Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Monday, October 27, 2014

Cara Mencari NISN di Vervalpd Untuk Siswa Yang Sudah Lulus

Kami teruskan informasi yang cukup menarik dari blog http://al-maududy.blogspot.com

Belum meratanya informasi tentang verval peserta didik untuk keperluan penerbitan NISN ternyata menimbulkan banyak masalah, diantaranya  "gagal paham". Jauh-jauh hari sebelum siswa kelas akhir (kelas 6 dan 9) lulus, sudah disosialisaikan baik melalui bimtek maupun media sosial akan pentingnya verval pd. Akan tetapi seperti yang sudah diungkap di atas bahwa akses informasi tidak merata karena tidak semua OPS eksis pada media sosial. Kalaupun aktif di media sosial kadang-kadang timbul pemahaman yang belum pas atau yang lebih dikenal di kalangan OPS dengan “gagal paham”. Demikian juga jadwal bimtek dari pihak PDSP belum menyentuh ke semua daerah di Indonesia.

Beberapa masalah yang timbul akibat gagal paham ini, diantaranya adalah OPS terlanjur mengeluarkan siswa yang sudah tamat pada aplikasi dapodik sebelum melakukan kegiatan verval pd sehingga siswa tersebut belum (tidak diketahui) memiliki NISN. Tentu saja OPS menjadi kelabakan ketika pada blanko Ijazah mulai tahun ini NISN harus diisi. Itu artinya setiap siswa memiliki NISN adalah suatu keharusan.

Akhirnya pihak PDSP menjanjikan bahwa siswa yang sudah tamat tersebut akan dimunculkan kembali pada verval pd agar bisa diverval. Akan tetapi jarang yang mengetahui pada menu yang mana siswa sudah tamat tersebut diletakkan. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan cara untuk melihat dan menyimpan data siswa yang sudah tamat tersebut pada verval pd.

Setelah ketemu maka akan kelihatan apakah siswa yang bersangkutan sudah memiliki NISN karena sudah diverval oleh sekolah tempatnya melanjutkan atau belum. Jika sudah memiliki NISN maka tinggal dikutip NISN nya untuk dapat ditulis di ijazah. Jika belum maka yang bertugas melakukan verval adalah sekolah tempatnya melanjutkan (jenjang yang lebih tinggi).

Cara melihat data siswa yang sudah tamat pada aplikasi verval pd adalah sebagai berikut :

2. Pilih Tab Edit data >> Pengajuan >> Nama & Tanggal Lahir >> Klik tombol pilih siswa
3. Pada kolom Tingkat baris pertama (lihat gambar berikut) ketik angka 0 dan enter. Tunggu proses sehingga yang muncul adalah semua siswa yang berada pada tingkat (kelas) 0.
Siswa tingkat 0 menunjukkan bahwa siswa tersebut sudah LULUS. Jika sudah ditemukan jangan lupa untuk mengarsipkan dengan copy dan paste spesial ke file excel (format kolom di excel ke Text terlebih dahulu).

8 comments :

  1. saat ini untuk tab edit data hanya tersedia pilihan status, tidak ada pengajuan.....

    waktu login ke verval ada informasi untuk edit data nama dan tanggal lahir, lewat aplikasi dapodik

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali infonya mas youdee. menu tersebut tidak tampil mungkin karena saat ini proses edit nama dan tanggal lahir lewat aplikasi dapodikdas. kemungkinan menu akan aktif kembali setelah proses edit nama dan tanggal lahir didapodikdas dinonaktifkan.

      Delete
  2. bagaimana jika setelah ketik angka 0 dan enter namun tidak muncul nama-nama sama sekali alias kosong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan;
      1. sekolah belum pernah mengeluarkan siswa lewat aplikasi dapodik (baik keluar karena lulus maupun mjtasi)
      2. sekolah baru tahun ajaran ini (2014/2015) bisa login dan membuatkan nisn di web vervalpd

      Delete
  3. bagaimana caranya untuk menemukan nisn ,,.. tolong kirim link nya
    terimah kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo tidak punya akses ke web http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id, bisa dicoba lewat web http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

      Delete
  4. saya sudah keluarkan siswa yang lulus lewat proses dikmen namun ketika mau di buatin nisn dan saya ketik 0 tetap tidak muncul. gimana solusinya pak lok seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo siswa tersebut belum punya NISN yang terdaftar di web vervalpd maka jelas tidak bisa dicari lewat cara tsb. klo mau dibuatkan NISN maka siswa harus berada di kelas yang aktif

      Delete