Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Wednesday, October 3, 2012

Maksud dan Arti dari Status Pengiriman file database ke server

Untuk sekolah yang sudah kirim data bisa mengecek status pengiriman databasenya via aplikasi di tab Informasi tabel Status App&Database. Status dari database yang dikirim bermacam-macam yang masing-masing mempunyai maksud dan arti, antara lain ;

1. Belum terkirim : sudah jelas.
2. Diterima via web : ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kabkota. Jadi file sekolah diunggahkan/ diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
3. Diterima via aplikasi : Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di simpan di server. Namun data-datanya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
4. Cek Konversi : Tahapan kedua (setelah data terkirim ke server maka, semua data akan melalui proses ini) data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah-milahnya.
5. Berhasil di proses : Tahapan ketiga, data yang telah diinput SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus).
6. Berhasil di proses dgn Pengecualian :  data yang telah di input TIDAK SEMUANYA berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
7. Sekolah terkena cleansing : data sekolah yang telah dikirim masuk ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan dihapus oleh server.
8. Sqlite error : ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja kirim ulang data lagi.
9. Update terbaru!!!
Status Pending : ini terjadi jika ada perubahan nama sekolah (jika di file database yang dikirim ada perbedaan nama sekolah dengan data yang sudah masuk sebelumnya di server) maka server akan membaca dan mengecek terlebih dahulu. Jika memang datanya benar maka akan diloloskan dan status akan berubah menjadi Berhasil diproses.

Semoga dapat dimengerti, jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi Admin Jakarta

67 comments :

  1. makasih atas tulisannya, saya jadi mengerti tentang status data yg saya kirim ke pendataan online dikdas kemdiknas go.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, silahkan dishare ke teman2 yang lain, trims

      Delete
  2. keseringan mengirim data mempengaruhi proses server gax? coz udah dua kali saya kirim data tanggal 29.09 dan 10.10 dengan data yg lebih lengkap. rencananya bsok mau mengirim lagi dengan data yg sudah lengkap? trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja, masalah server itu jadi kewajiban jakarta mas tdk usah dipikirin

      Delete
  3. biasanya berapa lama prosesnya dari status diterima aplikasi menjadi berhasil diproses oleh database

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dipastikan berapa lama, tergantung kualitas data yang dikirim serta jumlah database yang masuk ke server. Dari penngalaman sekitar 2 minggunan

      Delete
  4. Terima kasih infonya mas. Sangat bermanfaat buat kami yg ada di pelosok, jauh dari Dinas Kab. Apa tdk masalah jika mengupdate data baru sementara data yg diupload terdahulu masih berstatus "Cek Konversi" atau " "Diterima via aplikasi"? Mohon informasinya mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya tidak masalah asal kiriman berikutnya ada perubahan data walaupun harapan dari admin pusat jangan terlalu sering mengirim data ke server karena kerja server jadi bertambah

      Delete
  5. kenapa di manajemen pendataan hanya propil sekolah saja yang muncul dan data rombel dan ptk tidak ada, apa masalahnya ya ? tolong di jawab
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk memastikan silahkan minta tlg admin kabupaten/kota melihatkan datanya, klo memang datanya benar pasti di tampilan admin kab/kota akan muncul data rombel dan ptknya.
      Klo masalah kenapa dari user sekolah data tidak tampil semua saya tdk berani jawab, coba di refesh (tekan F5)

      Delete
  6. kenapa saya tidak bisa mengakses p2tkdikdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trafik ke alamat tsb memang penuh, jadi susah masuknya. sore ini tak coba sdh bisa

      Delete
  7. Dari SD Unggul Sakti Jambi
    Cek Konversi : Tahapan kedua (setelah data terkirim ke server maka, semua data akan melalui proses ini) data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah-milahnya.

