Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Sunday, February 2, 2014

Info Awal Web Lapor Tunjangan Dikdas (Pengecekan Data Guru)

Sampai postingan ini dibuat belum ada info resmi terkait rilis web Pengecekan Data Tunjangan Guru di Direktorat P2TK Dikdas. Untuk sementara kami teruskan informasi dari blog salah satu staf di direktorat tersebut di http://nazarukompetan.blogspot.com.
Semoga bisa bermanfaat.


"Februari 2014,..
Lama mempersiapkan lembar info PTK, bukan karena designnya,.. sangat menguras tenaga dan pikiran,. begadang bukan lagi sesuatu yang tabu tapi sudah merupakan sunah muakad,.. bahkan hampir mendekati wajib,. dengan persiapan yang cukup serius TIM data P2TK akhirnya dapat menyelesaikan Info PTK yang dipublish sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan yaitu pada tanggal 1 Februari 2014. Namun bukan berarti semua sudah sempurna, masih banyak tampilan info dan bahkan isi info yang masih belum sesuai dengan keinginan. Masih ada beberapa informasi yang belum masuk, perbaikan dan penyempurnaan info PTK tetap dilaksanakan setiap hari sesuai dengan keadaan dan kondisi.

Masih banyak teman-temen operator yang masih menanyakan kenapa data yang diuploadnya masih belum masuk kedalam Info PTK,?? kenapa data yang tampil adalah data lama?? kenapa rombelnya masih kosong?? dan sebagainya..

Memang dari tingkat kesulitan, memvalidasi data kiriman dari dapodikdas yang sekarang jauh lebih rumit dibandingkan dengan tahun lalu,..tapi bukan berarti tidak bisa,..
Apapun jika dilaksanakan dengan sepenuh hati akan dapat diselesaikan,..

Masalah yang sangat terasa saat pertama dipublish adalah masalah delay data yang ada diserver P2TK dengan data yang dikirim oleh Operator Sekolah,..masih ada jeda waktu yang cukup jauh antara 3-4 hari,..
Karena jeda waktu yang cukup jauh itulah maka saya mencoba menjelaskan bagaimana skema arus data yang masuk keserver P2TK dari operator sekolah (gambarnya kurang bagus maklum bukan ahli gambar mohon dimaklum).
Dengan gambar tersebut diharapkan para teman-teman operator dapat memahami kenapa data sampai terjadi jeda, dan dimana jeda terjadi, alurnya secara garis besar kira-kira seperti ini :
  1. Data diolah dan diupload/syincron dari komputer sekolah/operator
  2. Masuk dalam server utama dapodik (biasanya tidak ada delay kecuali server sedang maintenance)
  3. Data yang masuk diserver utama direplikasi kebeberapa server replikasi seperti server PDSP, server replikasi untuk pelayanan dan lainnya.
  4. Karena besarnya data dari server utama dan banyaknya koneksi aplikasi dapodikdas kedalam server utama maka replikasi yang dilakukan biasanya terjadi delay (saat saya buat tulisan ini delay yang terjadi antara 2-3 hari. hasil investigasi dengan operator sekolah yang menjadi sukarelawan )
  5. P2TK akan mengambil data dari server replikasi yang dilakukan setiap satu hari sekali (ingat satu hari cuma ambil data satu kali) rencananya akan dilakukan dimalam hari antara jam 22 malam - 02 pagi. (saat tulisan ini di tulis sinkron masih belum sesuai jadwal, masih dilakukan lebih dari 2 kali sehari).
  6. Setelah data ditarik dari server replikasi dan masuk di Server P2TK, sistem yang ada di P2TK akan melakukan verifikasi data, proses verifikasi otomatis dilakukan oleh sistem tidak dilakukan manual (itu sebabnya P2TK tidak menerima berkas).
  7. Setelah verifikasi selesai baru info ptk bisa di nikmati oleh guru, operator sekolah, operator tunjangan dan siapapun yang ingin melihat validitas data ptk melalui website yang telah disediakan.
  8. Karena besarnya animo guru, operator sekolah, operator tunjangan dan masyarakat lainnya yang ingin melihat validitas data PTK, sehingga server P2TK sering kali crash, oleh karena itu untuk memecah beban server, P2TK menyiapkan beberapa link yang dapat digunakan untuk melihat info PTK :
Demikian penjelasn singkat skema arus data dapodik sampai ke P2TK dan dapat disajikan menjadi Info PTK.

