Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Saturday, November 15, 2014

Cetak Kartu NISN Menggunakan Dapodik Helper

Kami teruskan informasi dari http://dapodikhelper.blogspot.com untuk menambah pengetahuan dan pastinya bermanfaat untuk teman-teman Operator Sekolah

Dari usulan fasilitas Dapodik Helper yang banyak diminta pengguna adalah kemampuan untuk membuat kartu NISN lengkap dengan QR Code. Hal ini dapat membantu khususnya operator yang dituntut agar bisa memberikan bukti fisik kepada sekolahnya dari apa yang sudah dikerjakan. Memang hal yang simpel namun bisa menjadi satu bukti hasil kerja.

Fasilitas ini dapat digunakan melalui tampilan tab Peserta Didik, kemudian pilih salah satu nama peserta didik yang akan dicetak. Selnjutnya klik kanan pada peserta didik tersebut.
Menu Kartu NISN
Selanjutnya pilih menu "Kartu NISN" dan muncul jendela sebagai berikut.
Pilih Direktori Simpan
Pilih direktori tujuan penyimpanan kartu yang akan dibuat, kemudian pilih tombol "Select". Apabila proses telah selesai akan muncul dialog seperti berikut.
Berhasil Menyimpan
Untuk melihat hasilnya buka direktori tempat penyimpanan menggunakan Window Explorer. Nama file yang dihasilkan adalah nomor NISN siswa tersebut dengan jenis file gambar .png.
File Hasil
Tampilan kartu yang dihasilkan seprti berikut.
Tampilan Kartu
Sampai disini anda sudah berhasil membuat kartu NISN untuk salah satu siswa tadi, silahkan ulangi untuk siswa lainnya sehingga direktori terisi penuh file semua kartu peserta didik yang dicetak.

Apabila tampilan desain ini dianggap terlalu sederhana pengguna juga dapat membuat template sendiri menggunakan desain sendiri, untuk hal ini akan dibahas pada uraian selanjutny

Untuk download aplikasi Dapodik Helper support Cetak kartu NISN klik disini, info update aplikasi ada di README

8 comments :

  1. baru cetak satu siswa aplikasi dah berhenti,,,,,

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. dapodik helper 14 Nopember 2014? klo y ini "justvanhoten" (waktu instal baca sampai habis halaman Lisensi)

      Delete
  3. dah berhasil saya instal, klik kanan kartu nisn kok tidak bisa di klik pak? malah eror tidak bisa di tutup. kenapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya di aplikasi dapodikhelper 2.0.6 menu tersebut sengaja di nonaktifkan dulu, info yang beredar katanya nunggu data di server nisn.data.kemdikbud.go.id valid

      Delete
  4. Pak Supri, karena sekolah kami baru 3 x meluluskan siswa..
    data di dapodik kelas 6 yg sekarang belum ada NISN nya, kalau di verval PD sdh ada NISN lengkap. bagaimana cara mengatasi untuk cetak kartu NISN nya?
    Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud yang lebih tepat mungkin bagaimana NISn yang sudah ada di vervalpd masuk ke aplikasi dapodikdas?
      jawabannya ;
      1. jika tahap verval sudah selesai (tabel Konfirmasi Data sudah habis) silahkan ditunggu hasilnya masuk ke server dapodikdas (cek lewat menu progres pengiriman).
      2. sinkron aplikasi dapodikdas, maka NISN akan masuk ke aplikasi dengan otomatis

      Delete