Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Thursday, October 8, 2015

Tips Nyaman Mengakses Internet

Sedikit berbagi terutama untuk teman-teman penguna jaringan Intranet Dinas

Kalau bisa kita visualisasikan maka jalur internet tidak jauh berbeda seperti jalan raya dengan lalu lintas kendaraan diatasnya. Secara umum semakin lebar jalan raya maka semakin lancar kendaraan melaju. Namun dikondisi dan keadaan tertentu bisa jadi hal tersebut tidak berlaku, misal dikondisi macet atau bisa juga disaat kondisi kendaraan kurang prima.

Dengan pengambaran lalu lintas jalan raya, kita bisa mempermudah pemahaman mengenai apa saja hal-hal yang bisa mempengaruhi kelancaran berinternet, antara lain:
1. Lebar jalur internet
Lebar jalur internet diistilahkan dengan besar bandwith. seperti jalan raya yang ada jalur kanan dan kiri maka di internet ada bandwith upload dan bandwith download. Semakin besar bandwith upload dan bandwith download maka internetnya semakin cepat.

2. Jenis hardware komputer
Bisa kita ibaratkan seperti jenis kendaraan, beda jenis kendaraan maka beda power mesin dan akselerasinya.
Semakin cepat prosesor dan semakin besar RAM maka proses pengolahan datanya semakin cepat, hasil akhirnya bisa dilihat juga di kecepatan akses internet.

3. Jenis dan kondisi software komputer
Ibarat kendaraan ada kendaraan yang bermesin solar dan bermesin bensin, kurang lebih itulah penggambaran sistem operasi linux dan windows. Kendaraan bermesin bensin perlu perawatan berkala yang rutin, sama halnya kalau anda menggunakan windows.
Jika performa windows sudah menurun drastis, sangat disarankan turun mesin (instal ulang)

4. Jenis dan kondisi browser
Kalau diibaratkan bagian kendaraan mungkin mendekati ban dan kaki-kaki, jenis-jenis ban sangat beragam tergantung kondisi jalan. Demikian juga dengan browser internet, jenisnya sangat beragam mau pilih yang mana tinggal menyesuaikan kebutuhan.
Yang perlu diperhatikan adalah pastikan browser bersih dari add-ons, semakin banyak add-ons  yang terpasang di browser maka semakin berat beban browser, yang diakhirnya menyebabkan akses internet melambat
Secara rutin bersihkan browser dari add-ons, ini ibarat menurunkan muatan dari kendaraan anda.

3 comments :

  1. cara membersihkan add on bgmn pk... apa hnya dgn d del/uninstal saja .

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://support.mozilla.org/id/kb/Menghapus%20Instalasi%20Add-Ons, browser yang lain bisa di http://id.wikihow.com/Menonaktifkan-Add-On

      Delete