Catatan:
  • delay pada saat tulisan ini dibuat adalah 4 hari, yaitu delay dari server utama ke server replikasi 3 hari dan proses pembacaan keserver P2TK 1 hari,..
  • Jika ada delay lebih dari 4 hari tuliskan dikomentar, bukan untuk dibalas tapi untuk kami lakukan pengecekan, jadi jangan menuntut untuk dijawab,..."


81 comments :

  1. Pak, saya mau sinkron ulang lagi, dari kemarin sampai sekarang kok susah sekali padahal sudah mencari waktu-waktu yang sepi. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. y betul, kami coba membantu sinkron beberapa sekolah juga susah, klo tdk keliru sebabnya tanggal 1 peb ada acara backup server

      Delete
    2. kenapa dr td malam situs pengecekan tunjangan guru tidak bisa di buka,,,

      Delete
    3. trafik penuh, servernya tidak mampu melayani request.

      Delete
  2. pak bro,,,
    punya SD saya coba di cek kan untuk SYNC terakhir di data njenengan tertanggal berapa,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini Logim Manajemen utk menu PTK dan Riwayat Sinkronisasi blm diaktifkan, jadi saya blm bisa cek data tsb dengan tepat

      Delete
    2. solusi sementara bisa gunakan generet prefill, data yg tampil setelah registrasi menggunakan prefill baru, itulah cerminan sebenarnya data yg ada diserver.

      Delete
  3. Pak Supri,
    Setelah mencoba membuka "info ptk" ternyata banyak masalah ya...
    1. Mapel yang diampu kepala sekolah tidak muncul di kelasnya maupun di rombel KS. (Ketrangan : Tidak ada yang ditampilkan)
    2. Matpel wajib tambahan jam tidak masuk jjm linier, padahal memasukkan Matpel wajib yang diampu KS kan melalui "tambahan jam" ini.
    3. Pada awal lembar info ptk tertera update "terbaru" tapi munculnya data lama yang belum diupdate.
    4. Istilah-istilah yg ada di tabel synkronisasi sulit dimengerti; misal ada ptk, ada juga ptk terdaftar. Bedanya apa?
    5. Ada perubahan-perubahan di aplikasi yang sulit disynkronkan, meski diulang-ulang pada berbagai kesempatan (meski malam sepi), perubahan itu meliputi data ptk maupun peserta didik

    Masalah lain;
    Di aplikasi saya sejak menggunakan versi 206, PTK mutasi masuk tidak muncul di "Profil Sekolah", tapi ada di tabel utama, bahkan di "profil sekolah" yg di server juga ada. Apa harus dihapus dan diinput lagi?
    Demikian, kurang lebihnya mohon maaf.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 dan 2. http://suprikajen.blogspot.com/2014/02/revis-pengisian-tabel-pembelajaran.html
      3. bisa dipastikan sinkron blm 100% berhasil
      4. klo tdk salah, PTK= tabel Utama, PTK Terdaftar=tabel Penugasan (sekali lg klo tdk salah) yang pasti 1 PTK tabelnya banyak
      5. beberapa sebab tdk bisa 100% terkirim (dari pengalaman beberapa sekolah yg minta dibantu sinkronnya);
      - server ramai
      - koneksi internet
      - aplikasi tdk jalan optimal (biasanya virus atau saat instal patch bebrapa file ke block antivirus)
      - pengisian data blm tepat
      6. data PTK tsb posisinya masih mengambang;
      - bisa karena blm sinkron sempurna atau
      - di sekolah lama blm dimutasikan dan sinkronnya sekolah asal blm berhasil atau
      - disekolah lama data ptk dihapus (tdk dimutasikan)

      Delete
  4. Pak Supri, mohon info tentang rasio guru dengan siswa harus 1:20 apakah sudah benar2 dipakai untuk menentukan penerbitan SK TPP? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hubungi mas kisdiyanto, harusnya lebih tahu untuk info tsb

      Delete
  5. pak boz,, setelah nyoba ngecek, sepertinya untuk mapping pembelajaran mapel wajib tambahan tidak dibaca oleh sistem, mulok bahasa jawa pun tidak linier dengan guru kelas.... solusinya gimana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://suprikajen.blogspot.com/2014/02/revis-pengisian-tabel-pembelajaran.html

      Delete
  6. gan mohon pencerahan untuk pengisian jam guru bkpada rombel bagaimana....? apa perlu dimapping juga jamnya sesuai dengan jumlah jam ktsp, tp bila memang dimapping juga apakah tidak berpengaruh dengan jumlah jam ktsp....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di server cetak sk tunjangan yang lama memang dimapping dan tidak mempengaruhi jumlah kenormalan rombel.
      untuk server tunjangan yang baru ini, saya belum berani memastikan (siapa tahu logika programnya berubah), klo sesuai info dari groups memang masih sama seperti dulu.

