Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Friday, June 12, 2015

Educational Geography Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu aset negara yang harus dipahami sebagai tanggung jawab bersama, pemerintah dan masyarakat.

Beranda; Perbedaan dalam penyusunan strategi untuk pengelolaan pendidikan, salah satu referensi adalah adanya perbedaan pola dan karakteristik daerah, dengan menempatkan Wawasan Nusantara sebagai dasar atau titik tolak penyusunan strategi pendidikan di daerah.

Perbedaan ini, salah satunya disebabkan oleh tumbuh kembangnya kondisi setempat, dan pengaruh dari tempat lain karena faktor letak geografis yang memunculkan saling interaksi antar lokasi.

Geografi sebagai ilmu pengetahuan mencoba melihat adanya perbedaan perilaku masyarakat, geografis, Sosial-Budaya dan lingkungan daerah yang satu dengan daerah lain, yang tentu akan berimplikasi pada sudut pandang pendidikan sebagai kebutuhan hidup bermasyarakat dan bernegara.

Galeri; “FOTO BERBICARA” (pilih dan unggah foto yang terbaik)

Galery ini merupakan sebaran foto-foto yang bersifat membangun dan dapat menambah wawasan  kita mengenai NUSANTARA, dengan “Foto Berbicara” dapat menggambarkan fenomema-fenomena lingkungan sekitar.

Fenomena Tumbuh Kembang Lingkungan dapat diklasifikasi menjadi dua hal, yaitu:
Lingkungan Fisik: (Letak Gegrafis, Sumber Daya Alam,Fenomena Daerah)
Lingkungan Non Fisik: (Masyarakat,Sosial-Budaya Masyarakat, Aktivitas Anak)

Pengelola data yang memiliki hobi fotography dapat berbagi hasil  jepretan kameranya dengan ulasan-ulasan dan koordinat lokasi foto yang diunggah (login).
Foto yang diunggah dengan melalui mekanisme approval terlebih dahulu dari admin.

Salam PSDP-K

NB: Karena EGI berdasarkan konsep "Geografi", maka foto yang diunggah merupakan Foto-foto yang berwawasan lingkungan, sedangkan foto-foto tentang kondisi sekolah di unggah di referensi satuan pendidikan. Dan pastikan koordinat dan ulasan foto yang akan di upload terisi.

Cara Upload Foto
1. Masuk ke alamat http://egi.data.kemdikbud.go.id klik menu Login

2. Akan otomatis diarahkan ke halaman sso.data.kemdikbud.go.id, gunakan Username dan Password yang terdaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id

3. Setelah berhasil login, klik segitiga kecil di pojok kanan atas

4. Akan muncul link-link Submenu, klik Upload Foto

5. Pilih foto yang akan diupload lewat menu Browse, lengkapi kolom-kolom isian yang ada dan jangan lupa untuk mendeskripsikan foto yang diupload dengan jelas, kemudian klik Simpan

6. Untuk melihat foto yang sudah kita upload, gunakan menu List Foto Pengguna

7. Foto yang lolos seleksi dan disetujui oleh Admin akan ditampilkan dihalaman http://egi.data.kemdikbud.go.id/index.php/canonymous

No comments :

Post a Comment