Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Tuesday, December 10, 2013

Sebab Belum Bisa Memindahkan Peserta Didik dan PTK ke tabel Utama

Masih banyak yang perlu diperbaiki pada aplikasi Dapodikdas 2013 Versi 2.0.4 ini, yaitu saat kita berhasil melakukan sinkronisasi apa yang terjadi ketika kita Login Management? apa yang terjadi pada tabel Log Sinkronisasi? apa yang terjadi pada tabel Tambah yang menampung data siswa dan PTK baru?

Beberapa teman Operator Sekolah yang melakukan sinkronisasi ada yang berhasil dan ada yang belum, ada yang bisa Login Management dan ada yang belum, dan BELUM ADA yang berhasil memindah PD dan PTK baru dari tabel Tambah menuju tabel Utama secara OTOMATIS. Ada yang bisa sih, tapi melalui jalur belakang, tapi hasilnya juga semua data ditandai merah, karena jalur belakang hanya bisa membuat tanda merah pada PD atau PTK, nanti data dipindahkan secara manual, kelemahannya Operator harus melengkapi data dari A-Z. Sedangkan bila ingin datanya otomatis lengkap maka harus bisa dipindah OTOMATIS oleh SERVER, karena data lengkapnya PD dan PTK ada di server.
Jadi, lebih baik menggu bisa dipindah OTOMATIS oleh server, dari pada input manual PD dan PTK Baru

Ini saya lampirkan juga ulasan dari rekan saya "Arif Bayu Kartiko" :

"Saya sempat ragu ke aplikasi 2.04 yg baru diluncurkan.
kalau di cermati di group manapun tdk ada yang sukses memindahkan PD/PTK ke Tabel utama setelah melewati tahap singkronisasi bahkan ada yang sampai 20 kali .
dalam benak saya apakah aplikasi ini hanya memperbaiki bug entry data saja tanpa memperbaiki proses singkronisasi (singkron akan perbaiki di path berikutnya)
ternyata salah dugaan saya setelah saya konfirmasi dengan beberapa narasumber aplikasi ini sdh di desain jg untuk singkronisasi bahkan pernah di coba sama tester (tapi jaringan tdk seramai ini) dan itu sdh berhasil memindahkan PTK/PD dari tabel penampung
Sekarang yang menjadi pertanyaan kalau itu masalah jaringan dan server apakah mungkin path 2.05 (kabar pertengahan bulan) menyelesaikan masalah ini..(singkronisasi) ..
Kita berdoa aja kasihan tim pusat berfikir keras cari solusi .."


Jadi sebelum Dapodikdas V 2.04 terjadi expired date, Patch Dapodikdas 2013 Versi 2.05 akan diluncurkan, kira kira demikian.
Dan berikut saya juga lampirkan Screnshoot percakapan dengan salah satu pengembang Aplikasi Dapodikdas 2013.

Nah, kalo sudah demikian bagaimana?
Kalau saya pribadi, mending tidak berhasil memindah PTK atau PD baru dari tabel Tambah ke tabel Utama, kenapa? karena saya tidak mau repot, karena kalau sampai berhasil, nanti paling tidak masih melakukan editing data lagi, belum lagi kemungkinan server down yang bisa menyebabkan tidak bisa memindah secara otomatis baik PD atau PTK ke tabel Utama, dengan kata lain kemungkinan besar hanya ditandai merah dan kita memindah ke tabel Utama secara manual, dan kalo sudah seperti itu nanti kita ngisi data rinci satu persatu (PD/PTK yang baru dipindah manual), anda mau?? kalo saya, jelas tidak mau. hehe

Kemudian ada pertayaan lagi, terus nanti untuk pencairan dana BOS 2014 triwulan pertama, bagaimana jika siswa tidak bisa dimasukkan ke tabel Utama?
Jawaban saya, tidak usah khawatir, karena siswa yang berada ditabel penampung (Kelas 7) sudah memiliki ID dari aplikasi yang secara otomatis sudah terdaftar dan terhitung sama seperti siswa yang sudah ada di tabel utama (Kelas 8 dan 9).
Asal jumlah antara siswa di tabel utma dan tabel penampung sudah sesuai dengan jumlah aslinya, InsyaAllah tidak ada masalah dalam pencairan dana BOS 2014 triwulan pertama.

Disadur dari http://look-87.blogspot.com, dengan beberapa revisi.

8 comments :

  1. pak supri dapodik saya kok malah jadi kacau balau gmn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak laporan dari sekolah lain juga, klo panjengan data apa yg hilang?

      Delete
  2. ass, pak supri, mohon bantuannya knapa jumlah ptk dan pd yang sudah di keluarkan kog masih tertera pada saat sinkronisasi. tirms.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ptk dan pd yang dikeluarkan sampai saat ini saya belum dapat informasi apakah datanya akan hilang dari tabel PTK Keluar dan PD Keluar, sepengetahuan saya sampai saat ini data tsb akan tetap kesimpan di tabel tsb. nanti akan saya cari info lagi, terima kasih.

      Delete
  3. duh, tapi klo lama gk bisa masuk ke tabel utama, kita tidak bisa mengisi pembelajaran rombel, di tempat kami ada 5 PTK mutasi. gimana donk? mana itu ada PTK yg baru kemarin lulus PLPG katanya pengajuan sertifikat dari Dapodik SD yg baru, kita jadi sasaran mas.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dasar cetak SKTP data dapodik bisa diperbaiki sampai bulan januari, semoga server dan aplikasi bisa segera diperbaiki. saya secara pribadi juga dibuat pusing dengan dapodik baru ini karena tidak ada info resmi dan valid di web http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/

      Delete
  4. pak, apakah kepala sekolah yg PLT harus d masukan?
    krna kepala sekolah sbelumnya udh pensiun.
    Dan apakah tidak mengganggu sinkronisasi klo kepala sekolah nya belum di pilih?
    terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. saran saya, sebisa mungkin data di dapodik sesuai kenyataan di sekolah
      2. kepsek blm dipilih tdk mengganggu proses sinkron

      Delete