Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Monday, September 22, 2014

Solusi Untuk Operator Yang Sudah VervalPD Namun Kolom NISN Kosong

Sempat bingung saat dapat laporan dari beberapa Operator Sekolah jenjang SD, ketika klik menu UnMatch siswa Kelas 1 di tabel Residu (web http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id) siswa berhasil masuk ke tabel Referensi akan tetapi kolom NISN tetap KOSONG (NISN tidak otomatis tampil).

Setelah dapat pinjaman user akhirnya punya solusi juga, terima kasih untuk SD Negeri Rengas yang sudah bersedia dijadikan korban ujicoba.
Sebenarnya ketika Operator klik menu UnMatch di tabel Residu maka secara OTOMATIS siswa tersebut akan dibuatkan NISN BARU, namum karena satu dan lain hal (perkiraan saya karena kemarin-kemarin ada masalah koneksi di server) maka siswa yang di UnMatch tersebut masuk ke tabel Referensi akan tetapi kolom NISN tetap KOSONG.

Jika anda mengalami masalah yang sama seperti gambar di atas, silahkan lakukan langkah-langkah sebagai berikut;
1. Klik disalah satu siswa yang NISNnya masih KOSONG (dalam contoh ini siswa a.n. Adi Ferdian), kemudian klik menu UnMatch
 
2. Muncul jendela Konfirmasi UnMatch / Unlink, klik OK
3. Siswa akan hilang dari tabel Referensi dan akan kembali masuk ke tabel Residu
4. Masuk ke tabel Residu (siswa a.n. Adi Ferdian ada di tabel ini)
5. Klik siswa tersebut, maka di tabel bagian bawah akan muncul nama siswa yang sama dan telah punya NISN
6. Setelah muncul nama yang sama dibagian bawah, pilih nama tersebut, maka menu "Match" akan aktif (ada di samping kanan menu "Search Next")
7. Siswa akan masuk kembali ke tabel Referensi dengan membawa NISN tersebut.
Lakukan hal yang sama untuk siswa-siswa yang lain, cara ini bisa dipakai juga untuk melakukan koreksi (perbaikan) jika saat melakukan Match atau UnMatch di tabel Referensi terjadi kekeliruan.

4 comments :

  1. pkalo tempat saya malah ada beberapa yang kosong tapi bukan kelas 1 pak malah kelas 4,5,6 yang tadinya sudah tertera NISNnya.apa bisa cara seperti diatas?

    ReplyDelete