      Delete
  7. Sinkronisasi berhasil, tapi mengapa data tidak muncul di tabel mas bro? Mhn pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin sinkron sdh berhasil 100% seperti tampilan ini https://sites.google.com/site/suprikajen/1.jpg?attredirects=0

      Delete
  8. sekolah kami berada diwilayah khusus tapi tertulis bukan wilayah khusus padahal diaplikasi sudah diconteng profil sekolah berada diwilayah khusus, dan apakah dapodik tidak memakai database nuptk hasil verifikasi dan validasi pada sistem padamu negeri, karena 2 ptk kami status nuptknya masih terdaftar disekolah lain padahal keduanya sudah melakukan perbaikan, verifikasi dan validasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. wilayah khusus tdk cuma ngisi di dapodiknya tapi harus ada SK dari Bupati yg dikirim ke dirjen dikdas
      2. y benar, saat ini masih mengambil data dari pdsp dan p2tk

      Delete
    2. Lalu bagaimana cara memperbaiki status NUPTK di database pdsp dan p2tk?

      Delete
    3. klo itu sepenuhnya kewenangan pusat, kab/kota hanya menjalankan perintah

      Delete
    4. pak supri .. mohon solusi bagaimana jika data nuptk di pdsp dan p2tk ada kesalahan nama? dan apakah nantinya p2tk akan mengambil data nuptk hasil perbaikan dari padamu negeri .. tksh.

      Delete
    5. pak supri .. mohon solusi bagaimana cara memperbaiki nuptk di pdsp dan p2tk? nuptk nya ada kesalahan nama.. dan apakah nanti saat akan cetak sk pihak p2tk akan menggunakan nuptk hasil verifikasi dan validasi di padamu negeri atau tidak? tksh ..

      Delete
  9. Pak Boss, hasil sinkron sy cek di info pendataan selalu rombelnya 8 yang seharusnya 10 dan 2 rombel itu terus (ix-3 dan viii-4) yg tidak pernah terupdate, permasalahannya apa ya Pak. Matur Nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan 2 r ombel tsb belum terkirim, klik menu Sinkronisasi pastikan sdh tidak ada tabel Data Yg Mengalami Perubahan

      Delete
  10. mas supri, setiap saya syscrn tertulis berhasil, tapi tertulis server masih dalam perbaikan, pertanyaanya...
    apakah data yang saya syscrn masuk kesana mas?
    soalnya seperti itu terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mungkin blm terkirim, cari waktu dimana traffik ke server tdk terlalu padat dan pakai koneksi yg stabil

      Delete
  11. pak bos saya jadi bingung dn kawatir tidak dapat TPG padahal saya mengajar 24 jam sebab :
    1. jam mengajar saya kosong
    2. status pegawai non aktif
    3. gaji pokok saya pada sk berkala tidak sesuai tertulis Rp.3.467.600,- seharusnya
    Rp 3.743.700,-
    4. sudah dilapor ke oprator
    5. di cek pd data dapodik sekarang ini susah banget
    6. mohon info bos
    7.identitas saya sbb :
    - Nama : i made artajaya
    - nuptk : 235 773 864 220 001 3
    - tugas : smp negeri 3 seltim
    - pns terhitung mulai : 1-3 1989
    - hp : 087860988474
    - e-mail : artajaya.made@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus tunjangan profesi/sertifikasi tdk perlu terlalu kuatir karena anggaran sdh dihitung by name, jika triwulan 1 blm bisa cetak sk maka dapat memperbaiki data dapodik sampai triwulan berikutnya.
      kesulitan utama saat ini adalah proses Sinkronisasi data ke server dapodik karena traffik ke server sangat ramai

      Delete
  12. Sudah hampir seminggu saat sinkronisasi terjadi kendala "Server dalam perbaikan" . sudah dicoba juga sinkron jam2 sepi.. tp masih nihil. jika terus terjadi hal tersebut, apa yang bisa dilakukan mengingat deadline yg hanya tinggal bbrp hari ini ?

