Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Thursday, March 14, 2013

Himbauan Pelatihan Pendataan Dikdas (DAPODIK) Tahun 2013

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemdikbud Nomor 3276/C.C5./KV/2012 tanggal 6 Agustus 2012 perihal Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Usulan Tunjangan Guru Melalui Data Pokok Pendidikan serta Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Nomor 421.2/2922 tanggal 16 Agustus 2012 perihal Pemberitahuan Pemanfaatan Dapodik untuk dasar Usulan Tunjangan Guru.

Sesuai surat tersebut diatas, awal tahun 2013 ini Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) telah menggunakan data DAPODIK sebagai dasar penerbitan SK Tunjangan, baik Tunjangan Fungsional, Bantuan Subsidi S1 maupun Tunjangan Profesi.

Tahun 2012 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan telah menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan Aplikasi Pendataan Dikdas, namun karena adanya proses mutasi dan promosi baik Operator maupun Kepala Sekolah serta banyaknya pertanyaan dari sekolah-sekolah maka untuk efektifitas serta keseragaman jawaban kami menghimbau kepada Saudara untuk mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Pendataan Dikdas di tahun 2013 ini. Sosialisasi sekaligus akan diisi materi cara update data Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.

Untuk menghindari tertundanya proses pencetakan SK Tunjangan diharapkan sosialisasi dan pelatihan mulai dilaksanakan dibulan Maret ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan akan membantu menyediakan narasumber, untuk tanggal pelaksanaan dimohon kepada Saudara untuk berkoordinasi ke Subag Program.

Surat resmi ditujukan kepada Kepala UPT se-Kab. Pekalongan, untuk download surat silahkan klik disini
Materi yang akan disampaikan dan peserta pelatihan klik disini

NB.
1. Surat resmi dapat diambil di ruang Subag Program.
2. Untuk jadwal bantuan narasumber bisa dicek disini

53 comments :

  1. Aplikasi yang dipakai masih sama dg yg semester 1 tidak mas,,,
    atau ada aplikasi yang baru lagi,,
    mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf aplikasinya ternyata ada yang baru tapi hanya di embel-embelnya, yang semula v 1.13.0.1 sekarang sdh ada yg v 1.13.0.1_plus
      silahkan teman-teman download di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/dload/aplikasi_pendataan_1.13.0.1_plus.zip

      Delete
    2. Selamat malam pak...saya ingin bertanya apa benar data di infopendataan bisa berubah...saya dulu D1 sekarang sudah S1 tapi yang tau pasword info pendataan sekolah kami sehingga data saya dibuat balik kesemula...kira-kira solusinya bagaimana ya pak...lalu saya sebenarnya guru namun saya dirubah statusnya jadi TU dengan alasan saya belum S1, namun setelah saya sudah S1 K2 tetep TU bagaimana ya pak merubahnya...tolong beri solusi ya pak? Terimakasih.

      Delete
    3. 1. data diserver bisa berubah klo ada kiriman database dari sekolah, sampai saat ini belum bisa merubah data langsung diserver secara online baik oleh operator sekolah maupun kab/kota
      Perubahan data hanya bisa dilakukan dengan cara merevisi di database kemudian dikirim ulang keserver
      2. Saya tidak berani mengira2 siapa yg merubah data anda, tapi dari hirarki admin maka yg bisa merubah hanya operator sekolah, admin kab/kota, admin prov dan admin pusat.
      Klo admin prov an pusat menurut saya sangat kecil kemungkinan (kerjaan yg lain saja masih banyak)
      3. klo anda operator sekolah silahkan login di http://pendataan.kemdiknas.go.id, nnt akan bisa melihat semua kiriman database ke server dari sekolah anda

      Delete
  2. assalamu'alaikum mas supri...
    kami sudah coba download, tapi waktu nginstall, file offlinedb nya gak ada, jadi nginstall tidak berlanjut...kenapa ya mas setelah di ekstrak folder offlinedb nya kosong?
    kemudian kapan ya sosialisasi ke UPT Dindikbud Kedungwuni dilaksanakan?
    maturnuwun
    wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan copy file 209.rar dari aplikasi lama atau bisa juga download dari link ini http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id:8080/offlinedb/209.zip

      Delete
    2. udah tak download offlinedb ne mas,
      terus langkah berikutnya apa lagi..
      maaf sudah lama ga update dapodik akhire lupa..

