan dikmen (Paket Aplikasi Sekolah/PAS SMK dan SMA).
Kelengkapan peserta :

Monday, October 15, 2012

Info penting dari Dirjen Dikdas

Informasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemdiknas via SMS Gateway lewat Administrator Dapodik Kabupaten/Kota se-Indonesia dikirim tanggal 12 Oktober 2012 pukul 20.50:

"Pastikan guru status aktif dalam Aplikasi Pendataan masuk ke dalam masing-masing rombel yang diajar dan memiliki jam mengajar, sebagai dasar tunjangan guru"

Kepada operator sekolah SD dan SMP dimohon untuk mengecek data yang dikirim, serta memastikan data tahun ajaran 2012/2013 sudah masuk diserver. Data yang dikirim ke server dapat dilihat lewat http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/data dan http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id

Tuesday, October 9, 2012

Petunjuk Pengisian PTK di Aplikasi Pendataan Dikdas versi 1.13.0.1

Menepati janji kami kepada teman-teman operator sekolah yang sudah kami sampaikan diberbagai kesempatan baik saat pelatihan maupun via sms. Mohon maaf jika baru hari ini kami bisa menyelesaikan Petunjuk Pengisian PTK untuk Aplikasi versi 1.13.0.1

Kepada teman-teman silahkan untuk menyesuaikan isian aplikasi dengan petunjuk pengisian ini, jika ada perbaikan lakukan editing di aplikasi kemudian kirim ulang ke server.

Jika ada kekeliruan dan kekurangan di petunjuk isian ini, kami pastikan karena kekurangan kami, mohon teman-teman untuk memberikan revisi dan masukannya.

Untuk mendownload silahkan klik disini

Friday, October 5, 2012

Pemberitahuan Kewajiban Sekolah di Program Pendataan Dikdas

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) Pendataan Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud dipoint 5, Peran dan Fungsi Satuan Kerja disebutkan Tugas Sekolah adalah :
1. Penggandaan dan distribusi Formulir Pendataan (F-SEK, F-PTK, F-PD)
2. Sosialisasi dan mobilisasi warga sekolah (PTK dan Siswa) dalam pengisian formulir
3. Mengkoordinir pendataan dan Verifikasi data tingkat sekolah
4. Menyiapkan petugas entry data aplikasi pendataan dikdas
5. Entry data dan pengiriman data ke server
6. Updating data per periode pendataan
7. Membiayai operasional pendataan (dana BOS)

Menindaklanjuti hal-hal diatas perlu kami sampaikan bahwa Kepala Sekolah berkewajiban untuk :
a. Membentuk tim pendataan sekolah yang terdiri dari 1 (satu) penanggung jawab dalam hal ini kepala sekolah dan 1 (satu) atau lebih operator (disesuaikan dengan kebutuhan sekolah)
b. Menjamin keberadaan dan regenerasi operator
c. Menyediakan sarana yang diperlukan untuk proses pendataan
d. Memantau progres entry data dan pengiriman data ke server
e. Memastikan jumlah Ruang Kelas, Rombongan Belajar, Siswa dan PTK yang dikirim ke server

Perlu kami sampaikan pula bahwa menurut Petunjuk Teknis Pendataan Bagi Sekolah di bagian G point 3, bahwa biaya yang harus dikeluarkan oleh Sekolah adalah :
a) Biaya penggandaan formulir
b) Biaya penyewaan komputer/internet
c) Biaya jasa pemasukan data
Bagi sekolah yang sudah melaksanakan pembayaran entry data Peserta Didik Tahun Pelajaran 2011/2012 maka di tahun ini hanya berkewajiban membayar entry Siswa Baru Kelas 1 dan Mutasi Masuk. Untuk sekolah yang belum membayarkan entry data Peserta Didik maka sekolah berkewajiban membayarkan semua Peserta Didik yang dientry ke dalam Aplikasi.

