Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Saturday, May 24, 2014

Bagian 1 : Penjelasan Proses Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (Verval NISN)

Bertepatan dengan selesainya proses update dapodikdas untuk cetak SK Tunjangan, maka satu bulan kedepan Operator Sekolah punya kesibukan baru, yakni Verifikasi dan Validasi Data NISN di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login
Fasilitas ini disediakan oleh PDSP sebagai jawaban atas beribu pertanyaan "kapan NISN akan aktif kembali", "kapan bisa mengajukan NISN untuk siswa baru dan siswa yang belum punya NISN", dst.

Untuk membantu teman-teman Operator Sekolah, sedikit kami berikan langkah-langkah cara melakukan kegiatan Verval NISN ini;
1. Buka situs web verval pd kemdikbud di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login, akan tampil halaman dibawah ini, silahkan login dengan Username dan Password yang sama untuk masuk ke Aplikasi Dapodikdas, kemudian isikan captcha (security key) yang tampil.
2.  Setelah berhasil login kita akan masuk ke halaman Home dengan tampilan seperti dibawah ini
Ada lingkaran dengan 2 (dua) bagian berbeda, Residu dan Referensi;
-> Residu : data siswa yang perlu di validasi dan di verifikasi kebenaran data NISNnya
-> Referensi : data siswa yang sudah punya NISN valid dan sudah cocok databasenya di Server NISN PDSP dengan database Dapodik

3. Selanjutnya kita masuk ke tabel Referensi, siswa yang ada di tabel ini berarti telah mempunyai NISN yang valid, dalam contoh dibawah ini ada 138 siswa
4.  Untuk memulai kerja, kita masuk ke tabel Residu, akan tampil sejumlah siswa. Siswa yang ada ditabel Residu adalah siswa yang belum punya NISN atau bisa juga sudah punya NISN namun datanya belum sama antara Server PDSP dengan Server Dapodik
5.Kita klik disalah satu siswa, akan muncul lingkaran Loading.....ditunggu saja sampai selesai mengambil data dari server PDSP. Setelah proses ini selesai maka ditabel bagian bawah akan tampil nama-nama siswa yang dianggap server MIRIP dengan data siswa dari tabel di bagian atas.
 6. Jika nama yang muncul dari database server PDSP (tabel bagian bawah) dinilai VALID, maka kita klik menu Match. Dengan mengklik menu Match maka Operator Sekolah menyatakan bahwa data tersebut sama (dengan kata lain siswa tersebut telah punya NISN).
Nama siswa yang muncul belum tentu MIRIP 100%, bisa jadi tertulis dalam huruf BESAR, nama siswa disingkat, nama ibu berbeda/kosong, dll. Asal datanya benar-benar milik siswa tersebut maka kita klik menu Match tersebut. 
7. Setelah di klik menu Match maka siswa tersebut akan hilang dari tabel Residu dan Otomatis akan masuk ke tabel Referensi dengan langsung membawa NISNnya.
 8. Kita coba cek di tebel Referensi, dalam kasus ini data siswa di tabel ini semula berjumlah 138 siswa, sekarang bertambah menjadi 139 siswa.
dan nama siswa yang tadi di klik Match telah masuk ke tabel Referensi ini
9. Untuk siswa yang tidak ditemukan data yang cocok maka kita klik menu Not Match, dengan mengklik menu ini maka Operator Sekolah menyatakan bahwa siswa tersebut belum mempunyai NISN dan secara OTOMATIS ini merupakan proses usulan untuk penerbitan NISN Baru.
Berbeda dengan menu Match yang siswanya akan langsung masuk ke tabel Referensi dengan membawa NISN, untuk menu Not Match siswa tidak akan langsung berpindah ke tabel Referensi tapi harus menunggu persetujuan dari Admin PSDP untuk penerbitan NISN Baru, klo semuanya lancar perkiraan saya tidak sampai 1 bulan NISN bisa terbit.

NB.
1. Mohon jangan asal klik Match atau Not Match tetapi tolong untuk betul-betul dicek
2. Tutorial lebih lengkap telah beredar di groups, untuk download bisa klik disini
3. Update Info per 3 Juni 2014 (revisi untuk point 9) sudah tersedia disini


116 comments :

  1. mantap sekali infonya.. trimakasih

    http://blogmustanto.blospot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, sudah menjadi tugas saya untuk mendampingi OPS

      Delete
    2. kalau ada nama atau tanggal lahir yang berbeda bagaimana, match or not match

      Delete
    3. klo beda siswanya pilih Not Match klo beda datanya namun yakin siswa tsb adalah satu siswa yang sama pilih Match

      Delete
    4. mas kalau kebetulan siswa yang di dari dapodik salah entri tanggal lahirnya berbeda dengan Ijazah gimana?

