Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Wednesday, February 12, 2014

Ciri-ciri Sinkronisasi Sudah Sukses

Sejak tanggal 11 Pebruari 2014, saya mencoba membantu sinkron beberapa sekolah susah sekali mengkosongkan tabel "DATA YANG MENGALAMI PERUBAHAN".
Sambil menunggu server normal, silahkan gunakan acuan dibawah ini sebagai standar sinkron telah sukses:
2. Pilih  wilayah sampai masuk ke data sekolah
3. Masukkan kode registrasi sekolah
4. Cermati rincian yang ada
-> Riwayat Sinkronisasi

-> PTK

-> Rombongan Belajar, klik di Nama Rombel (dalam contoh gambar dibawah ini, Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5 dan Kelas 6)
Akan muncul Rincian Rombel seperti tampilan dibawah ini

NB. 
1. Klo server dapodik normal, data diatas akan tampil setelah 1 jam dari waktu sinkron
2. Data diatas tidak bisa langsung tampil di server p2tk, jeda waktu jika server normal 3-4 hari. Saat tulisan ini diposting butuh waktu kira-kira 8 hari.

26 comments :

  1. kalau peruabahn yang dikirim itu yang tidak ditampilkan di progres pengiriman gimana ngeceknya mas?

    o ya, saya sudah melakukan prosedur penghapusan ptk dobel, tapi tadi pagi saya cek masih ada 1 ptk yg dobel (sebelumnya 5). apa perlu minta generate profil lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. jelas blm bisa dicek, nunggu server dapodik dan p2tk normal. minimal data diatas bisa dijadikan acuan untuk cetak SK Tunjangan
      2. tunggu beberapa hari lagi (klo server normal 3-4 hari), jangan langsung minta generet prefill.

      Delete
    2. data sekolah saya sudah masuk di info pendaatan tetapi sudah lebih 2 minggu data diserver p2tk blum berubah juga kenapa ya..

      Delete
    3. data di server p2tk dikdas saat ini masih berdasarkan BSD yg diupload oleh op. tunjangan.
      server p2tk dikdas baru akan mengambil data dari server dapodik bulan depan.

      Delete
  2. makasih infone mz supri..

    Alhamdulillah tambah mumet

    ReplyDelete
  3. mas supri...kalo sinkronisasi berhasil..tapi data yang megalami perubahan belum kosong, tapi tak cek di progres pengiriman sekolah..datanya sudah sesuai dgn yang saya kirim gimana mas

    ReplyDelete
  4. Mas supri saya mau nanya setelah data sudah masuk semua pada progres pengiriman PTK, PESERTA DIDIK, ROMBEL dah masuk tapi Jam Mengajar Masih kosong semua, mohon info y data dah ta kirim 5 hari

    ReplyDelete
  5. Pak Supri,
    Ada pengalaman menarik yang patut diketahui teman-teman operator.
    Tanggal 9 Pebruari saya synkron ke 66(sebanyak itu karena kalau synkron meski dinyatakan sukses saya reload, kalo masih ada perubahan data saya ulangi lagi sampai tidak ada perubahan data), dan sesuai anjuran dari "sana" setiap perubahan sekecil apapun segera disynkronkan, jangan tunggu waktu.
    Karena di "info PTK" masih ada data yang belum berubah, saya minta generet prefill_dapodik. Setelah mendapatkan prefill_dapodik "baru" (11 Pebruari) segera saya backup "manual" dapodik. Prefill saya buka, ternyata berisi update 3 Pebruari, saya cek data beberapa PTK ternyata ada beberapa PTK yang datanya "berantakan" terutama pada riwayat gaji berkala. Iseng saya cek synkronisasi ada ribuan perubahan data. Tapi tidak saya synkronkan.
    Hari ini, Kamis, 13 Pebruari ada info nomor sertifikat PLPG salah satu PTK sudah ada dan segera harus diinput. Segera saya "restore" backup manual 9 Pebruari.
    Saya buka, kemudian saya cek synkronisasi ternyata ada ribuan perubahan data!
    Padahal ketika saya backup perubahan data sudah nol!
    Saya cek pekerjaan saya tidak hilang, jadi dapat saya lanjutkan. Hanya saja dengan kejadian ini saya bertanya-tanya. Berarti, meski kita synkron sampai tidak ada perubahan data di aplikasi belum tentu data kita terkirim ke "sana", terus ke mana? Tidak jelas. Pantesan 3 PTK tidak pernah muncul di "profil sekolah" yang di aplikasi. Saya synkron sampai 66 kali sepertinya sia-sia saja.
    Bagaimana ini Pak Supri? Atau system backup manual tidak sempurna? Tapi pekerjaan saya tidak ada yang hilang.

