Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Tuesday, August 5, 2014

Solusi Untuk Operator Sekolah Yang Tidak Bisa Login Verval NISN

Sejak beberapa hari yang lalu banyak pertanyaan dari teman-teman operator sekolah yang tiba-tiba tidak bisa login ke server http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Hal ini terjadi juga untuk user dinas (KKDatadik) termasuk saya pribadi juga mengalami hal yang sama.

Sesuai info dari mas Taufik Lone (Admin Database PDSP), kami coba sampaikan kronologi permasalahnya biar operator sekolah mendapat sedikit kejelasan;
1. Tanggal 4 Agustus 2014 pukul 22.00 WIB dilakukan perbaikan system database di server vervalpd, sesuai info perbaikan membutuhkan waktu antara 12 jam sampai dengan 24 jam.
Perbaikan bertujuan untuk penyatuan user di beberapa server psdp (single user), juga untuk penambahan menu di user dinas.
2. Terhitung mulai tanggal 5 Agustus 2014 sekitar pukul 09.53 WIB perbaikan database sudah selesai dan server vervalpd sudah dapat diakses.

Jika masih ada operator sekolah yang belum bisa login silahkan lakukan langkah sebagai berikut ;
a. Bagi operator sekolah yang belum terdaftar, silahkan lakukan registrasi di http://sdm.data.kemdikbud.go.id terlebih dahulu, klo bingung cari menunya bisa langsung klik http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru.

b. Untuk operator sekolah yang sudah terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id akan tetapi belum bisa login juga, silahkan lakukan konfirmasi ulang ke Admin PSDP dengan cara mengirimkan email konfirmasi user ke registrasisdm@gmail.com dengan dilampiri Surat Penugasan dari Kepala Sekolah. Supaya email konfirmasi user segera ditindak lanjuti sebisa mungkin file lampiran Surat Penugasan adalah hasil scan dari surat asli yang ditandatangani kepala sekolah dan di stempel.
Cara ini bisa dipakai juga untuk yang lupa password dan yang mau ganti user (ganti email, email lama sudah tidak aktif, dll)

c. Update info per tanggal 6 Agustus 2014 !!!
Sumber ; Jaya Nagara di groups dan inbox dari mas Roy Triadi (terima kasih sharing infonya)
Silahkan cek link ini http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=20203xxx, ganti 8 (delapan) digit terakhir dengan NPSN sekolah ada, kemudian masuk ke tab "Kontak" disitu akan tampil EMAIL sekolah, gunakan email tersebut untuk login dengan PASSWORD sesuai aplikasi dapodikdas v.2.0.8


Contoh blangko surat penugasan bisa lihat digambar dibawah ini, silahkan dimodifikasi sesuai standar persuratan sekolah masing-masing.

No comments :

Post a Comment