Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Saturday, June 7, 2014

Bagian 3 : Penjelasan Proses Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (Verval NISN)

Kami sampaikan info tambahan dari proses Verval NISN, sesuai bocoran info dari salah satu punggawa dapodikdas di groups operator pusat bahwa proses pencocokan data Dapodikdas dengan data NISN di server http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/app/verval/pd berdasarkan 6 pendekatan kecocokan data, namun sampai hari ini saya belum bisa memastikan ke-enam data pendekatan itu apa saja.

Hasil dari explore dengan pinjam user sekolah, untuk sementara bisa saya simpulkan seperti ini;
1. Pendekatan pertama berdasarkan kecocokan NISN
Ketika kita klik nama Peserta Didik ditabel bagian atas (dari data Dapodikdas) maka server akan mencari data Peserta Didik diserver NISN berdasarkan NISN yang dientry di aplikasi dapodikdas dan akan menampilkan datanya ditabel bagian bawah
Jika NISN yang dientry diaplikasi dapodik terdaftar di server NISN maka akan tampil data ditabel bagian bawah, belum tentu data yang tampil akan sama 100%

2. Pendekatan kedua (mungkin) berdasarkan kecocokan nama IBU KANDUNG
Jika setelah tampilan dari gambar diatas kita klik menu Search Next maka server akan mencari data lagi berdasarkan data Nama Ibu Kandung yang dientry diaplikasi dapodik.
Jika ditemukan kecocokan maka akan ditampilkan kembali di tabel bagian bawah.

3. Pendekatan ketiga berdasarkan kecocokan ..................................... (tidak berani menyimpulkan because No records to display)

4. Pendekatan keempat berdasarkan kecocokan ..................................... (tidak berani menyimpulkan because No records to display)

5. Pendekatan kelima berdasarkan kecocokan NAMA SISWA
Kecocokan nama sangat mungkin diambil dari mulai digit pertama, kedua, ketiga dan seterusnya berdasarkan dari nama Peserta Didik, dalam contoh dikasus di bawah ini nama peserta didik cocok dari digit pertama samapi digit ke sebelas.

6. Pendekatan keenam ................. ujicoba mentok cuma sampai kelima tok, menu Search Next sudah tidak aktif.

4 comments :

  1. kalau datanya identik, hanya bulan lahir yang salah atau hanya salah huruf sedikit di namanya bagaimana?
    klik match atau not match?

    ReplyDelete
  2. mas mau tanya, saya mau mindah anak lewat match,tapi kok data anak yang sudah saya pilih, nama, tgl lahir, dan ibu kandung berbeda dengn di table residu ya mas, apa nunggu sincron dulu lewat dapodik 3.0.0 mas?mohon bantuanya, ====================Terimakasih=================

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, bisa diperjelas? data di tabel residu yg tidak sama itu di tabel bagian atas apa yg muncul di tabel bagian bawah?

      Delete