    ReplyDelete
  6. maaf pa supri. saya kemarin tgl 12 Februari sudah sikron dan berhasil seperti yg bapak posting tp kenapa untuk jumlah murid hanya 130. hilang 1 kelas yaitu kelas 5. untuk yg lainnya gax ada cuma 2 PTk ganda tp katanya gax pa2 diabaikan saja. tp itu yg siswa hilang 1 kelas gimana? . trus data yg mengalamai perubahan di kolom bawah sinkron masih utuh belum 0. mohon konfirmasinya thanks

    ReplyDelete
  7. Pak Supri saya sudah sinkron tanggal 10 pebruari kemarin, dan sudah berhasil, data yang mengalami perubahan sudah kosong,cuman kalau mau mengecek ptk masing-masing kok sampai sekarang belum bisa,jadi tidak tahu data sudah berubah atau tidak,di tambah lagi barusan saya memperoleh 2 data baru dari ptk yaitu no. sertifikat dan no peserta yang baru saja lolos sertifikasi,otomatis khan itu data itu belum masuk di dapodik, mengingat batas waktu pengiriman tanggal 16, dan sulitnya sinkronisasi apakah saya harus sinkron lagi pak....katanya ada info yang mengatakan jangan terlalu banyak sinkron lagi,kalau sudah berhasil tunggu delay 4-5 hari lagi untuk melihat perubahan, apa yang harus saya lakukan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. utk cetak sk sertifikasi triwulan 1 bs diupdate smapi akhir bulan peb
      2. pengecekan ke server p2tk mmg susah, delay saat ini sekitar 8 hari
      3. perubahan data bisa dientry lagi. utk data no.sertifikat dan no.peserta sebenarnya akan terbaca otomatis asal pengisian nuptk benar karena data tsb sdh kesimpan di server p2tk

      Delete
  8. Syncrhon gagal,,,,
    dari tgl 14 sampai sekarang. pagi siang sere malam sampai dini hari,
    keterangannya Sinkronisasi gagal.
    solusi bagaimana,,,,

    ReplyDelete
  9. apaka ini terkait Dapodik mas..??
    https://docs.google.com/file/d/0B0YDEso4YLxkeFN5N0J4Mk95WVE/view?sle=true

    ReplyDelete
    Replies
    1. y ada kaitannya, hal tersebut sebagai salah satu alternatif dari p2tk dikdas untuik proses cetak sk tunjangan, jadi bagi sekolah yang belum bisa sinkron bisa mengirimkan file backup dapodik tsb ke pengelola sim aneka tunjangan kab/kota untuk diupload ke server tunjangan secara langsung (tdk lewat server dapodik)

      Delete
  10. Replies
    1. http://suprikajen.blogspot.com/2014/02/info-awal-backup-sinkron-dapodik-bsd.html

      Delete
  11. PAK KODE REGISTRASI ITU YANG APA PAK???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode unik yang diberikan oleh sistem sebagai pembeda satu sekolah dengan sekolah lain, operator sekolah yang pegang data tsb.

      Delete
  12. Selamat mlm pak Supri,,,, mohon informasinya!! Kebetulan laptop sy hilang bersama dgn database semua dapodiknya, backup database trkhir pun ada disitu semua. Salah satu jalan yg sy tempuh utk mndapatkan database trakhir yaitu minta generate prefill ke OP dinas kab/kota,, setelah sy mndapatkan prefill trbaru itu dan sy install lg di laptop yg baru sampe instalasi selesai,, dan registrasi pun selesai. Tapi knp pada saat sy lihat database nya malah msh data yg terdahulu, bukan database yg terakhir,,, padahal itu prefill terbaru dr OP dinas kab/kota... Apa yg hrs sy lakukan pak utk mndapatkan database terakhir itu????
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sekolah sudah pernah sinkron dan sukses, maka semua data yg telah dientry dan terkirim keserver bisa diambil lewat generet prefill.
      yang mungkin perlu dipastikan dulu adalah apakah sekolah anda sudah pernah sinkron dengan sukses? silahkn cek data yg ada disini http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport jika sdh sesuai entry terakhir berarti sinkron sdh sukses.

      Delete
  13. saya mau tanya, saya sudah sudah syckron ke server, tapi saat saya cek ke Lapor TUNJANGAN DIKDAS data masih data yang lama, mengapa begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. server tunjangan belum mengambil data dari server dapodik, sampai awal april ini masih mengambil update data lewat BSD

      Delete
  14. Kapan Pak P2TK Dikdas Mengambil update datanya berdasarkan hasil sinkron... sudah lama tapi belum berubah2....

    mohon informasinya pak. trimakasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. info dari staf pptk dikdas, sekitar 2-3 hari lagi

      Delete
  15. pak saya mau nanya,,, saya sudah sinkronisasi data ke dapodik dan sudah sukses setelah itu ada perintah chech hasil sinkronisasi anda di progress pengiriman dan saya pun check di progress pengriman tapi kenapa masih ada tulisan belum sinkrin,,,, mohon solusinya,,, terma kasih pak supri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. data tampil diserver sekitar 1-2 jam, klo sudah lebih dari 2 jam belum ada perubahan data ada yang patut dicek ulang proses sinkronnya

      Delete