motto

running teks

Untuk Sekolah yang data Peserta Didik dan PTK belum VALID, silahkan klik disini
Yang belum punya pilihan Anti Virus Gratisan, bisa coba yang SATU INI
Patch versi 2.07c telah rilis, silahkan update aplikasinya

Saturday, March 2, 2013

Entry Nilai Raport jenjang SMP/MTs, SMA/MA dan SMK

Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi yang dilaksanakan tanggal 28 Pebruari s.d 1 Maret 2013 di Hotel Muria Semarang, telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah bahwa entry nilai raport kelas 7 s.d 9 jenjang SMP/MTs, kelas 10 s.d 12 jenjang SMA/MA/SMK dimulai tanggal 4 Maret 2013 pukul 00.01 WIB di http://data.pdkjateng.go.id

Untuk penyempurnaan dan menguji kesiapan sistem sambil menunggu tanggal tersebut Operator Sekolah dipersilahkan untuk melakukan uji coba. Masa uji coba dilbuka dari tanggal 1 Maret 2013 sampai dengan 3 Maret 2013 pukul 11.59 WIB.

Sangat penting untuk diketahui bahwa hasil entry yang dilakukan oleh operator sekolah di masa Uji Coba akan dihapus secara otomatis oleh sistem diakhir waktu uji coba, sehingga kami himbau kepada operator untuk tidak mengenty terlalu banyak, yang sangat penting dilakukan adalah :
1. mengecek menu-menu apa saja yang ada
2. mapel apa saja yang harus dientry
3. memastikan karakter yang dientry sesuai dengan permintaan sistem
4. memastikan hasil entry tersimpan dengan benar

Pada dasarnya sistem yang disiapkan secara online di Jawa Tengah ini tetap mengacu kepada sistem yang dikembangkan oleh Puspendik kemdikbud (hanya saja dibuat ONLINE) sehingga pedoman maupun petunjuk teknisnya tetap mengacu kepada Pertunjuk entry nilai raport yang telah dikeluarkan oleh Puspendik (Pedoman Entry Nilai Raport dapat didownload di halaman http://suprikajen.blogspot.com/2013/01/pos-dan-peraturan-terkait.html)

Beberapa hal dasar yang perlu diketahui ;
1. Pada dasarnya hanya memindah nilai dari buku raport yang ada ke dalam sistem
2. Rentang nilai yang dientry adalah 0,00 s.d. 100,00
3. Sistem menyediakan 5 (lima) kolom jenis mulok, jika disekolah ada lebih dari lima maka pilih mulok- mulok yang bagus (dari segi nilai yang didapat siswa, dari program pengembangan sekolah/visi-misi, dll). Isi nomor urut dari 1 s.d 5, untuk singkatan klo tdk ada ketentuan umum bisa disesuiakan kehendak masing-masing sekolah (misal Baca Tulis Al-Quran disingkat BTQ)
4. Jika di buku raport ada nilai teori dan praktek akan tetapi di sistem hanya menyediakan  1 (satu) kolom nilai maka nilai yang dimasukkan adalah nilai rata-rata dari nilai teori dan nilai praktek
5. Utamakan entry nilai kelas akhir dulu karena nilai yang dientry akan dipakai sebagai perhitungan nilai UN
6. Batas akhir entry nilai raport adalah tanggal 30 Maret 2013
7. Khusus SMK di nilai Kompetensi Keahlian diambilkan dari nilai rata-rata karena sistem hanya menyediakan 1 kolom untuk nilai tersebut
8. Untuk Absensi siswa silahkan dientry di mapel "Ketidakhadiran"
9. Untuk nilai raport semester 6 dientry menyusul setelah selesai divalidasi wali kelas (paling lambat awal minggu ke empat nilai semester 6 sudah mulai dientry Operator Sekolah)
10. Untuk entry nilai Ujian Sekolah akan diberikan alokasi waktu tersendiri (sekitar 2 s.d 1 minggu sebelum pelaksanaan UN)
11. Untuk mapel yang tidak diajarkan dari semester 1 s.d 6 tetap dientry, sesuaikan dengan semester dimana mapel tersebut diajarkan ke siswa
12. Untuk siswa mutasi baik dalam kabupaten maupun antar kabupaten bahkan antar provinsi akan menemui banyak permasalahkan, solusinya begini :
--> Jika mapel muloknya berbeda maka nilai mulok dari sekolah lama jangan dientry dulu (karena kita belum tau apakah sudah ada aturan yang memperbolehkan mengkonvert nilai antar mapel mulok). Saya pribadi masih menunggu kesepakatan dari Panitia UN Kab. Pekalongan tentang aturannya
--> KKM siswa tersebut mengikuti sekolah sekarang, hal ini berkaitan dengan aturan menerima siswa mutasi, antara lain adalah :
- siswa dari sekolah swasta tdk bisa mutasi ke sekolah negeri
- akreditasi sekolah asal minimal sama dengan sekolah tujuan
- plus perhatikan pula untuk dimasa yang akan datang bahwa jika menerima siswa mutasi pastikan KKM sekolah asal (khususnya mapel yg di UN_kan) minimal sama dengan KKM sekolah tujuan) 


