Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Tuesday, January 20, 2015

Peningkatan Kualitas Data Calon Peserta UN

Kepada
Yth. Bapak/Ibu:
1. Kepala Sekolah dan Madrasah
2. Petugas Pendataan

Dengan hormat,

Memperhatikan kondisi dan kualitas data serta kelangsungan proses pendataan calon peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015, perlu kami sampaikan bahwa:

1. Sekolah/madrasah agar memeriksa kembali data yang ada di BioSistem Online.
2. Apabila ada sekolah/madrasah/PKBM yang sudah memiliki peserta didik di kelas akhir tetapi sekolah/madrasahnya belum terdaftar/tercantum dalam BioSistem Online, mohon segera mengirim Profil Sekolah ke Dinas Pendidikan Kab. Pekalongan untuk didaftarkan di Bio-SISTEM.
3. Apabila ada peserta didik/warga belajar kelas akhir yang belum terdaftar sebagai calon peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015, agar segera ditambahkan oleh user sekolah/madrasah sesuai prosedur tahun lalu.
4. Kolom NO SKHUN (atau kolom "kd pes sd" untuk jenjang SMP/MTs/SMPT/SMPLB dan kolom "kd pes smp" untuk jenjang SMA/MA/SMK) diisi dengan nomor SKHUN jenjang sebelumnya, bukan nomor seri SKHUN.
Tambahan info;
a. Jika ada siswa yang tidak mengumpulkan berkas SKHUN, maka User sekolah/madrasah dapat mencari lewat alamat http://datasmp.pdkjateng.go.id/skhun/?q=sis atau http://datasma.pdkjateng.go.id/skhun/?q=sis atau http://datasmk.pdkjateng.go.id/skhun/?q=sis.
b. Jika siswa tidak mengumpulkan dokumen SKHUN, sekolah dapat mencari Nomor SKHUN lewat menu DATA SKHUN/UASBN yang ada di Bio-SISTEM (data.pdkjateng.go.id)
Nanti akan membuka halaman baru seperti halaman ini;
5. User sekolah/madrasah agar memeriksa kembali kesesuaian program keahlian/jurusan, paralel kelas, nomor absen, nomor induk siswa di sekolah/madrasah.
6. Penulisan/entry paralel kelas pada BioSistem Online agar menggunakan 2 digit numerik (contoh : 01, 02, 03) dan seterusnya, demikian juga nomor absen siswa.
Tambahan info;
User Sekolah dapat memanfaatkan menu Edit Per Field untuk mempercepat proses editing data pararel dan absen.

7. Editing nama peserta, tempat lahir, tanggal lahir, tanggal format panjang (tgl_long), jenis kelamin, dan nama orang tua dilaksanakan oleh user Rayon (Ruang Subag Program Dindikbud Kab. Pekalongan) berdasarkan permohonan tertulis dari sekolah/madrasah yang dilampiri dengan dokumen pendukung yang relevan.
8. Editing data berkaitan calon peserta selain dari detail yang disebut pada angka 7 di atas, dapat dilaksanakan oleh user sekolah/madrasah.

Mohon bantuan Bapak/Ibu/Saudara untuk menyampaikan hal-hal tersebut di atas kepada semua pihak terkait.

Demikian, atas bantuan, perhatian, dan kerjasama yang baik disampaikan terima kasih.


TTD
Tim ICT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
selaku Tim Teknis Pendataan UN Provinsi Jawa Tengah

6 comments :

  1. Terakhr kapan Pak, Kalo ada nama ortu yang salh harus ke Dinas y pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenjang SMP ke atas tanggal 26 januari 2015, revisi ada di point 7

      Delete
  2. maaf saya dari SMK, mengapa sekolah tidak diberi kesempatan sama sekali untuk memeperbaiki no peserta UN, nama, tempat tanggal lahir di biosystem, padahal bukankah data biosystem baru dapat dari migrasi dapodikmen? paling tidak diberi 1 kali kesempatan untuk edit bagi sekolah ....trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di kab. pekalongan ada kesempatan revisi, mungkin sekolah yang belum tahu mekanismenya.

      Delete