Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Tuesday, November 26, 2013

Pengisian Tabel Pembelajaran di Dapodikdas 2013 jenjang SD

Update !!!
Apa yang kami sampaikan dibawah ini adalah contoh!, jika operator sekolah, kepsek maupun guru merasa apa yang ditampilkan tidak benar, maka sekolah tidak wajib untuk mengikuti contoh ini.
Sekedar saran mohon diperhatikan jumlah JAM WAJIB DI KTSP UNTUK TIAP TINGKAT, JANGAN DILEWATI JUMLAH TERSEBUT.

Kami sampaikan contoh pengisian tabel Pembelajaran di Dapodikdas 2013. sesuai kurikulum yang berlaku saat ini.
A. Kurikulum KTSP
Di dalam Kurikulum KTSP ada pengelompokan Mata Pelajaran, yakni :
1. Mapel Wajib
2. Mapel Wajib Tambahan
Contoh implementasinya seperti gambar dibawah ini ;
Di Dapodikdas 2013 pengisiannya seperti ini ;

-> Kelas 1

-> Kelas 2

-> Kelas 3

-> Kelas 4
Keterangan : Jika Kepala Sekolah Mengajar PKn maka masukkan di Mapel Wajib Tambahan
-> Kelas 5
Keterangan : Jika Kepala Sekolah Mengajar PKn maka masukkan di Mapel Wajib Tambahan
-> Kelas 6
Keterangan : Jika Kepala Sekolah Mengajar PKn maka masukkan di Mapel Wajib Tambahan 
Catatan :
Untuk sekolah swasta yang masih memberikan mapel lain diluar ketentuan Kurikulum KTSP, maka mapel-mapel tersebut dapat dimasukkan lewat menu Tambah->Mapel Tambahan
Mata pelajaran yang dimasukkan lewat menu diatas tidak akan mempengaruhi kenormalan Rombel serta tidak akan dihitung ke dalam JJM Linier

B. Kurikulum 2013
Sesuai Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013tentang Kurikulum 2013
Kami belum berani menampilkan contoh pengisian di Dapodikdas 2013, akan kami koordinasikan dulu dengan pejabat terkait. mohon bersabar.



49 comments :

  1. membingungkan pak supri, saya masih belum paham, sebenarnya yang di gunakan pedomannya apa, apakah KTSP atau kurikulum 2013.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian besar sekolah di kab. pekalongan masih menggunakan kurikulum KTSP, hanya sekitar 40 sekolah yang menjadi pilot project

      Delete
  2. Mau tanya nih pak supri, data invalid saya tinggal 1 lagi yaitu dua kelas blm masuk rombel, krna memang guru kelasnya baru hasil mutasi kemarin dan belum bisa masuk ke tabel utama PTK jadi saya blm bisa buat rombel kelas , mohon share solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk wali kelas bisa pinjam guru lain dulu, tapi utk Pembelajarannya biarkan kosong (jangan pinjam guru)

      Delete
  3. pinjam guru lain apa nanti tidak menjadi masalah pak supri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di wali kelas tdk masalah, nnt bisa diganti setelah wali kelas yg asli sdh masuk.

      Delete
  4. o ya pak supri, satu lagi di samping guru kelas yang belum masuk tabel utama karena guru mutasi baru, ada juga siswa baru yang belum bisa masuk ke tabel utama, kalau untuk wali kelas bisa pinjam guru lain dulu, nah untuk siswa baru yang belum masuk gimna pak? data invalid saya sekarang sudah nol (pinjam guru lain yang rombel), langkah selanjutnya bagaimna juga pak? mohon share solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. backup databaesnya
      2. nunggu Pacth 2.0.4

      Delete
  5. untuk matpel "kelas" udh trlanjur diisi 21 jam, dan mau d ganti 18 jam. tapi maslahnya gak bisa karena keluar notice kolom tdk boleh lebih dari 3 jam. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan menunggu Pacth 2.0.4, kemungkinan nnt masalah tsb bisa teratasi

      Delete
  6. kalau kepala sekolah pegang PKn di kolom pertama di isiGuru PKn apa Guru Kelas soalnya sertifikasinya guru Kelas apa nanti gak pengaruh itu pak sama kode srtifikasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kolom pertama dimana?mohon diperjelas.
      Seorang guru yg mempunyai sertifikat pendidik sebagai Guru Kelas sekaligus dia mendapat Tugas Tambahan sbg kepsek maka dia hanya berkewajiban mengajar 6 jam, jika di sekolah guru kelas sudah cukup maka kepsek bisa mengajar Mapel sejumlah 6 jam. Tapi jika di sekolah guru kelasnya kurang maka kepsek dapat mengajar sebagai guru kelas.

