Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Saturday, November 30, 2013

Info Awal Terkait Update Patch 2.0.4

Untuk teman-teman Operator Sekolah yang sudah download Pacth 2.0.4, sebelum menginstal mohon diperhatikan, info awal antara lain sebagai berikut;
1. Pacth 2.0.4 tidak hanya mengupdate Webservernya saja, tetapi mengupdate (merubah) struktur databasenya.
2. Jangan keburu-buru melakukan synkronisasi, sebaiknya cek lagi datanya. Jangan hanya melihat validasi invalidnya sudah 0 (nol). Di versi 2.0.3 field minor/kurang diantaranya NIP Suami/Istri masih kurang 2 (dua) untuk versi 2.0.4 sudah bisa di isi, terus nomor SK di riwayat-riwayat yang kemarin kurang sudah dimasukan, kecuali di nomor SK Penugasan, sepertinya itu tidak bisa ditambahkan kerana bisa merusak ke yang lainnya.
3. Di tabel Peserta Didik dipaksa harus registasi jadi yang belum registasi pasti ada tanda (!) di statusnya. Dulu waktu aplikasi masih versi 2.0.0 sampai 2.0.2 hal ini masih simpang-siur. Sekarang sudah dipastikan harus diregistasi PD tersebut sebagai Siswa Baru atau Pindahan sesuai pertama kali masuk ke sekolah.
4. Untuk Peserta Didik yang kemarin dikeluarkan saat aplikasi masih versi 2.00 sampai 2.0.2 dan di versi 2.0.3 tidak bisa dikembalikan, saat ini sudah bisa dikembalikan dengan menu baru Batalkan.
5. Masih seperti yang dulu (sejak awal Aplikasi Pendataan Dikdas dimulai) Peserta Didik maupun PTK yang sudah tidak aktif atau sudah pensiun/mutasi, dll JANGAN DIHAPUS tapi DIKELUARKAN dengan menggunakan tombol Registasi (untuk PD) dan tombol Penugasan (untuk PTK).
5. Untuk mengecek data (misal siswa yang salah masuk rombel, dll) bisa gunakan menu Laporan Profil Sekolah dan Absensi Peserta Didik.
6. Data Periodik di tabel Sarana yang kemarin tidak tersimpan, bisa dicoba ulang.

Disadur dari postingan Obengs Bunhaw Langlang Buana, dengan tambahan disana-sini

Tambahan ;
Karena ada perubahan struktur database untuk berjaga-jaga mohon sebelum mengisntal Pacth 2.0.4 alangkah baiknya membackup dulu hasil update data versi sebelumnya menggunakan dapodikhelper.

14 comments :

  1. mas supri, saya uji coba backup dan restore kanibal (copy paste folder database), setelah itu buka aplikasi muncul obyek tidak ditemukan, masalahnya ada pada service DpodikdasDB yg tidak mau jalan, diklik Start muncul tulisan "service dapodikdasdb started and then stopped.. bla bla bla". solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba solusi dari rekan SD NEGERI 03 TENGENGWETAN, ada di komentar halamn ini http://suprikajen.blogspot.com/2013/11/tutorial-backup-manual-dapodikdas-2013.html

      Delete
    2. o iya, klo backupnya pake dapodik helper, apakah aman? mengingat yg kita backup versi database lama, sedang patch 2.04 menggunakan versi database baru?

      Delete
    3. untuk jaga2 klo proses instal patch 2.0.4 gagal

      Delete
  2. Pak utk PD berarti registrasinya hanya sebagai siswa baru/pindahan saja sesuai thn masuk di sklah tsb? Atau bs di isi lanjutan semester/naik kelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. di menu Registrasi hanya Siswa Baru atau Pindahan saja, sesuai terdaftar pertama kali ke sekolah
      2. Untuk Lanjutan Semester, Naik Kelas, Mengulang ada di tabel Rombel->Anggota Rombel

      Delete
  3. mas barusan saya instal patch 2.0.4 dowload dr blog, dah sy extrak setelah selesai instal masuk aplikasi setelah login berhasil di web browser tidak muncul ap2/ kosong, solusinya gmn mas? trims
    OP sdn mendolo

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sebelum instal sdh backup databasenya dengan dapodikhelper tidak usah kuatir, bawa saja laptopnya ke dinas

      Delete
  4. Pak Supri, setelah saya cek di profil Sekolah pada daftar PTK kok ada nama PTK kembar 3, yang seharusnya jumlah ptK ada 10, berhubung ada yang kembar sehingga menjadi 12 PTK. mohon solusinya .
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di printsreen tabel PTK dan PTK Keluar serta file Profil kirim ke email saya

      Delete
  5. selamat siang mas supri...semalam saya sudah menginstal patch versi 2.04 tersebut setelah berhasil banyak data siswa yang bertanda merah...apa harus setting satu satu lagi mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. y benar, harus diregistrasikan ulang sebagi Siswa Baru atau Pindahan, sesuaikan saat pertama kali terdaftar di sekolah

      Delete
  6. Pak Supri, jam 11 malam sy dpt sms bahwa data prefill kami bisa di download.
    Brarti hari 7/12/2013 kami mulai install aplikasi dapodik. Mengenai patch, apakah kami harus install patch mulai versi 1 atau langsung saja ke patch 4.
    Terimakasih dan mhn bantuannya.
    Farid-SD Aisyiyah Qurrota A'yun Pekalongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo belum mulai update data, langsung saja instal dapodikdas204, bs download dari http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

      Delete