NB.
Jika sekolah membutuhkan sosialisasi secara langsung mohon untuk berkoordinasi dengan K3S, Bidang Dikmen dan Pengawas

Update !!!
1. untuk tanda pemisah gunakan tanda titik (.)
2. ada perubahan metode entry nilai KKM saat masa uji coba dengan sekarang, mohon konfirmasi dari teman-teman
3. Hasil dari rembug dengan beberapa Pengawas dan panitia UN Kab. Pekalongan, ada beberapa kesepahaman yang  didapat TERKAIT SISWA MUTASI ;
--> Untuk nilai mapel mulok BISA DIKONVERSI dengan catatan mulok yang setara (mulok provinsi ke mulok provinsi, mulok kabupaten/kota ke mulok kabupaten/kota, mulok sekolah ke mulok sekolah)
Untuk validitas dan legalitas dibuatkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah, surat tsb dilampirkan di BUKU RAPORT siswa.
--> KKM mengikuti sekolah sekarang, jika nilai siswa lebih rendah dari KKM maka dilakukan remidial (dikuatkan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah).
Untuk validitas dan legalitas dibuatkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah, surat tsb dilampirkan di BUKU RAPORT siswa.

48 comments:

  1. Yang buat sistem pendataan UN di Jateng siapa ?

    Apa dia tidak mencontoh sistem pendataan SNMPTN yang ada fasilitas import dengan excel ?

    Aturan POS UN 2013 padahal mudah, yang diinput cuma mapel UN semester 3-5 utk SMA/MA/SMK dan semester 1-5 untuk SMP/MTs. Saya yakin si programer sudah melihat POS UN 2013.

    Kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu kami klarifikasi beberapa hal :
      1. untuk pembuat web silahkan hubungi admin di pdkjateng.go.id
      2. mohon dibedakan entry nilai raport dengan Ujian Nasional, waluapun pada akhir muaranya sama tapi dasar dan sistemnya berbeda.
      --> Nilai raport atas dasar kebijakan dari Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan) Balitbang Kemdikbud, dasar dan tujuan dimintanya laporan nilai raport bisa ditanyakan langsung di http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/en/puspendik
      --> POS Ujian Nasional menyebutkan nilai sekolah sebagai salah satu faktor penentu kelulusan, NS diambil kan juga dari nilai raport (tidak semua semester)
      -->Dinas Pendidikan Provinsi Jateng membuat sistem raport online dengan salah satu tujuan utk memfasilitasi sekolah agar tidak entry 2 kali (entry nilai raport permintaan Puspendik dan entry Nilai Sekolah utk UN yang didalamnya ada unsur nilai raport)
      3. Klo dari sudut pandang saya pribadi sistem ini dapat meminimalisir kecurangan sekolah (siapa yang tidak tahu klo UN tahun kemarin siswa 100% lulus? salah satu sebabnya bukan karena guru rajin mengajar 24 jam sebagai pemenuhan sertifikasi tapi karena rame-rame buat raport baru)

      Delete
    2. OK, itu alasan yang masuk akal.

      Sekedar masukan dan saran :

      1. Kalau Jateng ingin membuat sistem entry nilai raport, mohon sistem dipermudah dengan import nilai lewat excel.

      2. Sistem diharapkan On terus, jangan ONline saat mau pendataan nilai UN saja biar kita sebagai operator ditingkat sekolah tidak kesulitan mengakses dan entry data kapanpun.

