Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Sunday, January 5, 2014

Update info Dapodikdas; Update Data Semester 2

Dasar
1. Info dari Bp. Tagor Alamsyah Harahap bahwa data yang akan dipakai untuk dasar pencetakan SK Tunjangan adalah data dapodikdas semester 2.
2. Info dari web http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id batas akhir pengiriman data adalah petengahan bulan februari.
Berdasarkan dua hal tersebut diatas maka dapat dipastikan bahwa sekolah yang sampai dengan pertengahan bulan februari belum mengirimkan dapodikdas dengan benar dan valid, maka dapat dipastikan akan bermasalah dalam proses pencetakan SK Tunjangan PTK. Untuk memastikan data yang dikirim sudah benar dan valid, bisa kita cermati beberapa hal;
1). Pastikan data semester 1 telah selesai dikerjakan (validitas data menjadi tanggung jawab sekolah) dan telah sinkron ke server (kami targetkan minggu ini selesai).
2). Setelah selesai mengupdate semester 1, segera mulai update data semester 2 (kami targetkan pertengahan bulan januari selesai).
3). Ada jeda waktu sekitar 1 bulan (pertengahan bulan januari s.d. pertengahan bulan februari) kita manfaatkan untuk cek SK Tunjangan dan perbaikan data.
4). Setelah pertengahan bulan februari data dapodikdas semester 1 maupun semester 2 masih bisa disinkron ke server, akan tetapi sudah tidak dipakai untuk dasar cetak SK Tunjangan PTK Triwulan 1.
5). Khusus Tunjangan Fungsional Non PNS, jumlah kuota nasional telah ditentukan sehingga sekolah yang cepat mengirim data dengan benar maka sekolah tersebut yang lebih dulu mendapatkan SK. Jika kuota nasional telah terpenuhi maka sekolah yang belum mengirim data dipastikan tidak kebagian.
6). Untuk data semester 1 dipastikan :
- validasi Invalid sudah 0 (nol);
- PTK dan Siswa mutasi sudah masuk ke tabel Utama, untuk jenjang SMP siswa baru kelas 7 telah masuk ke tabel Utama;
- biodata PTK sudah valid;
- Rombongan Belajar telah valid, termasuk didalamnya tabel Anggota Rombel dan tabel Pembelajaran.
7). Untuk update data semester 2 bisa lihat panduan gambar dibawah ini:
Gambar 1
Di Periode pilih "Genap / 2013-2014"
Gambar 2
Pastikan sudah sudah menggunakan aplikasi versi 2.05 dan berhasil login ke semester 2
Gambar 3
Di tabel Rombongan Belajar gunakan menu "Lanjutkan Semester"
Gambar 4
Kita cek di salah satu Rombel klik menu Anggota Rombel, siswa di semester 1 masih tersimpan
Gambar 5
Kita cek di salah satu Rombel klik menu Pembelajaran, data semester 1 tidak muncul maka kita wajib menginput ulang sesuai data semester 2
Gambar 6
Di tabel Beranda klik menu Validasi, maka data Periodik yang sudah diisi di semester 1 tidak muncul. Untuk data periodik Peserta Didik dan Sarpras dibiarkan dulu apa adanya (tidak perlu diisi lagi, kita tunggu pacth 2.06, diaplikasi tersebut data periodik yang sudah diisi di semester 1 akan tetap muncul)
Untuk data periodik Sekolah wajib diinput ulang, data-data yang belum diisi disemester 1 silahkan dilengkapi di semester 2 (contoh; tabel rincian PTK) 
Selamat bekerja, semoga membawa berkah.

32 comments :

  1. jadi sync sem 2 nunggu pacth 2.06 ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nunggu Pacth 2.06 boleh pak ? kapan ya pacth 2.06 dirilis ?

      Delete
    2. boleh saja, tapi semakin dekat proses cetak SK dijamin server semakin ramai

      Delete
  2. mas untuk Bio sistem Online saya lupa username dan paswodnyw gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenjang sd/mi nunggu op. upt kami undang ke dinas, sesuai undangan tgl 9 januari 2014

      Delete
  3. pak kenapa ketika data peserta didik baru akan di pindahkan ke tabel utama kok hilang datanya..? tulisan yang muncul (eror)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah instal patch 2.05 langkah selanjutnya adalah langsung sinkron saja beberapa kali dengan jeda waktu ideal 1 hari, nnt siswa kls 7 harusnya masuk secara otomatis tanpa dipindah secara manual ke tabel utama.
      coba direfresh dan sinkron beberapa kali lagi

      Delete
  4. Mas bro, di SD saya ada dua guru calon sertifikasi, tapi tak cek datanya di verifikasi guru kok tidak muncul, padaha guru yang lainnya muncul dan NUPTK dan Tanggal lahirnya dah sesuai.. gimana mas solusine???