      Delete
    3. copykan ke master aplikasi di dalam folder "offlinedb" (file 209.rar biarkan dalam bentuk rar/zip jangan diextrak). Sedangkan master aplikasinya wajib diextrak

      Delete
  3. PAK supri, untuk pendataan semester 2 menggunakan aplikasi baru lagi ya, kemudian untuk aplikasi sebelumnya otomatis harus di uninstall lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. y, serinya masih sama cuma utk yg baru ada embel2 _plus
      2. y uninstal dulu, jangan lupa di Backup Lokal supaya hasil entryan sebelumnya bisa diambil lagi

      Delete
  4. Pengisian ini Untuk jam mengajar guru yang PNS apakah harus 24 jam, kalau kurang dari 24 jam gimana pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo memang kenyataan di sekolah tdk ada 24 jam y jangan dipaksakan, guru yg wajib 24 jam adalah yang mendapat tunjangan sertifikasi

      Delete
  5. berdasarkan http://suprikajen.blogspot.com/2013/03/informasi-update-data-semester-2.html data semester 2 sdh terlanjur saya kirim ,,, gimana pak ?

    ReplyDelete
  6. Mohon kiranya ada petugas operator cadangan utk mengantisipasi bila yang inti berhalangan. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, silahkan sekolah membuat SK Tim Pendataan, anggotanya terdiri dari 1 penanggung jawab dan minimal 1 operator (klo bisa lebih dari 1), contoh SK ada diblog ini

      Delete
  7. pak, saya mau tanya....

    pada reporting progres pendataan, jmlah PTK di sklh kami tertulis **). sdgkan rombelnya 9 (pdhl di sklh kami, rombelnya 11)
    setelah di betulkan dan dikirim lagi, knp kolom PTK masih tertulis **) dan tidak ada perubahan??
    mohon bantuannya... trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman yg sudah2 itu biasanya karena dulu waktu entry PTK menggunakan format excel dari sekolah lain, untuk anda apa kasusnya seperti itu?

      Delete
    2. seingat saya, tidak prnah ngerjakan lewat format exel pak. ngentry data ya pake aplikasi yang ada itu.

      trus, status pengiriman kami: "Berhasil diproses dengan pengecualian". n diliat di Manajemen Pendataan, statusnya sudah "Terverifikasi".

      ini solusinya bgimana pak?
      trims sebelumnya....

      Delete
    3. coba cek data yg ada diserver apakah semua PTK sdh masuk, ini alamatnya http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id

      Delete
    4. sudah.
      sudah saya cek di web itu,PTK dan rombelnya sudah betul semua.
      tp knp di info msih tetep tampilannya???

      klo udah gag bisa diapa2kan lagi pak, apa tanda bintang itu berpengaruh terhadap PTK di sekolah kami pak?

      Delete
  8. mas supri,.,
    berarti aplikasi lama di uninstal trz instal aplikasi dapodik plus gitu pok mas??
    hla kalo kita restore data di aplikasi lama kan masih ada kepala yang lama,,itu di hapus atau cuma ditambahkan kepala sekolah yang baru untuk semster 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yup betul, jangan lupa backup lokal dulu
      2. utk PTK yg mutasi maupun pensiun jangan dihapus, tapi cukup ganti isian di kolom statusnya

      Delete
  9. Aq sudah mencoba aplikasi yg _Plus
    tp saat mau kirim ke server di temukan kendala berupa
    "ditemukan nilai kosong pada rombongan belajar rombel kelas 1 pada kolom moving class di tabel rombongan belajar tahun 2011"
    seperti ada 6 sesuai jmlah rombel,,
    Bagaimana Solusinya mas..???
    mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ketemu 1 lagi perbedaaan antara yg _plus dan bukan, gini solusinya;
      1. Masuk ke Sekolah-->Rombongan Belajar
      2. Ditabel Rombel klik tanda panah melingkar yang ada dibagian bawah, nnt akan muncul data rombel2 ditahun ajaran yg lalu
      3. Isi kolom Moving Class yg masih kosong
      trims infonya

      Delete
    2. lha moving class diisinya "Ya atau Tidak " mas,,
      dasarnya apa,,???
      kl semisal kelas 1 tahun 2011 PTK an Budi,
      th 2012 PTK an Andi
      Berarti untuk yg 2011 Moving class diisi apa?? " Ya atau Tidak "
      mksh