      Delete
    5. http://suprikajen.blogspot.com/2014/05/cara-edit-nama-dan-tanggal-lahir-di.html

      Delete
    6. Mas Kalo udah di No Mach terus gimana cara ngecek siswa yang udah dapet NISN baru? apa langsung bisa dicek ?

      Delete
    7. setelah klik menu Not Match data PD akan hilang dari tabel Residu dan langsung masuk ke tabel Referensi dan NISN akan dibuatkan saat itu juga oleh server, silahkan cari siswa tsb di tabel Referensi

      Delete
  2. Bagaimana kalau siswa yg sdh punya NISN masuk di kolom Residu,, tetapi ketika diklik namanya keluar data yg berbeda? misal pd aplikasi nama Dani Prayoga,, di kolom bawah muncul nama Dani Prayogo,, tapi setelah diklik "Not Match" namanya tetap berada di dua kolom itu,, kolom atas dan bawah? dan ini terjadi pd hampir semua data,, tdk bisa langsung hilang dari kolom Residu setelah diklik "Not Match"

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo menuru saya itu siswa yg sama, coba bandingkan tgl lahir dan nama ortunya. klo dari info sekilas diatas saya cenderung pilih Match

      Delete
    2. kalau memang itu siswa yang sama. untuk nama nya apakah bisa diperbaiki pak?

      Delete
    3. perbaikan otomatis menyesuaikan data dapodik

      Delete
    4. berapa lama pengambilan dari data Dapodik?

      Delete
    5. server normal sehari masuk, cek saja web ini http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id jika lancar y berarti server normal

      Delete
  3. Ketika muncul nama-nama yang tidak sesuai dan sudah diklik "Not Match" koq data gag langsung hilang dari kolom,, itu gimana pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menu Not Match (pengusulan NISN Baru) memang tidak bisa langsung masuk ke tabel Referensi, menunggu persetujuan dari Admin PDSP, perkiraan saya 2 mingguan.

      Delete
  4. Askum pak supri,
    1. kenapa kok harus di match dan not matchkan, katanya saya denger kalau tidak salah di program dapodik terbaru ini bagi yang belum punya nisn akan otomatis keluar di dapodiknya.
    2. saya sudah mencoba verval, saya klik di residu, trus saya klik salah satu nama siswa kok ada yang tidak muncul (no records display) itu kenapa pak?
    demikian terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mau saya juga seperti itu biar mudah, tapi pemilik server NISN yang gak mau, klo tidak dilempar ke OPS siapa yang mau membersihkan data sampah sisa Dapodik LAMA? (https://www.facebook.com/dapodik?fref=ts)
      2. yg tdk muncul dilewati dulu, klik nama siswa yg lain

      Delete
  5. banyak amat ya pekerjaan operator sekolah

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya Mas Supri yang baik hati.
    di data NISN sekolah saya ada yang sudah masuk referensi yang berarti "valid", tetapi setelah di cek di "nisn.data.kemdiknas.go.id" ternyata NISN tersebut milik orang lain.untuk kasus seperti ini, apa yang harus saya lakukan Mas Supri?
    mohon saran dan bantuannya Mas Supri, dan terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus seperti diatas belum ada solusi, saat ini dibiarkan dulu

      Delete
    2. INI seperti yang saya alami, ada satu siswa yang saya salah pencet match padahal siswa tersebut berbeda, kalo ada solusinya mohon di sharee, trimakasih

      Delete
  7. sudah klik menu notmatch kok gak ada perubahan masih seperti semula? kenapa ya pak supri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menu Not Match data siswa tidak otomatis langsung masuk ke tabel referensi, harus menunggu persetujuan dan pembuatan NISN baru dari Admin NISN PDSP

      Delete
  8. Makasih mas infonya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  9. Pk Supri utk siswa kls 9 sdh sya sinc di dapodik & NISN nya sdh komplit semua, tp di verval PD kok banyak ank kelas 9 yg masuk tabel RESIDU. klo diklik slh satu nama keluarnya data yg dibawahnya tidak ada yg sama bhkan kadang keluarnya no data display.
    klo sprt itu apakah harus di klik NOT MATCH atau bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo data ditabel bawah tdk sama pilih Not Match biar dapat NISN baru, sangat mungkin NISN yg dipunyai sebelumnya (dari server lama) termasuk dari NISN yg hilang (tdk ada diserver NISN baru)
      coba cek salah satu NISN lama tsb disini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data klo No Display pasti NISN tsb termasuk yg hilang.