    ReplyDelete
  13. setelah sinkonisasi pada tanggal 8-02-2014... saya cek diinfo tunjangan msh blm berubah... tu knp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon dibaca info diatas, ada delay beberapa hari. bahkan ada laporan dari salah satu sekolah delay sampai 8 hari.

      Delete
  14. Pak saya sudah snc tgl 5 Pebruari 2014 tp ketika cek data masih invalid padahal semua teman saya yang udah memiliki NUPTK udah masuk semua.
    ini nuptk : 3543764665200013
    TANGGAL lAHIR : 11-12-1986
    mohon solusinya terima kasih

    ReplyDelete
  15. Dari beberapa pertanyaan diatas ternyata permasalahan di Kabupaten Sumbawa Barat NTB juga sama. Sulit sekali kita masuk untuk mengecek data PTK yang suda dising yang akan dipakai sebagai patukan koreksi dan eksperimen operator sekolah.
    PERTANYAAN : Kira-kira bisa tinggal berapa bulankah server pusat sempurna, bagaimana kalau kita kaitkan dengan terbitnya SK sertifikasi di perkirakan pertengahan Maret TK

    ReplyDelete
  16. As.Wkt. Apakah Tugas tambahan TENAGA PERPUSTAKAAN dapat dihitung dalam Dapodik Kurikulum KTSP 2013 TK'

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dihitung hanya KEPALA PERPUSTAKAAN

      Delete
  17. pak, sy udah sincron untuk smester 2 berkali2 dan berhasil... masalahnya setelah sy cek di info tunjangan trnyata data yg terupdate tu tnggal 10 januari 2014, berarti jedanya udah sbulan dong... msih normalkah itu??? data yg ditampilkan jg tidak sesuai dngan data yg sy entri di dapodik.. nuptk guru2 tdk valid, rombel dan pembelajaran jg g muncul... solusinya gmana pak???
    krena msalah ni lah sy berfikir untuk sinkronkan lagi data tersebut dngan trlebih dahulu menghapus data lama dan menggantinya dengan data yag baru yg isinya sama dengan data lama.. tapi ketika datanya hndak disinkronkan sy lihat jumlah data yang mengalami perubahan jumlahnya dobel pak, yg harusnya anggota rombel 49 jadi 98, dll... itu ksalahannya dimana pak??? tolong bantuannya pak...

    ReplyDelete
  18. ko lapor tunjangan PTK di http://223.27.144.195/index.php sulit sekali di akses ya?pake kartu apapun selalu problem loading page..apakah smua blm bs mengakses atau hanya saya sj?solusinya bgmn y?

    ReplyDelete
  19. saya delay sangat lama..upload terakhir tgl 6 feb 14 sampai hari ini belum berubah

    ReplyDelete
  20. pak supri .. mohon solusi bagaimana cara memperbaiki nuptk di database pusat? nuptk nya ada kesalahan nama, krn tidak diambil nuptk hasil verval di sistem padamu negeri jadi waktu cek di lapor tunjangan dikdas status nuptk tidak valid tksh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. klo itu urusan pusat, daerah hanya meneruskan perintah saja
      2. solusi saat ini bukan dengan membetulkan data nuptk di server p2tk akan tetapi kita sesuaikan dulu data dapodik dengan data di server p2tk tsb.

      Delete
  21. pak bos ... nanya y ...jadi kalau perbaikan data tanggal 6 februari kira2 tgl brp data guru berubah? krn data yg dibuka dua hari lalu masih data terhitung tgl 18-1-2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke web p2tk bisa sampai 8 hari atau lebih

      Delete
  22. Pak Bos, mohon bantuannya:
    Sy sinkron smtr 2 itu bulan Januari tanggal 12. Pekan lalu, setelah sy cetak lembaran lapor Tunjangan DIKDAS, ternyata dari 3 guru yang bersertifikat pendidik, ada satu guru yang data NRG nya kosong (no data to display), padahal 2 lainnya semuanya oke datanya sesuai dgn data di aplikasi dapodikdas sy. Sy cek lg, data Riwayat Sertifikasi semuanya terisi lengkap di aplikasi. Yg tdk muncul itu adl NRG Kasek lagi. Jadi sy diminta kasek sinkron ulang lagi. Padahal skrg ini susahnya sinkron, krn server sdng sibuk2nya.
    Tolong solusinya, Pak! Terimakasih

    ReplyDelete
  23. kenapa tidak bisa sync waktu udh tinggal 2 hr lagi.