    Nah kami lakukan terhitung tanggal 05-04-2013 kami mengirim data.
    namun sampai tanggal sekarang 15-04-2013 status Konversi Tahap 2.

    maksudnya apa pak, 10 hari proses belum selesai.
    atas jawabannya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang untuk kiriman database sejak akhir maret sampai dengan pertengahan april ini untuk pemprosesan database sangat lama, di wilayah kami juga sama (masih banyak yang cek konversi). Hal ini dikarenakan jumlah server yang terbatas sedangkan kirman perbaikan data dari daerah sangat banyak dalam waktu yg bersamaan.
      Mulai minggu ini jumlah server sdh ditambah (info dari group pendataan dikdas sdh ada 16 server), kami cek di pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id sudah banyak database yg berhasil diproses.
      Utk sekolah diwilayah kab. pekalongan kami sarankan supaya menunggu sampai akhir minggu ini, jika akhir minggu ini masih cek konversi dimohon untuk kirim ulang

      Delete
  8. data yang kami kirim sebelum diperbarui statusnya BERHASIL DIPROSES tapi setelah diperbarui statusnya berubah menjadi CEK KONVERSI.kenapa dan maksudnya apa ya, pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Berhasil diproses, berarti database kiriman sekolah yang terdahulu sdh selesai diproses oleh server (misal kiriman tsb bulan januari 2013)
      2. bulan ini sekolah mengupdate data semester 2, kemudian dikirim ke server maka server akan memproses kiriman database yang baru tsb, sehingga status berubah dari sebelumnya.
      Ditunggu saja nnt klo sdh selesai pemprosesan databasenya maka akan berganti menjadi Berhasil diproses

      Delete
  9. saya sudah 5x kirim server sejak tanggal 28 Maret sampai yang terakhir kemarin tanggal 20 April tapi koq status nya masih cek konversi
    sedangkan teman saya hanya dalam waktu 3 hari data nya sudah diproses
    tolong jelaskan apa sebabnya data saya lama sampai di proses?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba kirim ulang, siapa tahu database terjebak saat kemarin kapasitas server overload

      Delete
    2. ap gpp udah 5x kirim truz kirim lagi?

      Delete
    3. klo kiriman terakhir maret, tidak masalah

      Delete
    4. aq kirim dari maret pak
      setiap 1 minggu ane kirim lagi
      apa karena laptop bermasalah? kmarin SD sebelah cma 3 hari lngsung proses

      bsa minta fb ny pak buat saya add

      Delete
  10. saya dari kab lebak. saya bingung dengan datangnya sms dari dikdas mengenai adanya kelas 7,8,9 setelah saya cek di aplikasinya tidak ada kelas tersebut. apa yang jadi problemnya,

    balas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di tabel rombongan belajar siapa tahu salah pilih tingkat siswanya, klo tdk keberatan silahkan kirim database ke email, nnt tak cek

      Delete
  11. Melanjutkan pertanyaan saya yang kemarin, status pengiriman data kami pagi ini 26 April 2013 menjadi (DITERIMA VIA APLIKASI TAHAP I),apakah ada masalah dengan pengiriman data kami, pak?

    Dan apakah dengan status yang demikian SKTP kami bisa diharapkan keluar saat ini?

    Saya sudah berkali-kali mengecek data saya melalui http://223.27.144.195:8083/info.php. belum pernah berhasil. Tolong beri kami penjelasan, pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. tdk masalah, itu tahap pertama pemprosesan database, tahap kedua cek konversi, tahap ketiga berhasil diproses
      2. nunggu berhasil diproses, terkecuali data sebelumnya sdh valid
      3. saran saya klo database sdh berhasil diproses, silahkan ke dinas pendidikan kab/kota di bagian sertifikasi

      Delete
    2. biasanya berapa hari pak tahap keduanya,saya kirim data sejak tanggal 27 april 2013 sekarang masih cek konversi tahap 2.jadi bagaimana pak?

