Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Saturday, August 16, 2014

Panduan Menghapus Data PTK Ganda Di Dapodikdas Versi 3.0.0

Ternyata sudah lumayan banyak operator sekolah yang mulai mengupdate data dapodikdas semester 1 tahun pelajaran 2014/2015, terbukti sudah ada beberapa pertanyaan ke email tentang bagaimana cara menghapus data ganda di dapodikdas 3.0.0 ini.

Mohon jangan sembarangan menghapus data, hanya data GANDA (DOUBLE) saja yang boleh
dihapus. Jika ada PTK yang MUTASI, PESIUN, MENGUNDURKAN DIRI ataupun MENINGGAL DUNIA, datanya tidak boleh dihapus akan tetapi di keluarkan lewat menu "Penugasan".
Panduan ini saya coba di data PTK, namun bisa digunakan juga di data Peserta Didik karena prinsipnya sama. Inilah tahap demi tahapnya;
1. Masuk ke tabel PTK, cari data PTK yang ganda. Cek dulu datanya (termasuk data-data yang ada di tabel Rincian). Data PTK yang lengkap yang kita pakai sedangkan yang datanya kurang lengkap (isian datanya lebih sedikit) akan kita hapus.
2. Untuk menghapus kita kosongkan dulu data Penugasannya, dengan memilih PTK kemudian klik menu "Penugasan (2014/2015)"
 

3. Masuk ke jendela Penugasan klik tombol Hapus

4. Muncul jendela peringatan "Yakin akan menghapus?" pilih Yes

5. Setelah Penugasan kita hapus (terlihat kolom "Sts" akan berwarna MERAH dan kolom "Tgl Surat Tugas" menjadi KOSONG), klik menu Hapus, seperti gambar dibawah ini

6. Muncul jendela "Hapus Data" pilih Ya

7. Akan muncul jendela "Data Turunan PTK", jika ditabel ini masih ada data yang angka di kolom Jumlah belum 0 (nol) maka tombol "Hapus" tidak aktif.
Dalam contoh kasus dibawah ini masih ada di Tugas Tambahan yang belum 0 (nol), kita tutup dulu dengan klik tanda Silang (X) di pojok kanan atas.

8. Untuk menghapus isian di Data Turunan kita masuk ke tabel PTK klik menu "Ubah". Semua data yang perlu dihapus ad di tabel-tabel "Data Rincian" (ada dibagian bawah)
 

9.  Hapus semua isian yang ada, jika isian lebih dari 1 (satu) baris maka hapus satu persatu sampai habis

10. Setelah semua isian di tabel "Data Rincian" dihapus, silahkan kembali ke tabel Utama PTK dan kita klik menu "Hapus" yang ada dibagian atas

11.  Muncul jendela konfirmasi "Hapus Data" pilih Ya

12. Akan muncul jendela "Data Turunan PTK". Jika semua data turunan telah dihapus ( bisa dilihat di kolom Jumlah semua isian 0 (nol), maka tombol Hapus sudah aktif, klik saja kalau sudah yakin akan menghapus datanya.

14. Hasilnya data PTK akan hilang dari tabel PTK

Sesuai info dari Relawan Dapodik, proses ini sebenarnya tidak menghapus data secara total 9tidak 100% terhapus dari database) akan tetapi hanya menonaktifkan saja data PTK yang tidak terpakai.

6 comments :

  1. terima kasih banyak yaa buat pemilik blog ini,,,sungguh2 sangat membantu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih juga sudah berkunjung.

      Delete
  2. saya guru honorer SD, JJM sudah terpenuhi 26 jam dan data sudah valid semua masa kerja 6 tahun, tapi pada info PTK untuk SKTF nya tidak muncul tertanggal 5 september padahal teman honorer satu sekolah saya sudah keluar.. mohon pencerahanya mas supri.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya teruskan jawaban dari pengelola Tunjangan Fungsional Kab. Pekalongan "Bagi GTT yg dpt Tunjangan Fungsional mnurut informasi pusat, kendala terjadi di KPPN.. krn KPPN nggunakan aplikasi baru yg memverivikasi data dgn sangat detail... satu ksalahan kecil data saja, maka smua data dlm satu SPM ikut kena imbasnya, yaitu tdk dicairkan tp dikembalikan utk diperbaiki dulu SPM yg datanya salah itu.."

      Delete
  3. untuk PTK yang tidak bisa terlihat gmana pak, masih ada yang dobel tapi tidak bisa terlihat di dapodik

    ReplyDelete
    Replies
    1. di server dapodik menu progres pengiriman (http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport) ada datanya tidak?
      klo ada silahkan generet dan registrasi ulang

      Delete