Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Thursday, October 23, 2014

Pengaktifan Sementara Kolom Nama dan Tanggal Lahir Di Aplikasi Dapodikdas Versi 3.01

Untuk mengurangi kebingungan Operator Sekolah, terutama dari jenjang SD di wilayah Kabupaten Pekalongan.
Kami coba sampaikan informasi PENGAKTIFAN SEMENTARA kolom NAMA dan TANGGAL LAHIR di Aplikasi Dapodikdas Versi 3.01 yang rencananya akan segera di rilis.

Sangat Perlu kami sampaikan informasi ini karena baru saja di pelatihan Pengelolaan Data Pokok Pendidikan Jenjang SD yang telah dilaksanakan dari tanggal 29 September s.d 14 Oktober 2014 telah kami tekankan bahwa untuk perbaikan Nama dan Tanggal Lahir Siswa WAJIB lewat menu Edit Data di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Sehingga mau tidak mau informasi ini bertolak belakang dengan informasi yang telah disampaikan dalam pelatihan tersebut.
Untuk lebih jelasnya kami teruskan informasi dari Admin VERVALPD (Taufik Lone)
"Ada beberapa hal yang menyebabkan keluarnya kebijakan terkait masalah edit Nama dan Tanggal Lahir yang saat ini bisa di lakukan di DAPODIKDAS, tapi saya ingatkan sekali lagi ini sifatnya hanya sementara, pertama adalah bahwa PDSP berusaha mengakomodir kegalauan OPS terhadap prosedur edit data yang harus melampirkan berkas yang di syaratkan dan penumpukan berkas yang harus di proses, kedua, masih banyaknya Sekolah yang terlambat melakukakn VervalPD karena tidak meratanya penyebaran system informasi digital di seluruh Indonesia, ketiga, batas waktu penerbitan Statistik Pendidikan yang semakin sempit, sementara data yang dijaring dan di validasi oleh DAPODIKDAS dan VervaPD masih dalam proses, keempat, Persiapan data peserta UN/US 2014/2015 yang batas waktunya juga semakin sempit, selanjutnya setelah batas waktu yang ditentukan atas kebijakan tersebut selesai, Sekolah dan OPS bisa lebih konsentrasi dalam mempersiapkan data PD sehingga memperkecil penggunaan fasilitas Edit Data pada VervalPD, demikian sekilas penjelasan ini semoga bisa menjawab kegalauan teman-2 OPS"

Kurang lebih itulah yang dijadikan dasar dari pengambilan kebijakan pengaktifan kolom Nama dan Tanggal Lahir di Aplikasi Dapodikdas.
Pesan saya kepada teman-teman operator, mari manfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya, jika ada perbaikan segera di perbaiki, sangat mungkin diaplikasi dapodikdas berikutnya kolom Nama dan Tanggal Lahir akan di LOCK kembali. 

2 comments :

  1. vervalPD nya susah di buka..gimana nich...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. server vervalpd memang belum stabil dan masih terus dilakukan optimalisasi, klo bisa akses lewat jaringan speedy atau jardiknas

      Delete