Kami sampaikan kepada Operator Sekolah beberapa file hasil dari
Training of Traineers (ToT) Aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar tanggal 18-20 Juli 2013 di Bandung.
Untuk teman-teman dipersilahkan untuk mempelajari manualnya terlebih dahulu, sambil menunggu aplikasi yang baru di lounching oleh Dirjen Dikdas. Saat ini aplikasi masih dalam tahap pengembangan (belum fix).
A. Manual Aplikasi klik disini
Wajib dibaca ;
--> Halaman 5 Point 1.3; Peran Kepala Sekolah, PTK, Peserta Didik dan Operator Sekolah
--> Halaman 5 Point 1.5; Spesifikasi Minimum Komputer (Hardware)
Disarankan menggunakan Komputer/Laptop keluaran tahun 2010 atau setelahnya
Disarankan menggunakan Komputer/Laptop keluaran tahun 2010 atau setelahnya
--> Halaman 6-20; Installasi
--> Halaman 23-25 ; Penjelasan Dasboard/Tampilan Aplikasi
--> Halaman 30-34 ; Tabel Formulir Peserta Didik
Dibagian ini terjadi banyak perubahan dibanding aplikasi sebelumnya antara lain ;
1. perubahan tampilan kolom "Status" (lihat halaman 30-31)
Dari penjelasan dihalaman tsb terjadi perubahan pola yang semula untuk mengisi Status Peserta Didik lewat tabel "Sekolah"->Tampilkan data rincian sekolah->"Rombongan Belajar" kemudian siswa di mapping ke Rombel atau Peserta Didik Keluar, sedangkan di aplikasi 2013 langsung di tabel "Peserta Didik" lewat menu "Registrasi".
2. Input/Penambahan Peserta Didik (halaman 31-32)
Diaplikasi 2013 penambahan peserta didik tidak langsung ditambahkan di database akan tetapi disimpan dulu di tabel "Sementara" dan field yang dientrykan di tabel "Sementara" juga tidak full (hanya field pokok untuk cekking data), kemudian data di tabel "Sementara" akan dicocokan dengan database yang sudah ada di server, jika di server sudah ada biodata an. peserta didik tersebut maka server akan mengirim biodata lengkap ke aplikasi. Namun jika tidak ditemukan maka data dari tabel "Sementara" akan disimpan ke database, operator harus melengkapi biodata siswa tsb.
--> Halaman 35-39 ; Tabel Formulir PTK
Sama dengan tabel "Peserta Didik" di tabel "PTK" juga ada banyak perubahan menu, antara lain :
1. menu "Penugasan" (halaman 36)
Diaplikasi sebelumnya menu ini tdk ada, menu ini dimunculkan atas permintaan Direktorat P2TK yang ditujukan untuk mengetahui bulan-bulan keaktifan Guru.
2. untuk menu Input/Penambahan PTK belum dijelaskan secara terperinci, kemungkinan mekanismenya sama dengan Input Peserta Didik (akan disimpan di tabel "Sementara" dulu)
--> Halaman 40-41 ; Tabel Formulir Sarana & Prasarana
Perbedaan dengan yang mendasar adalah jika dulu tabel "Sarana & Prasarana" ada didalam "Sekolah" sedangkan sekarang dimunculkan sejajar dengan tabel-tabel yang lain (ada disamping kanan tabel "PTK")
--> Halaman 42-39 ; Tabel Formulir Rombongan Belajar
Sama dengan tabel "Sarana & Prasarana" untuk tabel "Rombongan Belajar" juga diletakkan sejajar dengan tabel-tabel yang lain.
1. Dari hasil pelatihan menggunakan versi BETA, ditemukan kesulitan saat melakukan mapping Peserta Didik yang disebabkan siswa tidak dikelompokkan berdasarkan Tingkat/Kelasnya (kolom Tingkat/Kelas tidak ada)
2. Untuk mapping PTK sistem secara otomatis membatasi jumlah dan jenis mata pelajaran sesuai kurikulum yang dipakai sekolah (KTSP atau 2013), hal ini sesuai permintaan Dirjen P2TK juga.
--> Halaman 45; Multi User (1 komputer untuk lebih dari 1 sekolah)
Komputer yang diinstal Aplikasi 2013 (otomatis dijadikan server lokal) dapat digunakan lebih dari 1 sekolah (tidak ada batasan jumlah sekolah, yang membatasi adalah kemampuan komputer menangani volume datanya).
B. Penjelasan Aplikasi Dekstop klik disini
File berbentuk PowerPoint, sebagian isi sudah dijelaskan Manual Aplikasi (POINT A diatas). Difile ini lebih fokus ke penjabaran tata cara penggunaan aplikasi untuk operator sekolah.
C. Manajemen Pendataan klik disini
Wajib dibaca jika ingin tahu perubahan dan perbedaan dasar dari Aplikasi 2013 dengan aplikasi versi sebelumnya.
D. File Tambahan
Silahkan dibaca jika ada waktu dan pikiran sedang fresh (misal habis dapat THR, hehehe......). File ini tidak penting-penting amat dan bikin pusing;
--> Capain DAPODIK 2012 dan Rencana Aksi 2013 klik disini
--> Dibalik Dapur DAPODIK klik disini
--> Konsep Pemanfaatan DAPODIK klik disini
Dibagian ini terjadi banyak perubahan dibanding aplikasi sebelumnya antara lain ;
1. perubahan tampilan kolom "Status" (lihat halaman 30-31)
Dari penjelasan dihalaman tsb terjadi perubahan pola yang semula untuk mengisi Status Peserta Didik lewat tabel "Sekolah"->Tampilkan data rincian sekolah->"Rombongan Belajar" kemudian siswa di mapping ke Rombel atau Peserta Didik Keluar, sedangkan di aplikasi 2013 langsung di tabel "Peserta Didik" lewat menu "Registrasi".
