Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Tuesday, December 10, 2013

Salah Satu Sebab Gagal Sinkronisasi Dapodikdas v 2.0.4

Ini tak ambil dari postingan di http://look-87.blogspot.com, semoga bermanfaat
Mungkin banyak yang mengalami
"SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE"
Jujur saja, saya juga pernah mengalaminya. hehe

Untuk yang sudah menggunakan Aplikasi versi 2.0.4 bila dalam melakukan sinkronisasi ada keterangan "SUCCESS INSERT NULL TABLE (FOR CONSISTENCY DATA), DATA UPTODATE" itu artinya
proses sinkronisasi mengalami kegagalan karena adanya beberapa data yang masih salah dalam pengisiannya, coba lakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Periksa kembali kolom pengisian "Data Pribadi" siswa pada bagian Tab Peserta Didik, biasanya disana ada beberapa kolom yang seharusnya dikosongkan, tetapi terisi oleh angka 0 atau tanda "strip" ( - ), seperti pada kolom "Berkebutuhan khusus, Nomor Telepon, Nomor HP, Nama Wali" dan rincian lainnya.. bila benar ada isiannya hapus isian yang bersangkutan.

2. Pada kolom "Data Rincian bagian Data Periodik" dalam hal pengisian jarak "kurang dari 1 km" meski jaraknya tidak diisi tapi waktu tempuh untuk kolom menitnya harap diisi.

3. Pada Tab PTK periksa kembali kolom "penugasan" terutama dalam pencentangan Keaktifan PTK, Bulan yang dicentang harus sampai bulan "Desember".

4. Pada Tab PTK bagian "Ubah", periksa kembali seluruh pengisian pada bagian "Edit PTK terutama pada kolom NIP, biasanya masih suka ada ditemukan pengisian dari hasil data prefill yang pengisian NIP-nya menggunakan spasi sehingga data NIP hilang sebagian.

5. Pada Tab PTK bagian "Data Rincian" periksa kembali dalam hal "Tugas Tambahan" dan "Rw. Jabatan Struktural" kolom ini seharusnya bagi guru tidak terisi datanya (dikosongkan), tetapi utk beberapa kasus masih banyak kolom ini yang terisi datanya, bila terjadi seperti ini maka hapus data isiannya.

NB :
- Kesalahan ini biasanya juga berpengaruh pada kesuksesan atau keberhasilan unduh "Profil Sekolah" dan "Absensi"

7 comments :

  1. INFO SINKRONISASI DAPODIK 2013
    by Asep Sulle Morana

    Pak Joko (Bagian IT Dapodikdas Kemdikbud) :
    Web kemendikbud server 59 ditutup sementara jangan, sinkron dulu karna data akan tumpang tindih menyebabkan server overload kemdikbud akan menambah server dengan kapasitas yang besar.... Isi kelengkapan entrian data anda. Mohon bersabar...

    Bang Riyan (Admin Dapodik Pusat) :
    Dalam waktu dekat akan diluncurkan patch 205, yang akan lebih mudah proses sinkronisasinya. Dan apabila sudah sinkronisasi dengan sempurna bisa langsung tarik PD/PTK baru/Tambahan/Pindahan ke tab utama/pembagian rombel. Tanpa melewati generate prefill.

    "SALAM SATU DATA"
    Berdasarkan info itu apakah kita harus menunggu patch 205 untuk sinkron pak supri, atau bagaimana? kebetulan saya belum mulai sinkron pak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. pandangan saya pribadi, klo pake versi 2.0.bisa sinkron y silahkan kirim, klo masih ada masalah y kita tunggu versi 2.0.5
      2. memang harusnya utk versi 2.0.4 setelah berhasil sinkron harusnya Op login ke Manajemen kemudian mengenerate prefill dan memasukkan ulang ke aplikasi.

      Delete
  2. tapi kalo di jabatan struktural kan ada jabatan untuk guru. jadi seharusnya dihapus pak?

    ReplyDelete
  3. Pak supri untuk kepala sekolah sd itu termasuk jabatan struktural atau fungsional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya kepala sekolah itu tugas tambahan, bukan jabatan

      Delete
  4. Pak,ketika saya log in aplikasi ,saya tidak bisa masuk ke PD,PTK alias tidak bisa dibuka log out juga tidak bisa pak,,kesalahan apa ini pak?

    ReplyDelete