Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Wednesday, March 5, 2014

Update Info : Dapodik Helper Versi Baru

Dapodik Helper sudah terbukti cukup membantu operator sekolah untuk membackup database hasil entry data di Aplikasi Dapodikdas.

Versi awal dari dapodik helper hanya bisa dijalankan jika aplikasi dapodikdas yang kita instal pertama kali adalah versi 2.03, jika kita telah menginstal ulang aplikasi dapodikdas dengan full instaler versi 2.04 ke atas (saat ini versi 2.06) maka dapodik helper lama tidak bisa dipakai untuk merestore databasenya.

Terhitung mulai tanggal 27 Januari 2014, tim pengembang telah merevisi kekurangan tersebut diatas dengan merilis Dapodik Helper versi baru. Dapodik Helper yang baru ini terbukti bisa digunakan untuk merestore database hasil backup dapodik helper versi sebelumya, serta yang lebih penting dapat dijalankan di aplikasi dapodikdas versi 2.06.

Yang sangat perlu untuk diketahui operator sekolah adalah Dapodik Helper tidak dirilis resmi oleh Kemdikbud. Aplikasi ini dibuat pengembang hanya sebagai alat bantu (tool) untuk berjaga-jaga jika suatu saat operator sekolah membutuhkan proses restore database.

Untuk ampilan dari Dapodik Helper ada sedikit perubahan serta ada beberapa tambahan menu
Helper lama
Helper baru
Untuk yang berminat, silahkan download disini
Cara menginstal bisa langsung klik 2x di file DapodikHelper.exe, jika file download masih berbentuk .rar lebih baik diekstrak terlebih dahulu.


14 comments :

  1. waduh trima kasih buanget جزك الله خيرا كثير

    ReplyDelete
  2. selama ini sya belum pernah mengalami hang data atau error data (kalau bisa jangan sampai) untuk jaga-jaga gak ada salahnya kan mas supri? tapi versi dapodik saya seperti gambar tersebut masih versi 2.0 walaupun versi aplikasi : v.2.0.6 dan versi database : 2.34 karna saya tidak pernah menginstal secara full aplikasi tersebut, hanya meng-pacth. (kalau ada versi dapodik terbaru)
    pertanyaannya: apakah HARUS sya menginstal helper dapodik tersebut. walaupun versi diprogram aplikasi 2.0?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo menurut saya tetap lebih aman instal helper yang baru, karena lebih fleksibel (bisa jalan diversi berapapun)

      Delete
  3. Trimkasih posting nya
    mantap ...................

    ReplyDelete
  4. pak supri mohon solusi kenapa setelah install patch 207c dan dapodik helper baru saat mau backup muncul keterangan gagal melakukan koneksi database? tksh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan download DH yang support 207c disini http://dapodikhelper.blogspot.com/p/download.html, mohon maaf blm sempat posting di blog.

      Delete