Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Saturday, August 23, 2014

Seleksi CPNS 2014

Kutipan dari halaman Beranda http://sscn.bkn.go.id 
"TRANSPARAN, AKUNTABEL DAN OBJEKTIF"

"Dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang profesional, berkualitas, dan bertanggung jawab, diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang kompeten melalui sistem pengadaan yang transparan dan akuntabel serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pemerintah akan melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah."

Beruntung sekali bagi teman-teman yang nanti bisa ikut seleksi CPNS 2014, disamping semua tahapan lebih transparan juga bisa dipastikan yang akan mendapat amanat sebagai Abdi Negara adalah orang-orang dengan kemampuan terbaik (tidak seperti rombongan saya, yang jadi pegawai karena nasib baik alias BEJO saja).

Harapan saya pribadi semoga banyak teman-teman OPS yang bisa ikut seleksi dan diterima sebagai CPNS di tahun 2014 ini. Namun saya yakin sebagian besar (termasuk saya pribadi lho) masih bingung cara pendaftaran CPNS Online. Sebenarnya di web sudah disediakan diagram ALUR PENDAFTARAN, namun karena belum semua link di web tersebut aktif maka justru membuat pengunjung awam seperti saya jadi bingung.

Sedikit untuk membantu teman-teman, kita coba pahami dulu dari awal, jangan terburu nafsu untuk langsung melamar sedangkan kita sendiri belum paham betul langkah-langkahnya.
Coba baca dengan teliti halaman ini http://sscn.bkn.go.id/sscn2014/informasi_umum.html
1. PROSES PENDAFTARAN
 
Silahkan cermati kalimat yang digarisbawahi, berikutnya geser halaman lebih ke bawah. Baca di Point PERSYARATAN PENDAFTARAN
Untuk nomor 1 s.d 8 saya anggap tidak ada masalah, kita coba pahami nomor 9 "Calon pelamar di seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website Panselnas di: https://panselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke SSCN di: http://sscn.bkn.go.id/;"

JADI ......
Langkah pertama sebelum kita melamar adalah registrasi (mendaftar) dulu di web https://panselnas.menpan.go.id. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum registrasi antara lain :
a. Lihat dulu Formasi Jabatan dan pendidikan (Ijazah) yang disyaratkan di halaman ini dan halaman ini
Akan tampil dua point UTAMA yakni : A. Formasi Nasional dan B. Formasi Daerah, masing masing formasi akan ada link nama Instansi dan nama Provinsi atau Kab/Kota, klik saja di link tersebut untuk melihat formasi yang tersedia.
Setelah menemukan formasi dan instansi yang cocok segera konsultasikan dengan orang tua, suami/istri, anak, dll karena pelamar hanya bisa melamar di 1 (satu) Instansi saja dengan maksimal pilihan formasi 3 (tiga) jenis. (contoh ; saya tidak bisa melamar di Kab. Pekalongan dengan Kab. Batang sekaligus walaupun masing-masing instansi tersebut membuka formasi yang cocok dengan ijazah saya, tetapi saya bisa mendaftar misalnya di Kab. Pekalongan dengan memilih formasi lebih dari 1 (maksimal 3) jika Ijazah saya memenuhi syarat untuk formasi-formasi yang tersedia tersebut)
b. Siapkan KTP
Pastikan nama di KTP sesuai dengan data Ijazah yang kita miliki.
c. Siapkan Email aktif, saran saya pakai Gmail
Untuk kategori email gratis saya rasa paling handal, disamping itu sangat mungkin tidak akan terjadi troubel akses (tidak seperti tetangga sebelah yang sering susah loading).
Perlu dicatat kita akan mendapat balasan dari Panitia Seleksi Nasional (https://panselnas.menpan.go.id) berupa Username dan Password serta alamat Link Registrasi (untuk login dan melamar di web http://sscn.bkn.go.id) ke email kita, jadi pastikan email kita aktif dan bisa diakses (dibuka).

Geser halaman http://sscn.bkn.go.id/sscn2014/informasi_umum.html lebih ke bawah (point 9 dan 10)
Setelah kita kita menetapkan pilihan instansi serta formasi, langkah selanjutnya adalah;
-> Mendaftarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan, Nama, Tanggal lahir dan Email) di web https://panselnas.menpan.go.id
-> Buka email anda, pastikan telah mendapat email balasan dari Panitia Seleksi Nasional (berupa Username, Password dan link Registrasi)
-> Buka link Registrasi yang diterima (http://sscn.bkn.go.id), lakukan login dengan Username dan Password yang telah diterima
-> Lengkapi biodata anda dan pilih Jabatan yang dilamar serta CETAK TANDA BUKTI PENDAFTARAN
-> Kirim Tanda Bukti Pendaftaran beserta dokumen persyaratan lainnya (masing-masing Instansi bisa berbeda) ke Panitia Penerimaan CPNS sesuai wilayah Instansi yang anda pilih.

2. PANDUAN PENDAFTARAN
Untuk langkah demi langkah pendaftaran SILAHKAN BUKA LEWAT HALAMAN INI.
Untuk pemahaman awal silahkan geser halaman http://sscn.bkn.go.id/sscn2014/informasi_umum.html lebih ke bawah

Catatan;
Supaya tidak ketinggalan informasi, sampai dengan awal bulan September 2014 sering kunjungi halaman ini :
1. Update Formasi Nasional
-> https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2
2. Update Formasi Provinsi dan Kab/Kota

-> https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/13-daerah/provinsi/kabkota
3. Update Jadwal Pendaftaran masing-masing Instansi
-> https://panselnas.menpan.go.id/index.php/status-data

Sambil menunggu pelaksanaan Ujian CPNS Online (CAT), latihan soal dulu versi Offlinenya  disini
Cara pendaftaran/registrasi online CPNS 2014 klik disini 

5 comments :

  1. Saya sudah mendaftar cpns melalui panselnas.menpan.go.id, tapi sampai saat ini belum mendapatkan email balasan dari panselnas, padalah sudah lebih dari 1x24 jam? Mohon penjelasannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah coba mendaftar, dalam waktu kurang dari 1 jam sudah dapat email balasan. sekedar pesan coba mendaftar lewat email gmail dan pastikan instansi yang dipilih sudah membuka formasi.
      ini bukti saya telah mendapat email balasanhttp://suprikajen.blogspot.com/2014/08/panduan-pendaftaran-cpns-2014-online.html

      Delete
  2. saya sudah masuk dan sudah dapat email balasan... tapi tidak ada cetak kartu bukti pendaftaran ..... luar biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencetak kartu pendaftaran, silahkan lanjutkan ke panduan ini http://suprikajen.blogspot.com/2014/08/lanjutan-panduan-pendaftaran-cpns-2014.html

      Delete