Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Friday, August 1, 2014

Beberapa Alasan Memilih Layanan Gmail

Diawal bulan Agustus ini saya awali dengan postingan yang ringan saja dulu y, biar kepala tetap fresh sambil nunggu update info dapodik generasi 3.

Saya yakin semua teman-teman pasti sudah tahu apa itu email, layanan kirim, terima dan simpan surat elektronik yang saat ini sudah merupakan sebuah keharusan bagi siapapun yang sering berselancar di dunia maya, dan saya yakin hampir semua pengunjung blog pasti punya akun email, tapi apakah semua punya akun gmail?
Kemudian Kenapa harus gmail? padahal banyak pilihan lain? mungkin alasan-alasan dibawah ini bisa menjadi jawabannya.
1. Pertama yang saya suka dari gmail pasti karena free alias gratis, walaupun sudah pasti ada fasilitas yang premium alias berbayar.
2. Sampai hari ini kapasitas penyimpanan masih tanpa batas, berapapun jumlah email yang kita kirim, kita terima maupun kita simpan kuota penyimpanan tidak akan penuh karena semakin sering diakses maka kuota penyimpan akan otomatis terus bertambah sehingga kita tidak perlu repot-repot mendelete/menghapus email, yang membatasi hanyalah besar file yang bisa dilampirkan maksimal 25 MB.
3. Satu akun untuk semua layanan Google, kita bisa menggunakan user dan password yang sama untuk masuk ke layanan lain yang disediakan oleh Google sehingga kita tidak perlu repot-repot mendaftar dan membuat akun yang berbeda-beda. Pihak Google menyediakan beragam jenis layanan dari yang versi gratis sampai yang berbayar, antara lain Google Drive, Google+, GoogleTalk, GoogleDocs, Blogger, Google Webmaster, GoogleSync, dan masih banyak lagi.

Tiga hal diatas yang menjadi alasan utama saya memakai layanan dari google, namun pesan saya jangan dimakan mentah-mentah, sebaik apapun layanan yang disediakan kita wajib berhati-hati. Semua yang kita upload ke server google otomatis bisa diakses oleh admin google, baik itu tulisan pribadi di email, lampiran file, foto, biodata, password, dll, pastikan kita bisa memilah dan memlih apa saja yang kita upload.

Masih banyak alasan-alasan lain yang merupakan keunggulan google sebagai penyedia layanan free webmail, antara lain:
1. Anti Spam, dijamin gmail lebih aman dari kiriman email yang tidak bermanfaat dan kitapun bisa mengatur lebih lanjut email apa saja yang bisa kita terima.
2. Email Gampang Dicari, kita bisa mencari email yang pernah kita kirim maupun pernah kita terima walaupun sudah sangat lama tidak kita lihat. Gunakan fasilitas pencarian yang menjadi ciri khas dari Google (sebanding dengan fasilitas Search Engine Google) tinggal kita ketik kata yang diingat kemudian klik tombol “Search”
3. Pengelompokan Email, seberapapun banyak kita membalas/mereply emailkita bisa tetap melihat urutan email masuknya karena  gmail akan mengelompokkan email dengan judul/subyek yang sama, jadi kita tetap bisa melihat dan mengetahui urutan percakapan secara terus menerus.
4. Chatting Antar Teman, dengan sekali klik kita langsung dapat chating dengan teman/rekan/keluarga tanpa harus meninggalkan email-mail yang ada, hebatnya lagi arsip komunikasi chating kita akan tetap tersimpan jadi kita bisa melihat dan mencari komunikasi yang pernah ditulis.
5. Fasilitas “Label”, “Filter”, “Bintang”, tidak ada fasilatas gratis yang sehebat ini di server lain. Kita bisa mengelompokkan email dengan tanda “Label” yang dibuat sendiri, atau dengan melakukan filterisasi otomatis atau dengan memberi tanda “Bintang” untuk email-email tertentu.
6. Cek Email tanpa Komputer, kita bisa gunakan HP untuk melihat dan membalas Email Anda dimana saja tanpa harus membuka komputer. Lebih flexible and mobile (daftarkan No. HP di gmail for your phone).
7. Tidak ada Iklan Pop-up atau Banner, kita tidak akan terganggu oleh tampilan pop-up dan banner yang bertebaran kemana-mana saat membuka email, tetapi kita justru bisa melihat Iklan yang relevan dengan email kita dengan mengaktifkan fasiltas AdWord sehingga kita bisa mengetahui informasi dari sponsor yang kita inginkan.
9. Hemat Waktu, akses cepat sehingga kita tidak harus menunggu lama untuk membuka sebuah email.

No comments :

Post a Comment