      Delete
  10. thanks brother infonya sangat menunjang perbaikan data sekolah kami, ijin copas tutorilanya brother dan kami tunggu info2 berikutnya...salam " satu bangsa satu nusa satu bahasa satu data"

    ReplyDelete
  11. tanya lagi pak, klik residu siswa kok munculnya namanya tidak sama,ada juga yang mirip namanya tapi tanggal lahirnya kok beda, itu bagaimana pak? apa bisa di matchkan. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirim print screen ke email/facebook saya?

      Delete
  12. knp di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/verval/pd tidak ditampilkan NISN nya biar kita bisa cek langsung apakah NISN tsb milik siswa yg bersangkutan atau bukan, dan kenapa juga nama Ibu kandung TIDAK SEMU muncul/ditampilkan di lembar bawah jadi susah juga Operator utk mevalidkan data siswanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. data ditabel bagian bawah adalah apa adanya data sisa peninggalan DAPODIK LAMA (https://www.facebook.com/dapodik?fref=ts) jadi tahukan seperti apa kualitasnya.
      memang terkadang untuk validasi data tidak hanya dibutuhkan panca indera dan logika semata, kadang butuh indera ke-enam alias perasaan kita.

      Delete
  13. maaf sebelumnya...
    saya mau bertanya panjang lebar mengenai verval NISN karena saya sudah sangat bingung....
    saya sudah membuat kesalahan karena telah memilih not match pada seorang siswa yang seharusnya dipilih match....
    padahal siswa itu sudah kelas VI yang sudah mengikuti US yang sekarang tinggal menunggu pengumuman....
    yang saya kawatirkan apa kesalahan itu nantinya akan berpengaruh pada kelulusan, nilai, ataupun masa depannya nantinya....!!!????
    tolong penjelasan dan solusi mengenai masalah saya..!! karena saya sangat bingung sekali memikirkannya....
    sebelumnya terima kasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan terlalu risau, yang namanya validasi data y kadang ada kekeliruan.
      untuk kekeliruan di verval NISN tidak berpengaruh di hasil kelulusan maupun nilai siswa.
      kekeliruan mengklik menu Not Match hanya berakibat siswa mendapatkan NISN baru, jadi di server siswa tersebut akan tercatat mempunyai 2 NISN. untuk mekanisme perbaikan siswa mempunyai NISN lebih dari 1 saya belum mempunyai informasi, jadi sementara dibiarkan saja dulu.

      Delete
    2. Jika ada NISN ganda mana yang dipakai Gan? trims

      Delete
    3. pilih nisn dengan nomor yg lebih kecil

      Delete
  14. 1. jika kita pilih No Match ... berapa lama NISN tersebut muncul ?
    2. Dimanakah kita mengecek NISN tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mulai tanggal 2 Juni 2014, pembuatan NISN Baru langsung muncul detik itu juga
      2. silahkan cek di tabel Referensi, biar lebih jelas baca juga http://suprikajen.blogspot.com/2014/06/update-info-penjelasan-proses.html

      Delete
  15. Maaf sy sdh beruang kali mencoba login tapi setiap kali login antara pasword dan email tidak cocok.
    padahal pasword dan email sdh cocok dengan aplikasi dapodikdas.... bgaimana solusinya y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sekolah mana mas?bisa kirim file backup helper ke email saya? tak coba cek dulu

      Delete
  16. Makasih infonya mas supri tapi nanti dulu ah nunggu instruksi dari ops.kota :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. y mbak Zum, asal jangan nunggu honor cair y mbak