      Delete
  12. 1. berapa lama kita menunggu data yg konversi
    2. Data suda konversi sejak tanggal 20 April 2013 sampai sekarang tanggal 27 April 2013 masi konversi, bole ngak kita kirim lagi datanya...kalau bole apakah data yang kita kirim bisa berbaur menjadi satu dengan yang suda kita kirim.....
    3. Kalau suda berhasil di proses apakah data itu merupakan hasil dari gabungan kedua data tersebut.
    4. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yang tahu hanya admin pusat, kita hanya mengira2 saja. klo server normal kisaran 3 hari saja, klo saat ini kisaran 2 minggu
      2. boleh saja tapi saran saya ditunggu dulu beberapa hari kedepan karena mulai senin kemarin server sdh cukup normal. Database kiriman terpisah2 tiap kirimannya tdk menjadi satu. bisa cek di http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
      3. yang akan dibaca kiriman terakhir

      Delete
  13. lembaga saya dalam status PENDING, hingga saat ini (29/4/2013)belum ada perubahan padahal sudah sekitar 11 hari masih tetap pending yaitu mulai 18/04/2013
    bagaimana cara mengatasinya Pak?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang muncul status PENDING mohon lebih bersabar, kemungkinan ada 2 sebab;
      1. Ada perubahan nama sekolah, misal SDN Pekalongan 01 menjadi SDN 01 Pekalongan
      2. Ada data PTK atau Peserta Didik yang Id_nya sama dengan sekolah lain
      Klo sebab yg pertama ditunggu saja nnt akan divalidasi server, untuk sebab kedua yang akan butuh waktu lebih lama, nnt menunggu perbaikan data dari Admin Jakarta

      Delete
    2. terima kasih atas pencerahannya.
      untuk penyebabnya saya kurang tahu,tapi saya yakin kalau sebab yg kedua rasanya tidak mungkin,
      yang menjadi persoalan saya terus ditanya tentang permasalahan ini oleh tman2 guru yg tidak dpt SK, sy jawab masih menunggu dikira saya g kerja, padahal siang malam sy browsing dan coba cari pemecahanya..
      adakah solusi lain selain menunggu Pak...atau saya harus ke Jakarta, (rencana saya mau ke Jakarta, perhiasan istri rencana saya jual untuk uang saku)

      Delete
    3. klo pun harus sampi ke jakarta utk biaya harusnya bisa ditanggung sekolah, sebelum ke jakarta tolong kirim file Backup Lokal ke email suprikajen@gmail.com, nnt tak cek dulu. klo bisa dengan file backup lokal semester 1 juga. Klo saya tidak bisa menemukan sebab pastinya silahkan ke jakarta

      Delete
    4. Alhamdulillah.. sekarang sudah tidak pending lagi Pak
      trims atas responya selama ini

      Delete
  14. Pak Supri, status data sudah berhasil di proses namun masih ada data yang invalid......itu kenapa pak? padahal dah saya cek data ptk dan lainnya gak ada masalah, kira-kira kenapa ya pak? mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sdh menggunakan aplikasi 13.0.1_plus? atau masih yg 13.0.1 saja?

      Delete
    2. sudah yang terbaru pak.............itu kenapa pak? kok masih invalid tapi sudah berhasil di proses

      Delete
  15. pak, saya mau tanya.....
    saya sudah ngirim data yang baru, tanggal 23 April 2013 dan saya cek diinfo pendataan statusnya sudah berhasil diproses, kemudian cek verifikasi masing-masing guru dan diprint, ternyata data yang keluar masih data yang lama.....
    bagaimana ini pak????ato solusinya apa?????
    trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk server verifikasi ptk sinkron datanya tidak tiap hari, klo dekat dengan kantoir dinas pendidikan kab/kota saran saya silahkan cek langsung di bagian yg menangani sertifikasi

      Delete
  16. Maap Pak Supri Kajen untuk kedua kalinya.

    Berkaitan dengan pertanyaan saya di atas data suda konversi sejak tanggal 20 April 2013 dan berhasil di proses tanggal 27 April 2013, pada saat saya cek di pengecekan data guru yang keluar pengiriman tanggal 18 April 2012,akhirnya saya mengirim lagi editan data baru melalui aplikasi sekolah pada tanggal 28 April 2013 dan sudah konversi, saya coba cek lagi di pengecekan data guru tanggal 28 April 2013 dan yang keluar adalah hasil pengiriman tanggal 20 April 2013 ternyata semua orang guru berhasil (valid)

    Pertanyaanya :