    ReplyDelete
  24. pak supri, saya ingin tanya, kenapa setelah singkronisasi dapodik, tap Peserta Didik, PTK, Sarpras, Rombongan Belajar, PD keluar, PTK keluar, dan pada tap Beranda apabila ingin keluar dengan klik icon keluar yang ada di tampilan identitas sekolah tidak bisa dibuka?
    terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. update atau ganti browsernya, bisa kirim printscrennya?

      Delete
  25. sync berhasil, namun tidak ada tgl selesainya. dicek diprogres tgl sync sdh terbaru. tp data belum mengalami perubahan.
    apa masalahnya ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg belum berubah data diserver apa? web info apa web p2tk dikdas?

      Delete
  26. sinkronisasi di info PTK sdah seseuai tanggal, tapi data yang sy rubah kenapa ndak berubah ya? jam BK sudah di isikan di rombel tp di info PTK kenapa 0, lalu bagaimana guru BK bisa di akui 24 jam. Matur Nuwun Sanget (dari SMP)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukkan ke rombel di Mapel Tambahan, hitungannya 150 siswa = 24 jam, contoh rombel 7A ada 30 siswa maka 30/150x24 jam = 4.8 jam dibulatkan menjadi 5 jam

      Delete
  27. Untuk BP APa masuk dirombel atau tidak jika dimasukkan kerombel bagaimana cara memasukan jamnya apa 3,4,atau 5 dst

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukkan ke rombel di Mapel Tambahan, hitungannya 150 siswa = 24 jam, contoh rombel 7A ada 30 siswa maka 30/150x24 jam = 4.8 jam dibulatkan menjadi 5 jam

      Delete
  28. tanya pak, kenapa rombel yang sudah ciutkan dari 6 jadi 4, kok masih dibaca 6 rombel

    ReplyDelete
    Replies
    1. diserver mana? klo di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport maka bisa dipastikan data rombel yg dihapus belum terkirim (proses Sinkronisasi blm 100% terkirim semua). dicoba saja terus poses sinkronya.

      Delete
  29. maaf untuk link laporan tunjangan DIKDAS, selalu saja "This webpage is not available"
    apa ada server baru? atau mungkin link yang lebih akurat dan servernya tidak bikin kenadala pada kerjaan Operator...?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya karena server overload, ini coba pilih mirrornya;
      Alamat Pengecekan Lembar Info PTK :
      http://223.27.144.195/
      http://223.27.144.195:8081/
      http://223.27.144.195:8082/
      http://223.27.144.195:8083/
      http://223.27.144.195:8084/
      http://223.27.144.195:8085/
      http://223.27.144.195:8086/
      http://223.27.144.195:8087/
      http://223.27.144.195:8088/
      http://223.27.144.195:8089/

      Delete
  30. Pak kalo, untuk link tujangan dikdas kan ini
    http://223.27.144.195/
    http://223.27.144.195:8081/
    http://223.27.144.195:8082/
    http://223.27.144.195:8083/
    http://223.27.144.195:8084/
    http://223.27.144.195:8085/
    http://223.27.144.195:8086/
    http://223.27.144.195:8087/
    http://223.27.144.195:8088/
    http://223.27.144.195:8089/
    tapi ko sussah masuk terus , supaya lancar hrs jam berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dipastikan kapan server lancar diakses karena semua PTK bisa cek server tsb. pas saya jawab pertanyaan ini, saya coba buka server http://223.27.144.195:8089/ lancar.

      Delete
  31. pak server yang port 8085 itu juga ngga pernah berhasil dimasuki ... lama lama putus asa nih mau ngecek tunjangan aja sampe naik darah begini ..... mana ngga ada solusi alternatif lagi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masih susah akses web tersebut, ada alternatif lewat file pra sk yang bisa didownload langsung dari server cetak sk, silahkan hubungi operator tunjangan diwilayah anda.