      Delete
    3. arti moving class adalah rombongan belajar yang proses pembelajarannya tidak menetap dalam 1 ruang kelas disemester tsb, contoh mudahnya di Universitas mahasiswa akan mencari dosen dan ruang belajar yang berbeda tiap mata kuliahnya. Utk Sekolah yg tdk seperti tsb pilihanya "Tidak"

      Delete
  10. waktu nginstall, file offlinedb nya gak ada, jadi nginstall tidak berlanjut...??? solusinya gimana pak supri... mohon pencerahannya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id:8080/offlinedb/209.zip

      Delete
  11. hasil Laporan Koreksi Data Tunjangan Profesi
    per tanggal 12 Februari 2013 ada yg Tidak Memenuhi Syarat dengan keterangan

    1. Bidang Studi Sertifikasi dinilai tidak valid;
    2. Tanggal Pensiun dinilai tidak valid;
    3. Status Kepegawaian dinilai tidak valid; "
    kesalahannya dimana padahal operator sudah mengisi dan sesuai?
    mohon penjelasan,, maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sdh kirim data semester II dengan status kiriman database sudah Berhasil Diproses? klo sdh silahkan cek datanya di pptk

      Delete
  12. pak supri, saya sudah mencoba aplikasi pendataan terbaru v 1.13.0.1_plus, pada waktu saya mencoba menginput data ptk di rombongan belajar baru semester II ,pada salah satu ptk kok tidak bisa di input, terdapat tulisan " data ptk tidak memiliki record terdaftar" padahal saya lihat di kolom ptk sudah terisi lengkap.itu kenapa pak? makasih..

    ReplyDelete
  13. satu lagi pak supri, pada waktu saya menginstall aplikasi terbaru, proses install berhasil dan registrasi ulang berhasil ,kemudian saya restore hasil back up data semester 1 tapel 2012/2013, restore berhasil, ada tanda centang merah semua, cuman ada tulisan error query, kemudian saya restart aplikasi, saya coba buka kembali aplikasi bisa,kemudian saya coba buat rombel belajar baru, saya coba input ptk baru,ada satu ptk yang tidak bisa input seperti yang saya ceritakan di komentar saya sebelumnya. kemudian saya tutup aplikasi lagi. pada waktu saya mau buka aplikasi lagi terdapat tulisan sistem mendeteksi bahwa sekolah undefined, kemudian di suruh uninstall aplikasi lagi dan lakukan registrasi atau restore kembali (aplikasi tidak bisa di buka). itu solusinya bagaimna pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo repot tdk harus pake yg _plus, yang 13.0.1 tanpa plus juga tidak masalah

      Delete
  14. pak supri,, saya sudah upload data tapi statusnya cek konversi tahap 2.
    dan saya cek di info pendataan pada rombel terisi **). padahal rombel sudah saya isi, tapi kok kosong? solusinya bagaimana???
    terima kasih sebelumya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kiriman data semester 2 blm berhasil diproses (masih cek konversi) data yang tampil di info pendataan berarti kiriman data semester 1.
      Dari sekolah mana?klo dari wilayah kab pkl bs tak cek di servernya

      Delete
  15. pak..setelah restore database semester 1,untuk mengisi semester 2 apa tinggal di edit datanya saja..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. login ke semester 2
      2. masuk ke rombel, lakukan mapping ulang utk siswa dan ptk sesuai data semester 2

      Delete
  16. Maaf mas....numpang nanya...lok di tabel Status app dan Database ada pesan"Data Yan diterima berhasil diproses namun masih terdapat data invalid" maksudnya apa? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa data yang setelah diproses server ternyata masih belum sesuai atau blm lengkap dibagian2 tertentu, klo menurut perkiraan saya kemungkinan karena anda blm menggunakan aplikasi yang plus (13.0.1_plus) karena di aplikasi yang plus ada validasi tambahan salah satunya kolom "Moving class" wajib diisi

