Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Segera lengkapi data KPS/KKS untuk siswa yang orang tuanya punya kartu tersebut, untuk siswa dari keluarga tidak mampu tapi orang tua tidak punya kartu pastikan isi data pekerjaan dan penghasilannya SEBELUM 21 DESEMBER 2014
Manual Aplikasi Dapodikdas 3.0.1 dapat didownload lewat HALAMAN INI

Tuesday, May 22, 2012

Review Pelaksanaan Pelatihan Aplikasi Pendataan Dikdas

Pelaksanaan pelatihan aplikasi pendataan dikdas untuk Kab. Pekalongan telah dimulai dari tanggal 21 Mei 2012, sedikit review saat proses instalasi software aplikasi akan dianggap virus oleh hampir semua antivirus buatan luar negeri sedangkan untuk antivirus smadav tidak ada kendala. Solusi yang sudah diambil dengan men-disablekan proteksi antivirus dan untuk lebih amannya dengan meng-uninstalnya.

Update !!
Untuk teman-teman yang mengalami kegagalan saat melakukan proses import dari file CSV (Comma delimited) mohon sebelum export ke file excel, pastikan regional setting komputer sudah diubah ke pilihan "Indonesia"

Untuk Data Sekolah di Field "Kategori Wilayah" jika kita memilih pilihan "Bukan Semuanya" maka ketika kita Simpan, hasil simpanan akan hilang (ceklist di "Bukan Semuanya" hilang lagi). Tidak usah panik, biarkan saja karena saat ini masih versi dekstop sangat mungkin nanti kalau sudah online akan ada bedanya.

Untuk Tabel "Sarana", "Rombongan Belajar" jika data yang dientry hilang terus, dicoba entry 1 (satu) data dulu isi sampai kolom terakhir kemudain tekan "Enter" dan di refresh. Setelah itu tutup aplikasi dulu, kemudian login lagi. Cek datanya kesimpan atau tidak.

