Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Sunday, February 23, 2014

Info Awal: Backup Sinkron Dapodik (BSD)

Untuk sedikit mengurangi kebingungan Operator Sekolah terkait beredarnya Aplikasi BSD.exe, kami sampaikan beberapa informasi awal sambil menunggu informasi yang lebih detail dari Operator SIM Aneka Tunjangan PPTK Dikdas.
1. Mekanisme yang benar dari server SIM Aneka Tunjangan P2TK Dikdas adalah mengambil data dari server Dapodik untuk dasar verifikasi cetak SK Tunjangan PTK.
2. Sampai dengan hari ini proses Sinkronisasi di server Dapodik belum bisa normal, sehingga server SIM Aneka Tunjangan belum bisa mengambil semua data PTK sesuai keadaan semester 2 dari server Dapodik.
3. Berkaitan dengan batas waktu cetak SK yang semakin dekat (perkiraan minggu ke-2 bulan Maret) maka P2TK Dikdas mengambil kebijakan untuk langsung menerima update data semester 2 langsung dari aplikasi sekolah.
4. Langkah ini dilakukan hanya untuk mengambil data yang berkaitan dengan verifikasi cetak SK Tunjangan, antara lain; tabel Sekolah, PTK, PD, Rombel, Anggota Rombel, Pembelajaran, PTK  Terdafar (Penugasan), Registrasi PD, Rwy Gaji Berkala, Rwy Pendidikan Formal, Rwy Kepangkatan, Inpassing Non-PNS.
5. Jika proses sinkronisasi data di server Dapodik telah normal, maka fasilitas upload data lewat server SIM Tunjangan akan dihentikan.
6. Fasilitas ini hanya ditujukan untuk sekolah yang sampai dengan akhir bulan pebruari belum bisa mengupdate data semester 2 lewat server Dapodik, untuk sekolah yang sudah sukses 100% sinkron datanya tidak perlu melakukan langkah ini.
7. Sekolah yang telah menggunakan fasilitas BSD untuk upload data tetap WAJIB sinkronisasi data lewat server Dapodik, hanya saja bisa menunggu server Dapodik normal.
Update !!
8. File backup langsung diserahkan ke Operator SIM Tunjangan (mbak dwi staff pptk dikdas), kemungkinan akan ditunggu sampai tanggal 3 Maret 2014, karena tanggal 4 Maret 2014 adalah batas akhir untuk upload file ke server tunjangan.
9. Hasil sharing dengan Operator Tunjangan dan teman-teman Operator UPT di ruang Rapat Sekdin tanggal 25 Pebruari 2014 pukul 09.30-11.30 WIB;
a). dari file rekap-data-pra-sk 200140225.xls yang diambil oleh operator tunjangan, hampir semua ptk BELUM MEMENUHI SYARAT (bisa dipastikan karena server tunjangan belum (tidak) mengambil data sinkronisasi terbaru dari server dapodik).
b). atas dasar point a) diatas maka bisa dipastikan semua sekolah diwilayah kab. pekalongan harus mengirimkan file backup BSD. Point ini sekaligus merevisi postingan sebelumnya di point 6.
c. Saat instal Aplikasi BSD.exe jangan klik 2x, tapi pastikan di klik kanan pilih "Run Administrator". Jika terlanjur instal dengan klik 2x maka WAJIB diuninstal dulu lewat Control Panel.

d. File backup dari Aplikasi BSD.exe WAJIB berukuran diatas 10 Kb.
e. Jika dilain waktu ada perubahan data di dapodik dan akan mengirimkan file backup BSD lagi maka lakukan langkah yang sama (klik kanan Run Administrator) di Shortcut yang ada di Dekstop atau bisa juga lewat Start Menu


NB. Kira-kira itu info awalnya, jika ada perubahan akan kami update lagi, terima kasih.

23 comments :

  1. sekolah kami belum bisa sinkronisasi, BSD apakah boleh dikirim mulai sekarang mas Supri? terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang nanti akan mengupload ke server sim tunjangan adalah operator sim aneka tunjangan, silahkan tunggu info dari pptk dikdas kab. pekalongan

      Delete
  2. sekolah kami sudah berhasil syncron setelah di cek diprogres. tapi untuk cek ptk masih update pengiriman yang lama. padahl masa sincron dah lebih dari 5 hari. kami khawatir data yang dkirim datanya blm falid. karena tidak dbsa dicek melalui PTK masing2. perlukah kami mengirim lwat BSD?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari point 9.a diatas, kemungkinan semua sekolah harus kirim file backup BSD

      Delete
  3. pak supri kok saat di ackup dari Aplikasi BSD kok cuma 1 kb gimana solusinya
    cara install sudah sesuai tolong bantuanya
    masalahnya dapodik saya masih periode 20131 belum berubah menjadi 20132 tolong bantunya pak supri

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo cara instal sudah benar (klik kanan Run Administrator) maka jika suatu saat akan backup ulang, di dekstop ada shotcut Backup Sinkron Dapodik juga harus harus dengan cara klik kanan Run Administrator

      Delete
  4. Mohon maaf pak saya belum mudeng ni maksudnya gimana? intinya semua sekolah di kab. pekalongan harus menginstal BSD dan mengirim data lewat program tersebutnya, walaupun sudah singkron di server dapodik ya.......kurang lebihnya begitu ya....aduh tambah ribet pak...dapodik aja dah ribet ini di tambah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya ambil database dari dapodik saja, tidak entry ulang data.

      Delete
  5. klik2x sama pakan run perbedaan nanti di apanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek di file hasil backup, pastikan ukuran file lebih dari 10 Kb, klo hanya 1 Kb itu biasanya karena klik 2x

      Delete
  6. saya sudah klik run as administrator tp tetep hasil backup nya 1 kb. gmn tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo tetap 1 Kb, silahkan dapodik dipindah ke komputer/laptop lain dulu, baru instal BSDnya

      Delete
  7. Replies
    1. kirim file ke dinas pendidikan kab/kota, langsung ke operator tunjangan (biasanya di sub bidang pptk dikdas)

      Delete
  8. di FB ada yg posting tentang BSD versi 2 utk data semester 2, apakah itu benar? menurut saya sih cuma auto renam waktu download jd namanya mnjadi aplkasiBSD_2.exe, hnya memastikan saja klo itu hoax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja diinstal, nnt dicek di Control Panel->Program. pasti versinya masih sama 1.0

      Delete
  9. Ttolong bantuannya. di info ptk sekolah saya, smua jam mengajar gurunya masih bermasalah ( blm linear ) trus skrg dapodik gak bsa d sinkron. apakah saya harus mengirim back up dapodiknya Langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu solusi mmg harus kirim ulang BSD (klo masih bisa), tapi sebelum kirim BSD wajib memperbaiki data dapodiknya dulu, coba kirim salah satu data ke email saya, nnt tak cek dulu.

      Delete
  10. BSD masih bisa dikirim gak? coz masih ada data yang salah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa, hanya saja masih diproses untuk dasar pencetakan sk triwulan 1 atau tidak itu yang saya tdk bisa memastikan. silahkan hubungi operator tunjangan di wilayah saudara

      Delete
  11. pak,,, mau kirim BSD ko setelah dilampirkan di email, terdeteksi virus,, n ga bisa dikirim, bagaimana tu.?.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diantar langsung saja ke operator tunjangan atau coba kirim via email yahoo

      Delete