    1. Apakah kita edit ulang lagi data yang masi konversi tersebut sesuai dengan data valit yang berhasil dikirim pada tanggal 20 April 2013.Baru dikirimkan lagi ke server pusat.
    2. Adakah cara pintas untuk kembali kedata yang suda valit tampa mengirimkan data baru ke server pusat. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. klo sdh valid menurut saya tdk pelu kirim lagi, kita kirim lagi jika memang ada perubahan data, yang perlu diketahui juga bahwa server Verifikasi PTK tdk sinkron data setiap hari, jadi mohon bersabar tunggu beberapa hari dari status Berhasil Diproses data dapodiknya. Klo mau langsung lihat perubahan data bisa cek langsung di dinas pendidikan kab/kota dibagian sertifikasi (server cetak sk tunjangan profesi saat sinkron datanya tiap hari)
      2. saat ini tdk ada cara selain mengirim ulang datanya ke server

      Delete
  17. Pak Supri, saya mau bertanya tentang batas waktu pengiriman data ? apakah ada batas akhirnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya server dapodik tdk ada batasan waktu artinya telatpun masih diterima, hanya saja karena dapodik dipakai utk dasar pemberian tunjangan maka justru server tunjangan yang membatasi waktunya. Jadi kita harus kirim data sebelum server tunjangan menutup update data dari dapodik

      Delete
  18. Pak punten moohon bantuan saya sudah merubah semua terus sudah cek konversi tahap 2 lalu tiba2 statusnya tidak ada perubahan data yang diterima sama dengan data yang terakhir loh....loh....mohon penjelasannya karena kemarin guru2 yang sertifikasi jam belajarnya 0 sekarang sudah dirubah kesalhan itu tapi masih tetep 0

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinannya anda kirim ke servernya dua kali atau lebih (data perubahan tersebut) silahkan cek disini http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id nnt akan terlihat anda kirim berapa kali database yang sama (lihat ukuran filenya)

      Delete
  19. asslamlkm pak
    data saya sudah berhasil di proses tp msh ada yang belum valid kmudian saya mw cek guru yang mana yang belum valid datanya tp kenapa pas di cek masih data yang lama
    mohon pencerahannya . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pengecekan di Verifikasi PTK sinkron data tdk tiap hari, jadi tdk bisa langsung kebaca data dapodik yang terbaru, saran saya klo dekat ke dinas pendidikan kab/kota bisa langsung ke sana. Klo jauh y ditunggu kira2 1 minggu sejak Berhasil Diproses baru cek lagi

      Delete
  20. Berhasil diproses silhkan cek data anda...??
    tapi masih ada 2 PTK yang belum masuk juga pak...
    d verifikasi juga masih belum update...???
    mohon pencerahan pak,,,
    trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. data yg sdh Berhasil Diproses butuh waktu sekitar 4 hari utk masuk ke server Pengecekan Data Guru, klo ada yg belum masuk silahkan langsung ke dinas di bagian sertifikasi, nnt biar dilihat statusnya

      Delete
  21. pak..supri berkaitan dengan data yang sudah berhasil diproses tapi masih ada ybelum valid itu solusinya bgaimana? langkah selanjutnya bagaimna pak? perlu di ketahui di sd kami guru-guru yang mendapat sudah cair pak...data sudah tak cek di verifikasi guru juga sudah oke,sudah menggunakan aplikasi plus terbaru,itu yang tidak valid dimananya pak?......mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo keterangan databasenya seperti itu padahal sdh pake aplikasi plus, sy blm bisa jawab karena tdk mengecek langsung data yang ada diaplikasinya
      Yang penting untuk data tunjangan sudah Memenuhi Syarat semua, menurut saya tidak masalah

      Delete
  22. berarti gak masalah pok pak....saya sendiri bingung apanya yang tidak valid...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di cetak sk tunjangan bisa keluar semua, y tidak masalah mungkin tdk validnya ada didata lain (bukan yg terkait PTK)

      Delete
  23. sy dah kirim data tgl 1 Mei 2013 tpi statusnya masih tidak ada perubahan, mhon penjelasan dan gimana solusinya yang hartus sy kerjakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sdh hari ini sdh Berhasil Diproses pak, soalnya server saat ini sdh sangat normal, di wilayah kami 1 hari sdh berhasil diproses