      Delete
  17. Pak Supri yg baik,, di data saya bisa dklik kok hanya "match" saja nggih?
    yg "not match" tdk bs diklik/mati..
    maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik menu Search Next beberapa kali, nnt menu Not Match akan aktif
      silahkan lihat juga halaman ini :
      1. http://suprikajen.blogspot.com/2014/06/update-info-penjelasan-proses.html
      2. http://suprikajen.blogspot.com/2014/06/update-info-penjelasan-proses_7.html

      Delete
  18. pak yang dari kemenagkan tidak punya username Dapodik, la itu cara loginnya gimana pak.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mekanismenya sangat mungkin berbeda, mungkin pula tidak lewat server ini

      Delete
  19. Pak Supri mau tanya, kalo ada data siswa kelas IV yang no records itu selanjutnya bagaimana ya? Apakah pilih not match atau bagaimana? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siswa tsb punya nisn tidak?klo tidak punya y langsung Not Match, klo punya nisn maka ada beberapa tahapan;
      1. cek nisnny di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
      2. jika ditemukan dan valid, isikan kedalam aplikasi dapodik kemudian sinkron ulang
      3. tunggu sehari, lakukan verval nisn ulang

      Delete
  20. Pak Supri mau tanya, kalo ada data kelas IV yang No records itu bagaimana ya Pak? Apakah dipilih not match atau bagaimana. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siswa tsb punya nisn tidak?klo tidak punya y langsung Not Match, klo punya nisn maka ada beberapa tahapan;
      1. cek nisnny di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
      2. jika ditemukan dan valid, isikan kedalam aplikasi dapodik kemudian sinkron ulang
      3. tunggu sehari, lakukan verval nisn ulang

      Delete
  21. pak maaf minta solusinya ,, jika tidak bisa masuk ke web verval NISN ini bagaimana?padalah user n pswordnya sudah sama dgn dpodik tetep tdak bisa masuk,,,sudah menggunakan user n pasword pada aplikasi dapodik 2012 pun sama masih tdk bisa masuk,,, bagaimana pa saya sudah bingung ,,,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. registrasi ulang aplikasi dapodiknya, yaitu dengan cara:
      1. Sync, pastikan terkirim semua
      2. generate prefill
      3. uninstall aplikasi dapodikdas
      4. download prefil baru
      5. gunakan prefil baru
      6. install aplikasi dapodikdas terbaru
      7. registrasi ulang dengan email yang berbeda
      8. sync lagi
      9. tunggu minimal 1 hari
      10. login lagi ke http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login
      11. pastikan bahwa bisa juga login ke infopendataaan
      hati2 pastikan sebulum uninstal aplikasi dapodikdas, WAJIB dibackup dulu (untuk jaga2)

      Delete
    2. pa bukannya generate prefill itu dilakukan oleh Dinas kab. setempat ya? bagaimana cara mengetahui jika prefill sekolah sudah di generate oleh dinas kab. ?terima kasih banyak bapa yang baik hehe

      Delete
    3. diweb dengan akses user kkdatatdik tdk ditampilkan Log (catatan) prefill sekolah mana saja yg sdh digeneret, klo kkdatadik tdk yakin sebaiknya ulangi langkah generetnya. untuk sekolah bisa tahu dari ukuran prefill yg dijamin berbeda dari sebelumnya (lebih besar dari prefill awal)

      Delete
    4. tetep ndak bisa login vervalpd,
      bagaimana pak, mohon solusinya

      Delete
    5. dari sekolah mana? silahkan bawa laptopnya kedinas

      Delete
  22. beberapa anak sudah mempunyai nisn, tapi kenapa tetap masuk di kolom residu? apakah bisa diperbaiki lewat aplikasi dapodik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek nisn_nya disini dulu http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, valid apa tidak. jika ditemukan dan valid silahkan edit (entry ulang) di aplikasi dapodik kemudian disinkron.
      tunggu 1 hari, lakukan verval nisn ulang

      Delete
  23. "The code you entered is not valid "
    Cara login sudah pake email dan password dapodikmen
    tapi tidak bisa masuk juga pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenjang dikmen masih menunggu proses integrasi dgn server dapodikmen, kemungkinan baru bisa akhir bulan ini

      Delete
  24. ass numpng tnya ni tentang verval itu sya ad kesalahan ni sebetolny nisn salah tp sya teklik match mcm mn solusinya ya....mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pihak PDSP belum bisa memberikan solusi utk kasus tsb, siswa sebelumnya sdh punya NISN apa blm?