2. Input/Penambahan Peserta Didik (halaman 31-32)
Diaplikasi 2013 penambahan peserta didik tidak langsung ditambahkan di database akan tetapi disimpan dulu di tabel "Sementara" dan field yang dientrykan di tabel "Sementara" juga tidak full (hanya field pokok untuk cekking data), kemudian data di tabel "Sementara" akan dicocokan dengan database yang sudah ada di server, jika di server sudah ada biodata an. peserta didik tersebut maka server akan mengirim biodata lengkap ke aplikasi. Namun jika tidak ditemukan maka data dari tabel "Sementara" akan disimpan ke database, operator harus melengkapi biodata siswa tsb.
--> Halaman 35-39 ; Tabel Formulir PTK
Sama dengan tabel "Peserta Didik" di tabel "PTK" juga ada banyak perubahan menu, antara lain :
1. menu "Penugasan" (halaman 36)
Diaplikasi sebelumnya menu ini tdk ada, menu ini dimunculkan atas permintaan Direktorat P2TK yang ditujukan untuk mengetahui bulan-bulan keaktifan Guru.
2. untuk menu Input/Penambahan PTK belum dijelaskan secara terperinci, kemungkinan mekanismenya sama dengan Input Peserta Didik (akan disimpan di tabel "Sementara" dulu)
--> Halaman 40-41 ; Tabel Formulir Sarana & Prasarana
Perbedaan dengan yang mendasar adalah jika dulu tabel "Sarana & Prasarana" ada didalam "Sekolah" sedangkan sekarang dimunculkan sejajar dengan tabel-tabel yang lain (ada disamping kanan tabel "PTK")
--> Halaman 42-39 ; Tabel Formulir Rombongan Belajar
Sama dengan tabel "Sarana & Prasarana" untuk tabel "Rombongan Belajar" juga diletakkan sejajar dengan tabel-tabel yang lain.
1. Dari hasil pelatihan menggunakan versi BETA, ditemukan kesulitan saat melakukan mapping Peserta Didik yang disebabkan siswa tidak dikelompokkan berdasarkan Tingkat/Kelasnya (kolom Tingkat/Kelas tidak ada)
2. Untuk mapping PTK sistem secara otomatis membatasi jumlah dan jenis mata pelajaran sesuai kurikulum yang dipakai sekolah (KTSP atau 2013), hal ini sesuai permintaan Dirjen P2TK juga.
--> Halaman 45; Multi User (1 komputer untuk lebih dari 1 sekolah)
Komputer yang diinstal Aplikasi 2013 (otomatis dijadikan server lokal) dapat digunakan lebih dari 1 sekolah (tidak ada batasan jumlah sekolah, yang membatasi adalah kemampuan komputer menangani volume datanya).
B. Penjelasan Aplikasi Dekstop klik disini
File berbentuk PowerPoint, sebagian isi sudah dijelaskan Manual Aplikasi (POINT A diatas). Difile ini lebih fokus ke penjabaran tata cara penggunaan aplikasi untuk operator sekolah.
C. Manajemen Pendataan klik disini
Wajib dibaca jika ingin tahu perubahan dan perbedaan dasar dari Aplikasi 2013 dengan aplikasi versi sebelumnya.
D. File Tambahan
Silahkan dibaca jika ada waktu dan pikiran sedang fresh (misal habis dapat THR, hehehe......). File ini tidak penting-penting amat dan bikin pusing;
--> Capain DAPODIK 2012 dan Rencana Aksi 2013 klik disini
--> Dibalik Dapur DAPODIK klik disini
--> Konsep Pemanfaatan DAPODIK klik disini
Terima kasih informasinya, Pak. Smg bisa menjadi bekal awal bagi rekan2 Operator. Monggo dipelajari sambil menyelesaikan verval NUPTK (he....he....)
ReplyDeleteMaturnuwun pak,
ReplyDeletebisa buat bekal untuk pelatihan besok!
Ok mas.
ReplyDeleteTerima kasih informasinya...
Bermanfaat
Oke, saya copy dulu... trim.
ReplyDeletesemoga aplikasi berbasis PTK sendiri.
ReplyDeletetidak merepotkan operator.
seperti padamu negeri.
karena aplikasi baru berbasis web maka dapat diakses oleh semua ptk (asal komputer terhubung jaringan)
DeleteTerima Kasih, semoga menjadi manfaat yang membangun..
ReplyDeleteDIKDAS 2013 apa FULL Online Pak,..?,,mohon penjelasannya
ReplyDeletetidak full online (localhost=satu komputer sekolah dijadikan server) tapi sinkronisasi datanya dua arah
ReplyDeleteudh ada gk aplikasix, klw ada tlng di kirim file/link-Nya., di sdn.amohalo@gmail.com
ReplyDeleteaplikasi blm ada, jika mau coba versi DEMO bisa download di http://suprikajen.blogspot.com/p/sharing-file-file-aplikasi-pendataan.html
Delete