Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Sunday, July 13, 2014

Alamat Web Generet Prefill Dapodikdas

Walaupun sudah terlambat dan sebagian besar teman-teman Operator Sekolah sudah mengetahui, namun tidak ada salahnya tulisan ini saya buat. Disamping masih ada beberapa yang belum mengetahui (terbukti dari masih adanya permintaan generet prefill ke email saya) juga sengaja saya tulis disini untuk sarana arsip.

Sudah lebih dari 2 (dua) bulan alamat generet prefill di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id//PREFILL_FINAL/generate_prefill.php? tidak mencantumkan user dan password login, sehingga masing-mamsing operator bisa melakukan generet prefill secara mandiri tanpa perlu meminta bantuan dari KKDatadik Kab/Kota maupun Admin Dapodik Pusat.

Untuk melakukan generet prefill operator cukup memasukkan NPSN atau Kode Registrasi Dapodikdas.  Setelah proses generet prefill selesai, maka operator dapat mengunduh file prefill baru hasil generet tersebut di alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Untuk mendownload file prefill hasil generet operator harus memasukkan Kode Registrasi Dapodikdas.

Yang sangat penting untuk menjadi perhatian adalah saat proses registrasi ulang aplikasi dapodikdas, biar data dari file prefill dapat masuk ke aplikasi secara sempurna, pastikan kondisi laptop/komputer dan browser dalam keadaan normal ( komputer bersih dari virus serta firefox/chrome bersih dari add-ons). Saran saya akan lebih baik jika sebelum melakukan registrasi ulang sebaiknya instal ulang dulu laptop/komputernya. Dari pengalaman, saya sering menemukan laptop sekolah dalam keadaan memprihatinkan (hardware sebagian besar masih bagus tetapi software windows sudah tidak berjalan normal). Mohon untuk menjadi perhatian Kepala Sekolah dan Bendahara BOS untuk mencantumkan anggaran instal ulang laptop/komputer secara berkala (bisa 2x dalam setahun). Sebisa mungkin juga jangan asal colok flassdiks yang tidak tahu pasti telah mampir kemana.

No comments :

Post a Comment