      Delete
  7. untuk kurikulum 2013 disitu total jam perminggu 36 tetapi, jika dicermati hasil penambahan dari atasnya qok 37 (kls VI), gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, saya capture langsung permendikbud tsb. trims koreksinya, nnt tak tanyakan pengawas

      Delete
  8. Pak mau tanya jg nih... klau disekolah saya PTK ga cukup...kepala sekolah jg sebagai guru agama...,trus guru penjas tdk ada... gmana bikin JJMx pak...mohon penjelasannya....Rombel ada 6

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kepsek mengajar PAI, silahkan dimapel PAI isi kolom PTKnya dengan nama kepsek tsb. kepsek boleh mengajar mapel apapun (asal ada list ktsp)
      2. kenyataan disekolah mapel penjas diajarkan tdk?klo diajarkan gurunya siapa? klo diajarkan oleh guru kelas maka tinggal isi dengan nama guru kelasnya.

      Delete
  9. Assalamu alaikum Pak, Saya mau tanya tentang rgistrasi peserta didik setelah diinstall patch 2.04 kan harus diregistrasi ulang disitu hanya ada dua pilihan yaitu siswa baru dan pindahan, untuk tanggal masuk sekolah diisi tanggal awal masuk semester 1 atau pada tanggal dan tahun pada saat siswa masuk dikelas 1 dulu? mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggal saat pertama terdaftar di sekolah, jika Siswa Baru saat masuk kelas 1, jika Pindahan sesuaikan surat mutasi masuknya

      Delete
  10. mas supri,,
    untuk kelas 1 dan kelas 2 khan ga ada Mulok Sekolahnya,,
    terus untuk memenuhi jjm pake apa pak...
    saya masih bingung dg hal spt ini,,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. total jam dalam 1 minggu semua mapel kelas 1 berapa disekolah anda berapa?klo bisa kirim listnya ke email saya

      Delete
  11. klo untuk pngisian kepsek yg PLT dan merangkap di 2 sekolah gmn ya pak?
    (kepsek sebelumnya bru saja pensiun)
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. di Sekolah Utama (pokok) data kepsek dientry, pastikan di Penugasan->Sekolah Induk pilih YA
      2. di Sekolah Merangkap data kesek di Tambah, nnt klo sh masuk ke tabel Utama pastikan di Penugasan->Sekolah Induk pilih TIDAK

      Delete
    2. klo nama PTK nya belum ada di aplikasi dapodiknya gmana pak?
      dan ketika sudah ditambahkan PTK nya tidak bisa dipindahkan ke menu/halaman utama..

      Delete
    3. prosesnya masih panjang, silahkan lengkapi data yg lain dulu sambil menunggu server mulai mengolah data dan jalur untuk sinkron lancar, nnt setelah beberapa kali sinkron, data tsb akan masuk ke tabel utama

      Delete
  12. Di sekolah kami tidak ada guru bidang studi. Apakah boleh satu kelas semua jam di pegang oleh satu orang guru. Misalnya guru kelas 6, mengajar 36 jam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di SD semua mapel boleh diajarkan oleh guru kelas, termasuk mapel agama dan penjas. hanya saja di dapodikdas 2013 tidak bisa langsung mengisikan 36 jam di guru kelas. maksimal yang bisa diisikan di guru kelas =24 jam, sisanya harus diisikan di mapel lain kolom PTK dipilih guru yang sama, hingga nnt totalnya guru tsb megajar 36 jam.

      Delete
  13. Mau tanya..klo di sekolah negeri da pelajaran B.Inggris dan TIK ni bisa dimasukkan ya ? tp klo dimasukkan nti JJM melebihi 36 jam..klo B.inggris &TIK ni dimasukkan ntinya ga mempengaruhi JJM Linear kan ? soalnya pas saya download profil sekolah utk mapel B.Inggris & TIK tetep terdaftar tp jam mengajarnya kosong...klo kayak gini berarti B.Inggris & TIK tetep bisa dimasukkan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo jumlah Mapel Wajib dan Mapel Wajib Tambahan sudah 36 jam, tetapi di sekolah masih ada mapel lagi yg diajarkan (kasus diatas B.Ing dan TIK) maka mapel tsb bisa dimasukkan di Mapel Tambahan
      jumlah jam di Mapel Tambahan tidak akan dihitung di JJM Linier sehingga tdk mempengaruhi kenormalan rombel.

      Delete
  14. saya punya masalah dalam pengisian PTK pembelajaran,,
    apa penyebabnya kok yang muncul page 1 doang seharusnya page 2 juga muncul sehingga setengah guru tidak ada, kita minta solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, bisa kirim printsreen ke email saya? terus terang saya belum bisa jawab karena belum paham bagian apa yg ditanyakan

      Delete
  15. pak tolong pencerahanya.. disekolah kami hanya 4 orang guru termasuk kepsek. setiap 1 guru pegang 2 kelas.kepsek mengajar penjas disetiap kelas. sya dan kepsek sdh sertifikasi pertanyaanya bagaiman cara mengisi JJM saya yang megang 2 kelas tersebut dan apakah boleh sertifikat guru kelas mengajar penjas dan agama. pertanyaan sya yg ke 2: bagaimana cara menambah jam guru penjas yang kurang, karna klu dihitung dari kelas 1-6 guru penjas kurang dri 24 jam(masalah teman sy) trimksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. revisi pengisian JJM jenjang SD ada disini http://suprikajen.blogspot.com/2014/02/revis-pengisian-tabel-pembelajaran.html
      2. klo kekurangan guru, boleh saja 1 guru pegang 2 kelas. pengisian JJM tidak ada bedanya antara kelas 1 dengan yg satunya lagi (nnt jamnya bisa 24+24)
      3. sertifikat guru kelas boleh mengajar mapel apapun di kurikulum SD
      4. khusus untu guru penjas, sertifikat pendidik yg dipunyai berbunyi apa?
      3.