      Delete
    2. demikian ya pak?? baik nanti saya coba terimakasih

      Delete
  32. pak mohon bimbingan sekolah kami masih menggunakan kurikulum ktsp kami mengajar 24 jam dengan 6 jam per mggu padahal di dapodik tertera 4 jam jika dimasukan data 6 jam tertera ditolak bagaimna mengatasi itu...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau aman saran saya ditata ulang pembagian JJMnya;
      1. jika ktsp maksimal 36 jam per rombel, untuk beberapa mapel boleh diajarkan 5 jam dengan cara 4 jam di masukkan di Mapel Wajib + 1 jam di Mapel Wajib Tambahan.
      2. klo JJM disekolah sdh tdk mencukupi, maka mau tidak mau harus mengajar disekolah lain.

      Delete
  33. pak supri saya mau tanya nih. kira-kira ada tunjangan untuk selain guru ga ya? contoh penjaga apa nanti dapat tunjangan? terimakasih

    ReplyDelete
  34. mohon bantuan nya donk pak.. saya tidak bisa terhubung ke situs yang bapak sediakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak coba buka yang http://223.27.144.195:8085 lumayan lancar

      Delete
  35. Pak kalo, untuk link tujangan dikdas kan ini
    http://223.27.144.195/
    http://223.27.144.195:8081/
    http://223.27.144.195:8082/
    http://223.27.144.195:8083/
    http://223.27.144.195:8084/
    http://223.27.144.195:8085/
    http://223.27.144.195:8086/
    http://223.27.144.195:8087/
    http://223.27.144.195:8088/
    http://223.27.144.195:8089/
    tapi ko sussah masuk terus , beberapa minggu yg lalu sy ngecek jam1 bisa tp skrng kok sudah tidak bisa?? ada cara lain ga?untuk melihatnya bisa dtng kemana untuk daerah jaktim ni??

    ReplyDelete
  36. saya OPS
    dapodik semua sudah valid
    sudah satu minggu beta menunggu info PTK
    tapi kenapa belum jua berubah...
    ada apa gerangan...???
    aku ra' iso opo opo....

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, akhir bulan april data sempat berubah sesuai data sinkronisasi. klo perkiraan saya pribadi kemungkinan pihak p2tk dikdas masih bingung mau ambil data dari sinkron apa BSD karena batas waktu perbaikan data tinggal beberapa hari lagi.

      Delete
  37. Pa.. saya update dapodik tiap bulan sampae bln mei 2014, tapi hasil sinkronny tetap sama, seolah-olah tdk diperbaiki. jjm nol padahal sdh diperbaiki tiap kali update.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebab JJM Linier tetap nol (0) bisa bermacam2, antara lain;
      1. update data dapodik belum masuk ke server tunjangan, untuk akhir mei ini pastikan kirim lewat BSD 207
      2. PTK blm sertifikasi (hanya PTK sertifikasi yg bisa kebaca linier)
      3. kode sertifikasi tidak sesuai dengan mapel yang diajrkan di dapodik
      4. kode sertifikasi bermasalah (perlu perbaikan kode sertifikasi)

      Delete
  38. Pak... saya sudah melakukan perubahan data guru di dapodik untuk guru sertifikasi. perubahan itu saya kirim melalui dapodikdas pada tanggal 16 mei 2014 melalui syncronisasi dapodik. lalu saya juga telah melakukan update BSD 207 lalu saya kirim pada tanggal 21 mei 2014. tapi kenapa belum berubah juga data gurunya di info PTK.....????? mohon bantuanya segera pak.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, diwilayah kami kiriman BSD tanggal 23 juga belum kebaca server

      Delete
  39. mas bro, saya mohon solusi, saya mengajar di sekolah induk 12 jam, kekurangannya saya mengajar di sekolah lain 4 jam + Kepala Lab, tapi kepala lab tidak dapat dihitung sebagai tugas tambahan, mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas Tambahan yang diakui hanya di Sekolah Induk

      Delete
  40. semau link nya susah alias ga bisa di buka knp ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba pagi hari ini yang 8085 sudah lancar, klo tidak bisa diakses biasanya karena server masih perbaikan

      Delete
  41. Data sekolah di dapodikdas sudah sinkron dengan aplikasi sekolah namun belum muncul di laporan tunjangan dikdas padahal sudah melakukan sinkronisasi pada akhir bulan mei dan bulan juni, data di laporan tunjangan masih berdasarkan bulan maret 2014. bagaimana mas broo... tolongggg...... SDN 1 LICIN NPSN 20526634

    ReplyDelete