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru lulus plpg tahun 2013? klo y silahakan cek datanya nnt akhir bulan januari

      Delete
  5. betul... thanks mas bro... btw kalo dah selesai mengisi semester 2 bisa lansung do syinc ya meskipun data periodik siswa dan sarpras masih apa adanya??

    ReplyDelete
  6. maaf mas,,saya belum sempet update semester 2,,soale saya bingung jadi operator,,dapodik belum selesai langsung disuruh buat DNS dan Inventaris,,berat sekali mas kerja jadi operator,,gak dapat apa2 lgi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon disampaikan dengan kepsek, biar kepala sekolah tahu kendala dan permasalahan yang dihadapi. klo pimpinan tidak dapat laporan y dipikir tidak ada masalah. jika ada masalah pribadi dengan kepsek nnt akan kami bantu menyampaikannya

      Delete
  7. batas ahir sincrnssi semester 2 pling telat kpn mas?

    ReplyDelete
  8. mas yang semster 2 untuk pai jumlah jam di isi 3 jam perkelas, sesuai dengan batas maksimal. untuk menggenapkan ke 24 jam berdasarkan surat tugas mengajar seklah di tambah dengan baca tulis qur'an (BTQ) jjm tambahan 1 jam. ketika sudah dimasukan namun pada Profil tidak terjumlahkan.. jadi masalah g mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurikulum ktsp? klo di kabupaten pekalongan BTQ dimasukkan di mapel wajib di Muatan Lokal Potensi Daerah.
      untuk jam dari Mapel Tambahan memang aplikasi blm bisa membaca, untuk kepastian kebaca atau tidaknya jam dari Mapel Tambahan nnt menunggu server Pengecekan Data Guru atau server Cetak SK Tunjangan dibuka (akhir bulan januari ini)

      Delete
    2. saya nyoba unduh profil bisa terbaca kok mas yg di wajib tambahan (saya isi sbk dan mulok skul)

      Delete
  9. mas supri, ptk mutasi masuk di sd kami sekarang dobel2, mungkin karena data dari sd lama masuk dan yg dari tambah baru via aplikasi juga masuk.. apakah ini bermasalah? atau dibiarkan saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal tersebur terjadi karena tdk sabar menunggu data PTK masuk ke tabel Utama secara otomatis, saat ini biarkan dulu, data bisa diperbaiki dengan meminta generet ulang prefiil ke admin pusat

      Delete
    2. dikejar deadline dan dioprak2 terus kok mas jadi terpaksa gak sabar hehe... o ya, di semester 2 sanitasi sekolah pada isian sumber air tidak bisa diisi, jadi tidak bisa save, gimana tu mas?

      Delete
    3. isi dengan angka dulu, pilih dari 1 s.d 8, klik save klik Reload. nnt cek lagi pilih yg benar nomer berapa

      Delete
  10. mas supri di tempat saya di edit pembelajaran pada rombel ada salah satu mapel yang hilang, bagaimana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, bisa diperjelas pertanyaannya? semester berapa, yg hilang mapel apa, wajib apa wajib tambahan, dll

      Delete
    2. maksudnya mapel wajib yg di semester 2 ada yang hilang, cthnya mapel bahasa indonesia. itu pun hanya disatu rombel yaitu 9A saja. bagaimana?

      Delete
    3. klo hilangnya karena kehapus, coba hapus sekalian rombel 9A tsb, nnt ulangi langkah memunculkan rombel lewat menu Lanjutkan Semester.

      Delete
  11. pak, apa maksutnya PTK belum terdaftar di tahun Ajaran 2013, silahhkan perbaiki dengan tombol penugasan ketika di validasi pak?
    memang kemaren, sdh sy tambahkan PTK baru waktu patch 205, trus sy pindahkan k tabel utama setelAH PATCH 206, akan tetapi bisa ndak nampak PTK.trus, secara manual, sy tambahkan lagi PTK y baru ini di patch 206. bagaimana cara mengatasinya yeah Pak disemester 2 ini?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ada PTK yg tabel Penugasan blm diisi
      2. klo data PTK tsb tdk tampil di tabel Utama, silahkan masuk ke tabel PTK cari menu Tampilkan data penugasan yang kosong, klik 2x menu tsb

      Delete
  12. Mas.. Sy Arie Ops SD Tapian Dolok SUMUT,
    Smua brkas di Smster 1 dan 2 hlg, krna lptop Sy ru d instal ulg, apakah bisa smua brkas yg telah hlg kmbali lagi?? Gmn caranya Mas ??
    Sy sdh coba unduh prefill d data pusat tetapi yg msuk data Awal yg msh acak n lum valid.. mohon solusinya Mas..
    Trim's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan minta generet prefill dulu ke kkdatadik kabupaten/kota (biasanya ada di subag perencanaan) atau bisa juga minta ke admin pusat via facabook.

      Delete
    2. Trim's yo mas..
      Data/ Berkas Skul km dah Okey..
      (y)

      Delete