      Delete
  25. saya sudah sinkron 2hr yg lalu, tp kq d verval yg data residu belum ada prubhan ya pak? trimakasih ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari ini baru ada pengambilan data dari server dapodik, silahkan dicek ulang

      Delete
  26. pak. nisn anak saya dari sekolahnya 3 angka pertamanya 996, padahal tahun lahir anak saya 1999. bagaimana itu ya Pak? apa saya harus minta pihak sekolah memperbaiki nisnnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk nomor tidak bisa diperbaiki, klo 3 (tiga) digit pertama tidak sesuai dengan tahun lahir itu terjadi karena saat pengajuan nisn datanya tahun lahir keliru. untuk kasus tersebut yg diperbaiki hanya biodatanya saja sedangkan nomor nisn masih tetap.

      Delete
  27. kalo misalnya di menu residu di tabel atas ada nama siswanya tetapi waktu diklik nama siswa tersebut tidak muncul di tabel yg dibawah, solusinya bagaimana? tolong pencerahannya admin, thank :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo siswa tersebut masih tingkat 1 SD maka klik langsung menu Not Match, jika siswa tsb bukan tingkat 1 SD lakukan pencarian lagi dengan klik menu Search Next (menu ini bisa diklik sampai 5 atau 6 kali) setelah diklik menu Search Next tetap tidak ditemukan data yg cocok baru klik Not Match

      Delete
  28. kalau nisn milik siswa lain kok tombol no match nya nggak bisa kebuka gimana tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah diklik menu Search Next beberapa kali?

      Delete
  29. Mohon pencerahannya; bagaimana apabila ada beda tempat tgl lahir pada ijazah dengan di NISN? (Ijazah yg benar Semarang sedangkan di data NISN Sukoharjo)

    ReplyDelete
  30. perbaiki datanya lewat aplikasi dapodik, kemudian sinkron ulang. jika server normal 1x24 jam data perbaikan akan masuk ke web vervalpd.data.kemdikbud.go.id

    ReplyDelete
  31. mau tanya pak admin,kegunaan menu edit data itu sebenarnya untuk apa? trimksih atas jwbannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini (per 7 juli 2014) menu Edit Data bisa digunakan untuk pengajuan perubahan Nama dan Tgl Lahir serta pengajuan perubahan NISN (pengaktifan NISN Lama)

      Delete
  32. saat ini (per 7 juli 2014) menu Edit Data bisa digunakan untuk pengajuan perubahan Nama dan Tgl Lahir serta pengajuan perubahan NISN (pengaktifan NISN Lama)

    ReplyDelete
  33. mohon maaf saya sangat risau karena anak saya belum punya NISN..th 2008 anak saya masuk sd di kab.majalengka th 2010 anak saya pindah sd ke kab.cirebon..sekarang sudah kelas 6 dan belum punya NISN dari kab.majalengka katanya waktu pindah belum di daftar NISN dan sekarang ga bisa di daptarin dari kab. cirebon tetap meminta saya bolak balik majalengka cirebon hasilnya nihil pertanyaan saya kemana saya harus datang agar bisa mendapat NISN buat anak saya Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya kejadian seperti ini tidak terjadi, klo ada siswa belum punya NISN dari sekolah asal maka terhitung mulai 2 Juni 2014 sudah bisa dibuatkan NISN Baru lewat sekolah yang sekarang aktif. saran saya klo memang pihak sekolah belum tahu hal tersebut, coba langsung ke dinas pendidikan kab. cirebon menemui tim kkdatadik (biasanya ada di subag perencanaan). sampaikan saja permasalah diatas.

      Delete
  34. terima kasih pak info nya sangat membantu

    ReplyDelete
  35. mohon penjelasannya, saya masih belum bisa masuk, ketika saya masukan email dapodik tidak bisa sama sekali.
    ketika daftar jadi operator sekolah ada pean sudah terdaftar dengan e-mail sdnkoncer1@yahoo.com
    jadi samapek sekarang saya belum bisa masuk.mohon penjelassnay

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan menemui operator dapodik tingkat dinas pendidikan kab/kota, nnt biar dicek diserver keaktifan operatornya. jika nnt di menu tsb tidak ada datanya, maka bisa diambil solusi dengan cara generet prefill dan registrasi ulang aplikasi dapodikdas, kemudian sinkron ulang ke server.