      Delete
    3. ini saya pribadi (buka langsung admin pdkjateng) kira-kira begini :
      1. import dari excel kedalam database (sql) secara visual tdk banyak masalah artinya bisa dilakukan, namun secara sistem (hanya bisa dilihat Administrator database) akan banyak masalah salah satunya yaitu banyak karakter tidak terpakai yang terimport ke dalam database, dan jika jumlah datanya banyak akan sangat merepotkan pengelola database untuk membersihkan.
      Contoh yang sering terjadi diexcel adalah karakter spasi
      2. Kemungkinan kedepan nilai raport akan di buka per semester, bisa jadi 1 s.d 2 bulan setelah penerimaan raport tiap semesternya
      trims atas masukkannya, akan kami sampaikan keluhan dan saran teman-teman operator ke admin provinsi

      Delete
  2. Kalau penginputan nilai disesuaikan dengan permintaan yang tampil di web, tidak masalah, tp bagaimana kalau kkm nya berbeda karena pindahan dari sekolah lain. apa untuk siswa pindahan KKM-nya beda dengan yang lainnya dan apa tidak akan bermasalah.

    mohon solusinya...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk KKM bisa tidak sama (bisa beda per tingkat, per rombel atau per siswa jika memang siswa tsb mutasi dari sekolah lain)
      sesuaikan saja apa yang yang sdh ditulis di raport, trims

      Delete
  3. Saya setuju aplikasinya harus On terus kalau akhirnya harus mengisi data raport dari semester 1 - 5, itu pun kalau sistem penilaiannya akan sama setiap tahunnya,. kalau tidak?? ganti terus, 2 tahun yang lalu saja sudah berbeda dengan tahun sebelumnya.......

    ReplyDelete
  4. Untuk SD bagaimana Mas Pri?
    Selama ini yang disebut-sebut kok SMP dan SMA terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SD/MI belum mulai pak, disamping keputusan Puspendik belum final kelas berapa yang mau dientry juga gantian bandwithnya, klo bareng2 dipastikan tidak cukup

      Delete
  5. Hari ini selasa 05 maret untuk masuk di bio system smp/mts/smplb kok nggak bisa ya? wah kalau ini berlangsung beberapa hari sampai kapan entry nilainya selesai, kepada siapa kami mengadu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disamping lalu lintas jaringan penuh, untuk server SMP memang kemarin sempat down

      Delete
  6. 1. untuk entry KKM bisa dilakukan 1 kali untuk semua siswa ya pak? kalau waktu ujicoba kemarin kan harus dientrikan per siswa.
    2. untuk entry nilai raport kelas 7 dan 8 apakah juga paling lambat sampai 30 Maret 2013 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. y betul ada perubahan pola entry KKM, saat uji coba entry KKM per siswa sedangkan sekarang menjadi per Tingkat. Kesulitannya mungkin akan muncul klo siswa pindahan dari sekolah lain, KKM di sekolah sebelumnya entrynya gimana?
      2. Valid kan yang kelas akhir dulu, untuk kelas rendah sangat mungkin ada tambahan alokasi waktu

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. 1. tidak hanya KKM yang berbeda? tetapi muatan lokal juga berbeda
    da siswa pindahan dari SMPN 1 Anjawinangun yg berbeda muatan lokal di SMP 1 Wonopringgo
    di SMPN 1 Anjawinangun
    muatan lokal bahasa sunda, bahasa cirebon dan budi pekerti
    di SMP 1 Wonopringgo
    muatan lokal bahasa jawa dan tata boga
    sedangkan entrynya pertingkat?
    bagaimana solusinya?
    2. untuk background warna mohon diubah dg warna yg lain karena warna merah mempengaruh terhadap performa kerja, di saat melihat kolom tsb lalu melihat angka yg akan diimput bikin mata cepat capek, apalagi saat melihat kolom yg banyak seperti di kolom pengembangan diri.
    di samakan saja dg kolom no, no induk, no peserta dan nm peserta.

