Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Wednesday, August 27, 2014

Panduan Pendaftaran CPNS 2014 Online

Kami lanjutkan panduan tahap demi tahap Pendaftaran CPNS 2014, postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya (Seleksi CPNS 2014), kami ingatkan sebelum memulai panduan ini pastikan sudah membaca postingan tersebut. Kesalahan kecil yang anda lakukan bisa berakibat fatal yakni anda tidak bisa mengikuti CPNS 2014 Online.

Setelah anda paham betul postingan Seleksi CPNS 2014, silahkan lakukan langkah registrasi di https://panselnas.menpan.go.id, berikut kami tampilkan langkah-langkahnya :






1. Silahkan klik link ini, akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini. Tunggu beberapa detik sampai muncul menu SKIP AD, klik menu tersebut.
Akan masuk ke halaman Formulir Pendaftaran CPNS 2014 di web https://panselnas.menpan.go.id

2. Sebelum mengisi Formulir Pendaftaran, baca dulu keterangan di bawah tulisan PERHATIAN (dan juga postingan diblog saya sebelumnya). Setelah anda paham betul, silahkan isi Formulir Pendaftaran CPNS 2014 dengan data yang valid. Ingat data yang anda masukkan akan divalidasi, jika anda salah mengisi data bisa jadi pendaftaran anda tidak akan disetujui.

3. Pilih Instansi yang akan anda lamar (hati-hati, anda hanya dapat mendaftar 1 kali). Jika pilihan Instansi belum muncul maka jangan dilanjutkan prosesnya (tunggu beberapa hari sampai pilihan Instansi muncul), jangan sekali-kali memilih Instansi lain. Cek jadwal pendaftaran lewat link diakhir halaman ini.

4. Lengkapi formulir dengan mengisi password (password bisa bebas terserah masing-masing pendaftar, password ini akan dipakai untuk login di laman instansi yang kita pilih) dan ketik ulang Kode Security yang tampil, kemudian klik menu "KIRIM"

5. Akan muncul jendela peringatan, mohon dibaca ulang. Jika sudah yakin klik OK

6. Jika isian telah lengkap (baca: lengkap belum tentu valid/benar), akan tampil konfirmasi Registrasi Berhasil

Selamat anda telah berhasil mendaftar CPNS 2014 Online, silahkan cek email anda. Jika proses pendaftaran/registrasi benar, anda akan memperoleh email balasan seperti gambar dibawah ini.
Ingat jangan terburu-buru untuk melakukan pendaftaran/registrasi jika belum yakin apalagi belum tahu Instansi dan Formasi yang akan dilamar, pastikan baca dulu semua isi postingan ini (Seleksi CPNS 2014).
INGAT : Jadwal pendaftaran masing-masing Instansi berbeda-beda. selalu update perkembangan informasinya lewat link-link dibawah ini
1. Jadwal Pendaftaran masing-masing Instansi
-> https://panselnas.menpan.go.id/index.php/status-data  
2. Formasi Nasional
-> https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2
3. Formasi Provinsi dan Kab/Kota

-> https://panselnas.menpan.go.id/index.php/form-2/13-daerah/provinsi/kabkota

4 comments :

  1. mav pak, bagaimana cara mengetik ulang kode security bila tidak muncul gambarnya?? timksh n mhon bntuanny.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tekan tombol F5 atau klik kanan Reload / Muat Ulang

      Delete
  2. maaf pak mohon bantuannya...saya sudah bisa login ke portal instansi kemdikbud, saya mau daftar dg kualifikasi akademik S-1 PGSD tetapi pada dropdown tidak muncul S-1 PGSD.
    gimana caranya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf, saat anda melakukan pendaftaran di panselnas anda memilih instansi mana? dan sebenarnya anda ingin melamar di kab./kota mana?
      klo misal anda ingin melamar di kab. pekalongan namun saat pendaftaran memilih instansi pusat, maka akan bermasalah.

      Delete