      Delete
  36. mohon penjelasannya bagaimana cara melampirkan file pada pengajuan tahun lahir berapa kali saya coba tapi kok tidak bisa yach...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba simpan file scan dokumen dalam bentuk JPG/PNG, pastikan ukuran file tidak lebih dari 800 Kb. klo tetap gagal dilampirkan, bisa minta bantuan ke dinas pendidikan kab/kota

      Delete
  37. lau nama siswanya tidak ada divervalpd bagaiman cara mendapatkan nisn,,,
    padahal didapodikdas sudah ada namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi yang paling cepat, hapus dan entry ulang data siswa tsb, kemudian disinkron

      Delete
    2. Sswa kls 1 sdh konfrmsi, dan nisn sdh msk dapodik, tp sy cek kmrin trnyt sswa kls 1 trsb ada di Residu dan ada juga di Referensi, sy cb match direferensi mjd ganda, mka sy un match lagi, Mngapa data mjd gnda, apa bisa di hapus pak?? Mhon pencerahannya, trma ksh

      Delete
    3. coba cek dulu data diserver dapodik lewat progress pengiriman (http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport)
      jika disitu data siswanya ganda, lakuan generet dan registrasi ulang aplikasi dapodik.

      Delete
  38. Assalamuailaikum..
    Apa yang akan terjadi bila nisn di ijazah tidak sama dengan hasil verval pd untuk jenjang SMA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo siswa tsb masuk perguruan tinggi lewat program bidik misi pasti akan bermasalah, karena bisa jadi nisn yang tertulis di ijazah tsb tidak/belum terdaftar di server nisn pdsp

      Delete
  39. aslm.
    saya mau nanya, ada siswa pindahan kelas 6 pindahan dari papua, namun pada rapotnya tidak tercantum NISN nya.
    namun di verval dipencarian 3-5 hanya ada kesamaan pada nama dan tanggal lahir, dan nama ibu kandung berbeda.
    tolong penjelasannya karna saya baru jadi operator, dan belum banyak tahu.
    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo anda tidak yakin data yg muncul di Pencarian adalah data yang sama, silahkan buatkan NISN baru dengan klik menu UnMatch

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus ini ternyata terjadi di banyak sekolah, termasuk di wilayah kab. pekalongan.
      klo kita sinkron tahun ajaran lalu tanpa membatalkan kelulusan siswa maka percuma saja, siswa tetap tidak akan muncul di verval. jika kita batalkan kelulusan siswa itu jelas menyalahi prosedur.
      jadi solusi daruratnya adalah untuk siswa-siswi yang melanjutkan ke smp kolom nisn di ijazah dikosongkan dulu, silahkan berkoordinasi dengan smp yang sekarang untuk melakukan verval dan pakai nisn hasil verval di jenjang smp tsb untuk mengisi ijazah di sd

      Delete
    2. wah agak rumit jg y pak....mksih atas informasinya pa

      Delete
  41. mas memasukan data NISN secara otomatis ke dapodik gimana caranya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. jika NISN dari web vervalpd sudah masuk ke server dapodik (dapo.dikdas.kemdikbud.go.id), silahkan lakukan sinkron aplikasi dapodik sampai semua data terkirim.
      2. jika NISN dari server dapodik tidak masuk ke aplikasi, silahkan lakukan generet prefill dan lakukan registrasi ulang aplikasi dapodiknya.

      Delete
  42. pak supri mau tanya, NISN siswa saya ada yang dobel, kebanyakan menyarankan untuk memakai NISN yang kecil, tapi saya nemu artikel
    "Nantinya... NISN yang tidak tercatat di REFERENSI akan di Non-Aktifkan sehingga proses Verval PD sifat'nya WAJIB dilakukan oleh seluruh OPS Jenjang DIKDAS.."
    apakah berita ini benar ato tidak?saya bingung mau pake NISN yang mana.
    ini link artikelnya http://al-maududy.blogspot.com/2014/06/beberapa-pemahaman-penting-terkait-nisn.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. benar klo punya 2 nisn dipilih yang kecil (dengan syarat yang kecil itu divalidasi lewat web vervalpd)
      2. benar pula bahwa nisn yang tidak terdaftar di sistem vervalpd akan dihapus, jadi pastikan semua siswa sudah di validasi sampai tabel Konfirmasi Data
      3. Jika nisn belum terdaftar di web vervalpd namun telah terlulis di Ijazah, Buku Raport atau Kartu NISN, silahkan ajukan pengaktifan kembali lewat menu Edit Data->NISN