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluhan dan saran sdh kami sampaikan ke Admin Dinas Prov. Jateng, sambil menunggu jawaban dari provinsi, kami berikan jawaban sementaranya ;
      1. Untuk siswa mutasi baik dalam kabupaten maupun antar kabupaten bahkan antar provinsi akan menemui banyak permasalahkan, untuk kasus diatas solusinya begini
      --> nilai mulok B. Sunda saat ini jangan dientry dulu (karena kita belum tau apakah sudah ada aturan yang memperbolehkan mengkonvert nilai tsb ke nilai B. Jawa. Hal ini belaku untuk nilai Mulok2 yang lain juga, sehingga untuk siswa tsb nilai mulok dari sekolah asal belum bisa dientry.
      --> KKM siswa tersebut mengikuti sekolah sekarang, hal ini berkaitan dengan aturan menerima siswa mutasi, antara lain adalah :
      - siswa dari sekolah swasta tdk bisa mutasi ke sekolah negeri
      - akreditasi sekolah asal minimal sama dengan sekolah tujuan
      - plus perhatikan pula untuk dimasa yang akan datang bahwa jika menerima siswa mutasi pastikan KKM sekolah asal (khususnya mapel yg di UN_kan) minimal sama dengan KKM sekolah tujuan)
      2. Untuk warna tampilan sdh kami sampaikan ke Admin Prov, semoga segera ditindaklanjuti
      Terima kasih.

      Delete
  9. pak untuk nilai pengembangan diri,di ketentuan biosistem kolom nilai diisi baik, cukup, kurang dan kolom keterangan diisi Penguasaan materi baik, sikap percaya diri dan kemampuan berargumentasi kurang, kerjasama dan kedisiplinan cukup.

    kalau disesuaikan dengan nilai di raport :
    a. pada kolom nilai boleh ga diisi A, B, C, D atau E ?
    b. pada kolom keterangan boleh ga diisi Sangat baik, baik, cukup, kurang ?

    trims

    ReplyDelete
  10. pak supri, saya mencoba entry nilai sudah 3 mapel selesai eh pas meh disimpan kok ada keterangan "Kesalahan akses database !" di monitor PC saya gimana solusinya yaaaaa???


    Mohon Pencerahannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. akses ke server terputus, silahkan cari koneksi yg lebih lancar atau entry di jam2 sepi

      Delete
  11. zaen. SMP Islam Simbang Wetan

    pak untuk nilai pengembangan diri, kalau sementara dikosongkan dulu boleh atau tidah dan akan berpengaruh pada kelulusan nanti apa tidak

    mohon penjelasannya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg langsung berpengaruh hanya nilai mapel UN

      Delete
  12. BIOS System OL ini memang bisa meminimalisir kecurangan.....tapi Saya kira ini cara yang sangatlah merepotkan....
    memang pengentrian dapat dilakukan dengan mudah...
    tapi ini sangatlah memakan banyak waktu...karena pertama kita harus merekap semua nilai, nggak mungkin kan kita lngsung mengacu dengan Rapot/Leger...itu sangat merepotkan sekali menurut saya
    padahal kalau melihat kecurangan,,,semua itu pasti terjadi..bagaimanapun caranya....bagaimanapun bentuknya....
    saya harap untuk tahun depan lebih dipermudahlah...biar kita sama-sama enak...
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, kami juga jadi tambah kerjaan pak

      Delete
  13. Mas pri...... apa per tanggal 1 April server di tutup? saya pusing... karena jml siswa 127. sampai saat ini blm kelar smua...
    Mohon pencerahan. matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperpanjang waktunya, silahkan lihat di http://suprikajen.blogspot.com/2013/04/informasi-dari-admin-dinas-pendidikan.html

      Delete
  14. Betul... Saiya pun akan menanyakan hal serupa..? Murid saiya peserta UN 0217 orang. Hari ini nilai US baru dikoreksi, trus kalau sudah ditutup, kapan kita ngentrinya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada info baru mohon dicermati http://suprikajen.blogspot.com/2013/04/informasi-dari-admin-dinas-pendidikan.html

