Tempat berbagi ilmu dan pengalaman serta suka dan duka sesama operator pendataan pendidikan.
Walaupun sedikit, semoga bisa ikut berperan aktif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Cek Hasil Verifikasi Berkas Inpassing Yang Telah Anda Kirim DISINI. Yang belum mengirimkan berkas, segera baca infonya DISINI
Silahkan Lihat Pembayaran Tunjangan Profesi Tahun 2015 untuk Bapak/Ibu Guru DISINI

Wednesday, August 6, 2014

Rilis Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.0

Terhitung tanggal 6 Agustus 2014 Aplikasi Dapodikdas Versi 3.00 telah di rilis. Dimohon kepada Operator Sekolah jenjang SD/SDLB dan SMP/SMPLB untuk segera melakukan hal-hal sebagai berikut ;
1. Mendownload Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.0 melalui website resmi dapodikdas di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. jika susah mendownload lewat link tersebut, silahkan coba lewat mirror ini
2. Melakukan update dan mengirimkan data perubahan Peserta Didik, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, serta Sarana Prasarana Tahun Pelajaran 2014/2015 semester 1.
3. Waktu pelaksanaan Updating dan pengiriman data semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 mulai tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan 20 September 2014.

Perlu kami informasikan bahwa data Dapodikdas 2014/2015, akan kami gunakan untuk;
Penyaluran Tunjangan Guru, Penyaluran Dana Bos, Penyaluran Dana BSM, Pendaftaran calon Peserta Ujian Nasional, Rehabilitasi Sekolah dan kegiatan lainnya.
Sumber : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id (dengan sedikit revisi penulisan disana-sini)

Catatan ;
1. Jangan lupa untuk mendownload, membaca dan memahami file Manual Aplikasi Dapodikdas 3.0.0 di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh.
2. Download dan baca juga FAQ (Frequently Asked Question) alias (Tanya  Jawab  Seputar  Aplikasi  Pendataan) DAPODIKDAS Tahun 2014.
3. Pastikan mendownload dan mencetak Formulir PD dan Formulir PTK.
4. Tidak perlu terburu-buru untuk instal dan update aplikasi, pastikan pahami dulu langkah demi langkahnya.
5. Kalau sudah terlalu kangen pingin instal, silahkan saja tapi jangan terburu-buru update data semester 2, di cek dulu data yang tampil di aplikasi baru tersebut (pastikan semua data dari prefill bisa diambil ke aplikasi semua/proses registrasi berhasil dengan sempurna).
6. Sambil menunggu Formulir PD dan Formulir PTK diisi oleh Siswa dan Guru, siapkan laptop/PCnya, usahakan laptop/PC dalam kondisi yang normal, akan lebih bagus jika bebas virus. Update anti virus, google chrome dan mozilla firefoxnya.


8 comments :

  1. Terima kasih mas pri
    Sangat membantu

    salam

    ReplyDelete
  2. Makasih Informasinya Pak Supri. Mau tanya Pak. Supri Apakah nanti ada Pelatihan Install & Update Data2 Dapodik Versi 3.00?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada pelatihan yang akan diselenggarakan oleh dinas, cuma tanggal blm bisa memastikan, perkiraan akan dimulai akhir bulan agustus s.d awal september (19 angkatan untuk jenjang SD dan 2 angkatan jenjang SMP)

      Delete
  3. PAk Pri, jika pendataan Peserta Didik memakai formulir model tahun kemarin boleh apa tidak?
    Sebab sudah terlanjur di copy sebelum formulir baru release. Menurut saya formulirnya tidak jauh beda dengan formulir terdahulu, hanya ada tambahan form registrasi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal bisa memenuhi semua field-field isian di aplikasi versi 3.0.0, menurut saya tidak masalah.

      Delete
  4. Pak Pri, prefill yg digenerate secara nasional kan dilakukan sebelum verval nisn sekolah kami selesai sehingga ada beberapa siswa yg belum ada nisnnya.
    Jika saya selesaikan verval nisn, kemudian saya lakukan generate prefill sendiri. Apakah nisn hasil verval akan otomatis terintegrasi ke dalam prefill baru?
    Mohon tanggapannya. Terimakasih atas petunjuk2nya ya pk Pri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika data nisn di web http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id sudah berubah sesuai web verval, maka saat di generet dan registrasi ulang data di aplikasi akan menyesuaikan.

      Delete