Catatan hasil pelatihan ;
1. Untuk tanggal 21 Mei di UPT. Tirto masih banyak kendala dalam proses instalasi yang disebabkan karena deteksi antivirus, untuk keberhasilan pelatihan hanya 25%
2. Untuk tanggal 22 Mei di UPT. Kajen gelombang I berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 95%
3. Untuk tanggal 23 Mei di UPT. Kajen gelombang II berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 95% (dengan catatan ada 2 sekolah yang awalnya gagal registrasi, setelah dicoba beberapa kali tetap tidak bisa kemudian dicoba dengan kode registrasi sekolah lain ternyata berhasil. Kesimpulannya : databaseoffline yang dipakai bukan yang terbaru)
Dari evaluasi hari ketiga ini dapat diambil kesimpulan bahwa kegagalan pelalatihan di hari pertama di UPT. Tirto disamping karena antivirus yang masih aktif juga karena databaseoffline yang masih file lama. Untuk teman-teman operator sekolah di UPT. Tirto mohon untuk mengganti aplikasi dengan yang baru di Subag Program.
4. Untuk tanggal 26 Mei di UPT. Wiradesa berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 96% tetapi masih juga ada 2 sekolah yang tidak bisa registrasi padahal kami telah menggunakan database offline yang baru. Pada hari minggu tanggal 27 Mei 2012 pukul 19.25 WIB kami coba di komputer kantor tidak ada masalah (kode registrasi dapat diterima aplikasi). Untuk sekolah-sekolah yang masih belum bisa mohon untuk segera menghubungi kami.
5. Untuk tanggal 28 Mei di UPT. Petungkriyono berjalan lancar hampir semua peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 97%, ada 2 peserta yang tidak berhasil instal aplikasi pendataan disebabkan karena OS Windownya memang sudah tidak normal namun secara keseluruhan pelatihan berjalan lancar.
6. Untuk tanggal 29 Mei di UPT. Wonokerto berjalan lancar hampir semua peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 97%, semua peserta berhasil instal aplikasi pendataan walaupun awalnya ada beberapa yang gagal karena deteksi antivirus namun setelah antivirus diuninstal proses berikutnya berjalan lancar.
7. Untuk tanggal 1 Juni di UPT. Buaran sedikit mengalami kendala yang disebabkan Operator Sekolah yang dikirim mengikuti pelatihan sebagian belum terampil menguasai komputer. Sedangkan proses instalasi berjalan lancar hanya 1 laptop yang tidak berhasil diinstal aplikasi pendataan karena laptopnya yang sudah tidak berjalan dengan normal, untuk keberhasilan pelatihan secara keseluruhan sekitar 65%.
8. Untuk tanggal 2  Juni di UPT. Karangdadap berjalan lancar, baik proses instalasi maupun penyampaian materi dapat diikuti peserta dengan baik, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 97%.
9. Untuk tanggal 4 Juni di UPT. Lebakbarang berjalan lancar hampir semua peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 90%, ada 2 peserta yang tidak berhasil instal aplikasi pendataan disebabkan karena 1 (satu) laptop OS Windownya memang sudah tidak normal dan 1 (satu) laptop ada aplikasi deepfreeze namun peserta tersebut tidak tahu passwordnya.
10. Untuk tanggal 5 Juni di UPT. Kesesi gelombang I berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 96%. Ada 1 laptop yang berhasil diinstal aplikasi dengan lancar namun ketika dicoba membuka aplikasi lewat shotcut terjadi error.
11. Untuk tanggal 6 Juni di UPT. Kesesi gelombang II berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 97%. Semua peserta berhasil instal aplikasi dengan lancar.
12. Untuk tanggal 7 Juni di UPT. Karanganyar berjalan cukup lancar, beberapa peserta kurang dapat memahami materi hal ini mungkin disebabkan karena operator sekolah yang mengikuti pelatihan bukan operator utama. Dikarenakan  ada musibah massal maka sebagian besar operator utama tidak dapat hadir, untuk keberhasilan pelatihan sekitar 90%.
13. Untuk tanggal 8 Juni di UPT. Bojong gelombang I berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 94%. Ada 1 peserta yang kurang bersemangat mengikuti pelatihan namun kami tidak tahu pasti alasannya.
14. Untuk tanggal 9 Juni di UPT. Bojong gelombang II berjalan lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 97%.
15. Untuk tanggal 13 Juni di UPT. Siwalan berjalan cukup lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 90%.
16. Untuk tanggal 16 Juni di UPT. Wonopringgo berjalan cukup lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 90%.
17. Untuk tanggal 18 Juni di UPT. Kandangserang berjalan cukup lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 92%.
18. Untuk tanggal 18 Juni di UPT. Talun kami belum bisa mereview karena pelaksanaan bersamaan dengan UPT. Kandangserang sehingga terpaksa narasumber diwakilkan ke teman yang lain.
19. Untuk tanggal 19 Juni di UPT. Doro berjalan cukup lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 95%.
20. Untuk tanggal 20 Juni di UPT. Kedungwuni berjalan cukup lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 93%. Ada beberapa peserta yang kesulitan memahami materi karena penguasaan komputer masih kurang.
21. Untuk tanggal 21 Juni di UPT. Paninggaran berjalan cukup lancar sebagian besar peserta dapat memahami materi, untuk keberhasilan pelatihan mencapai 90%. Ada beberapa peserta yang tidak membawa laptop sehingga pelatihan kurang optimal.

8 comments :

  1. Replies
    1. Pasti 110 persen, lha wong yg di karanganyar saja yang pesertanya kurang dapat memahami materi saja dapat 90%.

      Delete
  2. dari kecamatan Buaran terjadi miskomunikasi dlm pengiriman peserta, dikira pelatihan komputer biasa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, harusnya peserta yg dikirim sudah terbiasa dengan komputer (minimal word&excel).

      Delete
  3. Lanjutkan postingannya Pak, dengan info2 kedinasan sejenis ini. Paling tidak, kami yang "pejabat tinggi" tidak selalu ketinggalan informasi. Salam hangat dari Paninggaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas atas dukungan dan perhatiannya

      Delete