      Delete
  24. yth Bung Supri Kajen

    Apa langka yang akan dilakukan oleh operator sekolah apa bila
    terjadi :

    Kepala sekolah tidak keluar SK nya sementara suda kita lakukan langkah berikut :

    1. latar belakang kepala sekolah dari SMA mutasi menjadi kepala sekolah SMP.
    2. Di data DAPODIK sekolah tugas tambahan kepala sekolah suda diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar di isi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah tapi JJM linier tidak terbaca sementara tombolnya normal (berwarna hijau dan tidak berwarna mera)
    3. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kode bidang studi sertifikasinya, klo masih berkode SMA kemungkinan disitu masalahnya, jika benar masih kode SMA silahkan segera ke dinas pendidikan kab/kota biar segera dikonversi

      Delete
  25. pak supri...
    saya sudah mengirim server dapodik berkali-kali dengan data yang sudah benar..
    tapi masalahnya di PTK di Manajemen Pendidikan kok masih belum masuk ya 2PTK saya yakni KS dan 1 guru,, itu yang sebelumnya di data BELUM UPDATE PAK
    Untuk PTK yang lain sudah keluar semua...
    gimana solusinya pak?
    terimaksaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dari pengalaman diwilayah kami, hal tersebut disebabkan karena Id_ptk guru tsb sama dengan Id_ptk data guru lain (biasanya dengan guru disekolah lain)
      Saran saya pakai aplikasi 13.0.1_plus kemudian lakukan Export-Import tabel PTK, sebelum di Import utk 2 PTK tsb Id_nya dihapus (Id_ptk ada dikolom A). Utk memunculkan kolom A di Unhide dulu

      Delete
  26. Berkaitan dengan pertanyaan terakhir saya (Masalah kepala sekolah yang tidak keluar JJM Liniernya.

    Balasan Pak SK "CEK KODE BIDNG STUDI"

    Suda di Cek! Benar kode mapel Biologi SMA adalah 190, menjadi kode mapel Biologi SMP adalah 097, itu suda kita rubah di operator Kabupaten bersamaan dengan data operator sekolah.

    Yang duruba didata operator Kabupaten dan operator sekolah adalah nomor sertifikatnya : 2207 190 01879 (SMA) menjadi 2207 097 01879 (SMP)

    Yang tersedia tombol tanda panah yang mengarah kebawah untuk meruba kode mapel di operator kabupaten tidak aktif (atau memang diatur seperti itu}

    apa langka yang saya lakukan suda benar atau ada cara lain.

    Balasan dari Pak SK suda kita coba tapi tetap JJM linier tidak terbaca.

    Catatan : Untuk IMFO saja ada 4 kepala sekolah yang masalahnya sama seperti diatas.

    TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kode 097 itu BIOLOGI SMP atau IPA Terpadu?

      Delete
  27. Yang suda saya coba :

    1. Kode 097 untuk Biologi SMP
    2. Kode 097 juga untuk IPA terpadu SMP
    3. JJM Linier tidak terbaca
    4. T Kasih.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak SK atas tanggapan sering yang saya sampaikan " Ternyata apa yang bapak sampaikan mengenai JJM Linier Kepala sekolah pindahan dari SMA ke SMP itu harus di rubah kode bidang studi sertifikasinya di kabupaten kota benar adannya.
    intinya harus ada kordinasi berkesinambungan antara operator sekolah dengan operator kabupaten.cuma harus sabar untuk menunggu peyesuaian data.

    Kesimpulan :

    Kepala sekolah saya suda siap SK T Ksh.

    ReplyDelete
  29. Saya dr smp n di malang saya upload 2 aplikasi 1 untuk sekolah reguler 2 untuk sekolah smp terbuka, selama ini 2 aplikasi tersebut tidak bisa link kenapa ya mohon penjelasan, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kejadian yang sudah2, penyebabnya bisa banyak hal, antara lain;
      1. memakai kode registrasi yang sama
      2. Id_PTK dari Guru yang dientry di sekolah reguler dan terbuka sama (biasanya terjadi karena pengentrian menggunakan export-import, biasanya copy paste dari file excel dari sekolah reguler)

      Delete