      Delete
  15. Mas pri entry nilai raport kelas 9 yang dimasukkan smt 1-6 atau 1-5 kemarin waktu sosialisasi ktnya hanya smt 1 - 5 saja, tp jika dalam kolom entry ada smt 6 apakah jika kolom smt 6 tidak diisi akan mempengaruhi jumlah nilai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sesuai petunjuk entry nilai raport dari puspendik hanya semster 1,2,3,4,5
      2. sesuai POS UN nilai yg dipakai utk menghitung Nilai Sekolah juga hanya semester tsb

      Delete
  16. kalo saya dari tingkat SD sudah entri nilai raport pak, tapi sebatas simpan nilai saja belum melakukan validasi nilai... yang jadi pertanyyan malam ini login slah password and user padahal tadi siang masih bisa dan sudah saya tulis dengan benar..bantuan solusinya pak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. server hari ini masih perbaikan, semua user SD/MI tdk bisa login

      Delete
  17. saya dari MIN kemarin sudah entry sebagian kkm.sebatas simpan belum melakukan validasi nilai....barusan saya login salah password and username padahal passw and user udah otomatis dan saya tulis ulang... kok tetep tdk bisa masuk...mohon solusinya pak....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. server hari ini masih perbaikan, semua user SD/MI tdk bisa login

      Delete
  18. pak saya udah berhasil masuk tapi pas klik action kok formulir tdk muncul.cuma muncul kelas,paralel, antrian dan mapel.trus untuk isian formulir kok tdk muncul.mohon bimbingannya.terima kasih

    ReplyDelete
  19. gimana pak kok tetep tdk bisa....trus entri nilainya gmn????????????

    ReplyDelete
  20. gimanaaaaa pakkkk kok tetep tdk bisa??????????????????????padahal besok hari terakhir entri.......................

    ReplyDelete
  21. terkait postingan tgl 5 Maret 2013 08.12

    Dalam input nilai jenjang SD. Untuk KKM bisa tidak sama (bisa beda per tingkat, per rombel atau per siswa jika memang siswa tsb mutasi dari sekolah lain)
    Bagaimana cara input kkm yang berbeda dalam satu rombel, krn setahu sy kkm hanya diinput satu kali (u/ 1 rombel 1 mapel)
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke menu "Input Nilai" disana ada kolom KKM dan Nilai, silahkan edit di kolom KKM untuk siswa yang kkmnya berbeda dengan siswa yang lain

      Delete
  22. jika entry nilai sudah terlanjur divalidasi bagaimana solusinya ?
    punya saya kurang mulok b.inggris tapi malah ke klik.
    saya bingung.
    mohon solusinya.
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirim surat permohonan revisi nilai raport kirim ke subag program atau bisa juga surat tsb di scan/ di foto kirim ke email saya

      Delete
  23. saya dari SDN2 Brajan Prambanan, mau tanya kasus saya sama seperti sdr yaya M.wox, tapi di pengembangan diri, siswa nmr urut 11-15 kelewatan blm keisi,sedangkan yg lainnya sudah, kemudian saya print hasilya isian pd kolom kegiatan, nilai&keterangan jdi tumpang tindih, itu gimana ya? utk format surat permohonan revisi nilai raport itu seperti apa?almt e-mailnya apa? mohon solusinya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. memang hasil print out pengembangan diri tumpang tindih, biarkan saja karena yg dikirim ke provinsi hanya mapel UN
      2. Surat terserah sekolah sebisanya, saya admin kab. pekalongan hanya bisa membukakan akses revisi utk wilayah kab. pekalongan. Sekolah diluar wilayah tsb mohon menghubungi dinas pendidikan setempat
      3. alamat email ada di footer blog ini

      Delete
  24. Pak, punya saya sudah saya validasi, tapi ada bbrpa anak nilainya kurang dari kkm, contoh, matematika kkm 60, nilai 55, bermasalah tidak pak? kmrin pengin diganti 60 nilainya, tpi rapornya juga harus ganti donk? bikin rapor baru lagi donk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tdk semua jadi masalah, yg penting NS sdh dianalisis dengan SKLnya. Pastikan semua anak bisa lulus

      Delete
  25. duh, nilai raport belum keinput sem 1 dan 2, gara2 wali kelasnya ngasih telat, pas mau diinput udah ditutup. ada yang bisa memberi solusi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kirim surat permohonan ke panitia un kab/kota, nnt biar dibuatkan surat pengantar ke dinas prov

      Delete