Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Wednesday, July 17, 2013

Wajah Baru Dapodik 2013

Dapodik Tahun Pelajaran Baru 2013/2014 akan direlease tanggal 15 Juli 2013. Namun launching itu dilakukan terbatas hanya kepada Operator Dapodik Propinsi dan Operator Dapodik Kabupaten/Kota bertempat di Hotel Arion Swiss, Bandung, Jawa Barat. Tampilan Dapodik 2013 pun sudah beredar di internet. Namun yang perlu diketahui, Tampilan yang masih berbasis web itu hanya untuk keperluan TOT dan masih beta. Aplikasi resminya tetap berbasis dekstop, dan akan didistribusikan ke sekolah-sekolah selepas lebaran melalui KK-Datadiknya masing-masing.

Didalam master aplikasi yang baru, sudah otomatis akan terisi data awal dari dapodik versi sebelumnya yang pernah dikirim ke server maksimal per 1 Juli 2013. Data yang dikirim setelah tanggal tersebut, tetap bisa dimasukkan ke dalam aplikasi, tetapi tidak bisa dikemas menjadi data awal (harus melalui restore database).

Bersumber dari situs dikdas.kemdikbud.go.id, jumlah peserta TOT itu sebanyak 530 orang, terdiri dari 33 operator Dapodik Provinsi dan 497 operator Dapodik Kabupaten/Kota. Karena banyaknya jumlah peserta, ToT digelar dalam lima gelombang.
Adapun jadwal TOT adalah sebagai berikut:
Angkatan I
Dilaksanakan di Hotel Arion Swiss, Bandung, Jawa Barat, pada 15-17 Juli 2013. Peserta dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Banten.
Angkatan II
Dilaksanakan di Hotel Arion Swiss, Bandung, Jawa Barat, pada 18-20 Juli 2013. Peserta dari Maluku, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Jambi, Bengkulu, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.
Angkatan III
Diselenggarakan di Hotel Ibis Trans Studio, Bandung, Jawa Barat, pada 22-24 Juli 2013. Peserta dari Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, dan Sumatera Barat.
Angkatan IV
Digelar di Hotel Park, Bandung, Jawa Barat, pada 25-27 Juli 2013. Peserta dari Papua Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Lampung, Maluku Utara dan Kalimantan Tengah.
Angkatan V
Digelar di Hotel Park, Bandung, Jawa Barat, pada 29-31 Juli 2013. Peserta dari Papua, D.I Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Tujuan pelaksanaan ToT yakni melatih operator Dapodik agar dapat memahami dan menggunakan Aplikasi Pendataan Dikdas 2013. Setelah kegiatan, mereka diharapkan mensosialisasikan ilmu yang didapat kepada operator-operator sekolah yang menjadi binaan di wilayahnya.

Jadi, bagi para Operator Sekolah yang menunggu aplikasi dapodik versi terbaru, tetap bersabar dan menunggu sosialisasi dari Operator Kabupaten masing-masing. Persiapkan saja keperluan untuk isi data berupa siswa baru, dan akun email sekolah yang valid dan aktif

14 comments :

  1. selamat mengikuti ToT, smga kab. pekalongan sukses

    ReplyDelete
  2. Mudah-mudahan aplikasinya memudahkan pengguna sehingga pengelolaan data lebih mudah.

    ReplyDelete
  3. Dapodik tidak mau kalah dengan NUPTK...
    Operator SD Pelatihannya di Hotel juga gak Mas,, hehhehe
    Salam Dapodik Mas.

    ReplyDelete
  4. hahahaha,,,
    siap2 dapat ucapan terima kasih lagi dari para penerima sertifikasi,,,semangat buat para operator dapodik

    ReplyDelete
  5. Wasis 11 Agustus 2013,18.55
    gimana bos sudah klir data nuptk yang baru 2013 ? balas dong ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk NUPTK yang mengurusi mas suswantanto, setahu saya progresnya blm sampai 60%

      Delete
  6. buat operator sekolah apa sudah di sosialisasikan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum, karena aplikasi blm diberikan ke kab/kota. untuk provinsi jateng direncanakan akan diberikan ke op.kab/kota saat verifikasi data BOS tanggal 10-12 sept 2013

      Delete
  7. numpang sedot gambar dapodik pak. hehehe http://andikvegas64.blogspot.com/2013/09/aplikasi-dapodik-2013-vs-padamu-negeri.html

    ReplyDelete
  8. benerin dulu jaringan seluruh indonesia baru ngurusin yg online..aplikasinya benerin..jangan cuma karena proyek..

    ReplyDelete