      Delete
  17. mas supri maaf numpang nanya dan tolong dijelaskan. yang jadi permasalahan jam mengajar guru ketika di cek dalm Verifikasi data guru ko jam ngajarnya tidak masuk? padahal ketika dikeluarkan propil sekolah dalam aplikasi dapodiknya sudah tid ada masalah dalam arti jam ngajarnya sudah ada? mohon penjelasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan data update dapodik terbaru blm Berhasil Diproses, silahkan cek disini dulu http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id atau lebih lengkap disini http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
      hanya data yang dengan status Berhasil Diproses yg akan diambil oleh server tunjangan

      Delete
  18. Saya mau tanya,bgaimana mengisi moving class yg kosng

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. masuk ke tabel Sekolah-->Tampilkan data Rincian Sekolah-->Rombongan Belajar
      biasanya data yg kosong ada di rombel tahun ajaran kemarin (2011-2012), untuk memunculkan rombel tahun kmrn di tabel Rombongan Belajar cari tanda panah melingkar yang ada di bawah tabel Rombel, klik nnt akan akan muncu rombel tahun kemarin dengan kolom Moving Class yg msh kosong, silahakn isi dengan pilihan "Tidak" kemudain tekan Enter
      2. saat akan login ke aplikasi pilih Semester 2 tapi di Tahun Ajaran 2011-2012, nnt mauk juga ke Rombongan Belajar, cari rombel yg kolom Moving Classnya kosong

      Delete
  19. untuk ptk, pada kolom terdaftar dan tugas tambahan bila ybs guru sekaligus kepsek,,,pengisiannya gimana???
    1. apakah status kepsek+guru disertakan dalam kolom tugas tambahan dan riwayat terdaftar
    2. atau kepsek di kolom tugas tambahan dan guru diriwayat terdaftar saja
    3. atau yang lain gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tabel Tugas Tambahan cukup kepsek saja, tabel Riwayat Terdaftar boleh diisi 2 sebagai kepsek dan sebagai guru

      Delete
  20. Numpang lewat ni pak.
    saya sudah merevisi data PTK disekolah khususnya pada RINCIAN ROMBEL, tapi sampai sekarang saya masih bingung tentang Aplikasi pendataan, Manajemen pendataan Online VS Pengecekan PTK.
    * ada 6 guru yang mengajar termasuk kepala sekolah.
    * saya sudah cek berulang kali pada aplikasi pendataan, seluruh PTK mengajar SESUAI dengan bidang study dan tugas mengajarnya masing2.
    * saya juga sudah cek di manajemen pendataan online yang hasilnya SAMA pada aplikasi pendataan.
    permasalahan:
    ### Kenapa setelah di cek pada pengecekan PTK, 1 diantara 6 guru yang sekaligus kepala sekolah datanya tidak sama dengan yang telah saya entry di aplikasi pendataan?? dan yang telah terekam di manajemen pendataan online??? ada yang salah?? mohon solusi???
    kasus yang ada di pengecekan PTK:
    1. mapel IPA kelas 7,8,9 menjadi 5 jam yang seharusnya 4 jam
    2. mapel IPA dan TIK kelas 7 jadi 2 guru. guru A dan guru B yang mengajar. seharusnya hanya guru B.


    best regard.

    ANT

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak bisa menjawab dengan pasti karena tidak mengecek data secara langsung, saran saya segera koordinasi ke dinas kab/kota setempat.
      klo boleh tahu apa pernah menghapus rombel di aplikasi dimana data diaplikasi tsb telah dikirim ke server?

      Delete
  21. Pak supri, bagaimana dengan dapodik smestr 1 2013/2014.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. nunggu aplikasi baru dibagikan ke kab/kota, rencana petengahan bulan Juli
      2. utk kab. pekalongan rencana akan saya adakan pelatihan lagi setelah lebaran

      Delete
  22. Pak, Help me please!
    pada dapodik 2013 sekolah saya, : "rombongan belajar tidak ditemukan pada semester yang lalu" ITU BAGAIMANA YA PAK>? apa yang harus saya lakukan?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. hal tersebut terjadi karena di pendataan tahun pelajaran kemarin siswa tdk di tarik ke rombongan belajar.
      2. sampai dengan aplikasi versi 2.0.3 utk invalid ini blm ada solusinya, karena kita tdk bisa masuk ke tahun ajaran kemarin.
      3. coba hubungi langsung Pengembang, nomer kontak bisa di lihat di file "readme" (ada di C/Program File/Dapodikdas)

      Delete