      Delete
  43. ass.. mohon penjelasan bagaimana mengatasi siswa kelas 1 atau siswa baru yang tidak ada di tabel residu padahal sudah syncron, bahkan berulang-ulang..trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. isi data sekolahnya di sini https://docs.google.com/forms/d/1ytV5jQKIECGvMraR_LVi3XhCg2P2iIr3t2YNPec6gQQ/viewform
      nnt biar dikirim ke admin vervalpd

      Delete
  44. selamat siang,
    kalau pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir sudah disetujui/berhasil tetapi di referensi tidak berubah itu bagaimana ya?
    mohon bantuannya saya operator baru, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya jika pengajuan Edit Data nama dan tanggal lahir disetujui maka di tabel referensi otomatis langsung berubah. yang menunggu cukup lama adalah perubahan data di server dapodiknya (menu Progres Pengiriman)

      Delete
  45. saya kemarin iseng mengecek NISN saya di nisn.data.kemdiknas.go.id setelah saya memasukan NISN saya . kenapa NISN saya muncul nama orang lain? dan yang mucul itu malah nama teman SD saya. mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan terjadi kesalahan di proses vervalnya, klo boleh tahu sekarang anda duduk di jenjang pendidikan apa?

      Delete
  46. Mas,mhon bantuannya mas. Saya sudah melakukan perubahan nama siswa yang salah melalui edit data dengan melampirkan scan akte. terus saya cek status di edit data, perubahan nama dan tanggal lahir sudah berhasil tapi kenapa di referensi tidak berubah? apakah dokumennya mesti asli mas soalnya kemarin fotocopy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. dokumen bisa fotocopy dengan syarat di legalisir kepala sekolah
      2. scan dengan tipe warna supaya stempel asli atau stempel legalisir terlihat
      3. cek dulu di menu Edit Data->Status, pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir sudah disetujui admin pusat apa belum

      Delete
  47. saya mau tanya pak...di verval pd saya cek...tidak sama dengan di dapodikmen.....
    dan yang kedua...di residu saya coba klik nam siswa saya tidak bisa keluar namanya di bagian bawah...kemudian saya klik no match baru kelihatan di bawahnya nama beserta nisn nya...tapi kenapa gk bisa hilang dari residu...dan di referensi gk ada data siswa saya satu2 pun...verval PD ini buat saya nangis tak bersuara itu..dan kenapa tidak ada pelatihannya...saya Ops. SMKS MARAQITTALIMAT...di NTB-lombok utara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yang tidak sama datanya apa? jumlah siswanya atau apanya?
      2. jika terjadi kasus klik match atau not match siswa tidak otomatis pindah ke tabel Referensi, silahkan diulangi klik match dilain waktu atau ganti koneksinya (biasanya ada masalah di server atau koneksi internetnya)

      Delete
  48. mas, mau tanya setelah data siswa yang diresidu sudah masuk semua ke referensi, langkah selanjutnya bagaimana? dan menu konfirmasi fungsinya untuk apa, dan data siswa didalanya harus diapakan?trms.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. jangan lupa untuk mengarsipkan NISN yang sudah ada di tabel Referensi (bisa copy-paste value ke excel)
      2. tabel Konfirmasi digunakan untuk menyesuaikan biodata siswa di server nisn.data.kemdikbud.go.id dengan server daqpodik, lebih lengkap silahkan baca dihalaman http://suprikajen.blogspot.com/2014/07/update-info-penjelasan-proses.html

      Delete
  49. Mohon bantuanx, Kenapa siswa pindahan tidak muncul di verval PD, sedangkan saya singkron data sudah ada perubahan di aplikasi dapodikmen

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sudah masuk ke server dapodikmen, silahkan ditunggu saja. klo server normal 2x24 jam data sudah masuk ke server vervalpd

      Delete
  50. Pak mau tanya ini masalah nisn adik saya itu di cek di sekolah atas nama orang lain padahal sudah dekat ujian, jdi gimana ya pak solusinya?

    ReplyDelete
  51. Nama ayah says salah di dapodik siswa, apakah masih bisa diperbaiki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, silahkan bawa bukti dukung ke operator dapodik sekolah

      Delete