NB.
Surat ditujukan kepada Ka. UPT dan Ka. SMP Negeri/Swasta untuk download klik disini
Lampiran surat ada 2 (dua) bendel, bendel pertama klik disini dan bendel kedua klik disini
Untuk contoh SK Tim Pendataan bisa download disini

Himbauan untuk teman-teman Operator

Kami sampaikan dengan hormat kepada teman-teman Operator Sekolah baik SD maupun SMP yang mengalami kendala dalam proses pendataan (baik instalasi, entry maupun pengiriman data) dimohon untuk menghubungi Operator UPT, jika Operator UPT belum  bisa memberikan jawaban kami persilahkan untuk langsung ke Subag Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kami sampaikan pula kepada Operator UPT untuk memantau progres entry data yang dilakukan oleh sekolah di masing-masing wilayah kerjanya serta untuk selalu mengecek progres pengiriman di alamat http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/data
atau
http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Thursday, October 4, 2012

File excel hasil Export dari Aplikasi Pendataan tidak bisa dibuka

Kami teruskan informasi dari hasil buka-buka posting teman-teman operator di http://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas
Jika file excel hasil export dari aplikasi (baik excel yang data Peserta Didik maupun PTK) tidak bisa dibuka, silahkan coba langkah-langkah sebagai berikut ;
1. Buka windows explorer ( Cari Tools-folder option-View)
pilih show hidden files and folder, hilangkan 3 centangan di bawahnya show hidden files and folder, setelah itu apply terus OK.
2. buka Excelnya yang error tadi biar muncul warning bla....bla.... yang isinya gak bisa dibuka n table, nah di bawah kotakan tulisan table tadi diminta menelusuri dari C/User/...../appdata/local/microsoft/windows dll sampai temporary internet files.
sesampainya di temporary internet files langsung saja di bagian paling atas di tulisan \Temporary Internet Files ditambahi saja
\Temporary Internet Files\content.mso

nanti akan muncul file yang misalnya 340Abd987.log nah kita klik2x saja file log yang bermasalah di excel tadi. akan muncul error_nya dimana

XML ERROR in Table
REASON: Bad Value
FILE: C:\Documents and Settings\ADP Dinas Pendidikan\Desktop\siswa.csv.xls
GROUP: Cell
TAG: Data
VALUE: L

nah itu error_nya berarti di L

3. Buka excel tadi yang error dengan cara klik kanan excel tersebut kemudian coba buka dengan notepad, kemudian edit-replace-Find whatnya diisi L ( Karena VALUE tadi L yang erorr )- replace with nya kosongi saja- replace all- tutup notepad itu dan save.

silahkan di buka kembali excelnya......
Selamat mencoba.

Wednesday, October 3, 2012

Maksud dan Arti dari Status Pengiriman file database ke server

Untuk sekolah yang sudah kirim data bisa mengecek status pengiriman databasenya via aplikasi di tab Informasi tabel Status App&Database. Status dari database yang dikirim bermacam-macam yang masing-masing mempunyai maksud dan arti, antara lain ;

1. Belum terkirim : sudah jelas.
2. Diterima via web : ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kabkota. Jadi file sekolah diunggahkan/ diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
3. Diterima via aplikasi : Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di simpan di server. Namun data-datanya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
4. Cek Konversi : Tahapan kedua (setelah data terkirim ke server maka, semua data akan melalui proses ini) data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah-milahnya.
5. Berhasil di proses : Tahapan ketiga, data yang telah diinput SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus).
6. Berhasil di proses dgn Pengecualian :  data yang telah di input TIDAK SEMUANYA berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
7. Sekolah terkena cleansing : data sekolah yang telah dikirim masuk ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan dihapus oleh server.
8. Sqlite error : ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja kirim ulang data lagi.
9. Update terbaru!!!
Status Pending : ini terjadi jika ada perubahan nama sekolah (jika di file database yang dikirim ada perbedaan nama sekolah dengan data yang sudah masuk sebelumnya di server) maka server akan membaca dan mengecek terlebih dahulu. Jika memang datanya benar maka akan diloloskan dan status akan berubah menjadi Berhasil diproses.

Semoga dapat dimengerti, jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi Admin Jakarta

Tuesday, October 2, 2012

Update Informasi Pengumpulan Dapodik

Informasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemdiknas via SMS Gateway lewat Administrator Dapodik Kabupaten/Kota se-Indonesia dikirim tanggal 1 Oktober 2012 pukul 17.41:

"Batas Pengumpulan Dapodik diperpanjang, bagi sekolah yang sudah pernah mengirimkan dipersilahkan untuk melengkapi datanya, dan bagi sekolah yang belum, dapat segera menginputkan datanya"

Kepada operator sekolah untuk dapat memanfaatkan waktu yang disediakan seefisien mungkin, batas akhir pengumpulan ke server untuk sementara belum ditentukan. Sekedar bocoran informasi dari http://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas bahwa direncanakan minggu kedua dibulan oktober akan dilakukan perbaikan server. Dimohon sebelum tanggal tersebut sekolah sudah mengirimkan data.

Untuk sekolah yang sudah mengirimkan data ke server dapat dicek status kirimannya disini