      Delete
  16. mau tanya nih, bagaimana kalo wali kelasnya juga mengajar PAI apa masuknya di Mapel wajib tambahan ato ngisi yang udah ada yang paling atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenjang smp? isi di Mapel Wajib, jika diajarkan melebihi batas maksimal ktsp maka isi di Mapel Wajib 4 jam dan Mapel Wajib Tambahan 1 jam

      Delete
  17. Pa Supri Saya mau Nanya..
    Saya mendapat masalah pada pengisian pembelajaran Sd
    masalah pada saat saya sinkron data mengajara tidak mau masuk, padahal udah berulang kali saya sinkron.. saya pingin tau aja pengisian rombel dan pembelajran yang benar itu bagaimana..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebihnya ada disini http://suprikajen.blogspot.com/2014/02/revis-pengisian-tabel-pembelajaran.html

      Delete
  18. pak mau tanya berapa jam/minggu yang harus diisi pada tugas tambahan untuk kepala sekolah?

    ReplyDelete
  19. pak saya mau tnya, saya kan guru yng baru mutasi di satu sekolah, trus kepsek menunjuk saya menjadi guru kelas 3 karna saya guru sertifikasi jadi harus genap jam saya, terus ada guru yang sudah lama disana dia tidak setuju dia akan digantikan saya, padahal dia adalah lulusan SGO yang sudah nyata bukan lulusan guru kelas seperti saya, menurut bapak apakah guru olahraga bisa menjadi guru kelas? sementara ada saja yang memang ijasah S1 PGSD guru kelas, mohon solusinya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembagian tugas mengajar sepenuhnya menjadi kewenangan dari kepsek (dituangkan dalam bentuk SK pembagian tugas mengajar), dengan berbagai pertimbangan termasuk pertimbangan kompetensinya. Klo ada guru yang tidak setuju dengan pembagian tersebut, silahkan disampaikan kepada kepala sekolahnya bukan kepada guru lain.
      Diwilayah kami dulu juga banyak lulusan SMA yang mengajar kelas, alasan awal hanya untuk syarat kuliah di UT, namun dalam kenyataannya y banyak yang betul2 mengajar full. Namun sekarang sudah mulai ada kesadaran dari pimpinan dari tingkat kabupaten maupun kecamatan yang mewajibkan minimal lulusan D2 untuk guru non-pns

      Delete
  20. Salam kenal pak...
    Saya Marsal di Kalimantan Utara.
    Pendataan sertifikasi untuk tahun ini semua serba online.JJM saya hanya 6 jp/minggu.Data yang saya cek jjm Linier kurang.Jbtan sy kepsek.pertanyaan saya pak mohon pencerahan untuk menambahkan jam.apakah dimasukkan gru klas atau tetap gru mapel.Apakah di rombel salah mengisi mapel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. karena bapak menjadi kepala sekolah maka masukkan di tabel Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah dengan JJM 18 jam
      2. kekurangan 6 jam (supaya 24 jam) bisa diambilkan dari kelas 4, 5 dan 6 (masing-masing 2 jam).
      Contohnya pengisiannya seperti disini http://1.bp.blogspot.com/-FZsepQlfLTo/UvECCf9iNgI/AAAAAAAAAtQ/sREMrAEhn94/s1600/8.jpg

      Delete
  21. pa mau tanya bisa ga seorang ptk mengajar di dua kelas yang beda kurikulum
    satu kelas ktsp satu kelas lagi kurikulum 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tidak masalah. asal mapelnya diakui dimasing2 kurikulum tsb maka JJM akan digabungkan

      Delete
  22. pak mau tanya kalau kepala sekolah mutasi sebelum di mutasikan pada kolom tugas tambahan kan d tulis TSTnya selain itu JJMnya d hapus apa tidak pak? mohin pencerahan soalnya saya ops pengganti dan sebelumnya blum pernah ada yang mutasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. y betul, utk JJM tidak harus dihapus karena nnt klo ganti tahun ajaran otomatis akan mapping ulang tabel pembelajaran

      Delete
  23. pak mau nanya, di sekolah saya tidak ada kelas 5, jd untuk kepala sekolah mata pelajaran apa yang harus di jarkan agar bisa linier

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo guru kelas sudah penuh dan kelas 5 tidak ada maka bisa dicoba mengajar kelas 3 dengan mengambil 2 jam dari Guru Kelas

      Delete